Penyebab Penyakit Liver yang Jarang Disadari

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 12 Agustus 2019 16:12
Penyebab Penyakit Liver yang Jarang Disadari
Yuk cari tahu penyebab penyakit liver yang sering menyerang seseorang berikut ini.

Dream – Salah satu penyakit paling ditakuti masyarakat, khususnya para pegawai, adalah penyakit liver. Saat organ dalam tubuh ini mengalami kerusakan, fungsi dalam tubuh akan terganggu dan berdampak pada bagian tubuh yang lain.

Penyakit liver merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyerang fungsi hati seseorang.  Jika tidak segera ditangani dengan tepat, penyakit liver ini akan semakin parah dan bisa mengakibatkan kematian.

Liver atau hati merupakan salah satu organ vital penting dan terbesar di dalam tubuh. Hati berfungsi untuk menyaring darah dari saluran pencernaan atau via vena portal. Jika berfungsi dengan baik, darah yang dialirkan kaya akan nutrisi, bebas dari racun serta bebas dari mikroorganisme.

Tidak hanya itu saja, liver atau hati juga berfungsi menghasilkan cairan empedu. Cairan ini dibutuhkan tubuh untuk menyerap dan mencerna lemak yang terdapat di dalam makanan.

Perannya yang vital dalam tubuh membuat orang sangat memperhatikan kesehatan hati.

 

Sahabat Dream bisa mencegah penyakit liver atau hati dengan pertama kali mengetahui penyebab kerusakannya. Selain untuk kesehatan diri sendiri, pengetahuan tentang cara menjaga hati juga akan membantu kamu menjaga orang-orang tersayang.

Nah, berikut penyebab penyakit liver atau hati yang dirangkum Dream dari berbagai sumber. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Liver: Infeksi Virus

 Inilah Penyebab Penyakit Liver yang Jarang Disadari

Penyebab penyakit liver yang pertama adalah infeksi virus yang menyerang hati atau liver seseorang. Virus itu mampu masuk dan menyebar melalui aliran darah, air mani dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu saja, virus juga bisa menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Salah satu virus yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit liver adalah virus hepatitis.

Hingga saat ini telah terdapat beberapa jenis hepatitis yang bisa menyerang tubuh manusia. Jenis yang sering didengar oleh maysarakat luas adalah hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C serta hepatitis E.

Dari semua virus hepatitis ini, hepatitis A, B serta E yang memiliki dampak yang besar akan terkena penyakit liver. Selain itu, terdapat beberapa virus lainnya seperti virus herpes simplex, virus cytomegalovirus serta virus Epstein-Barr.

2 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Liver: Banyak Mengonsumsi Asetaminofen

 Inilah Penyebab Penyakit Liver yang Jarang Disadari

Asetaminofen banyak ditemukan di dalam parasematol. Tentu saja, sebagian besar orang akan memilih menggunakan parasetamol untuk meredakan beberapa gejala penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Namun, kalian tetap harus waspada saat mengonsumsi parasetamol ini. Pasalnya, mengonsumsi parasetamol secara berlebihan akan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit liver.

Tidak ada salahnya, jika kalian mengonsumsi parasetamil untuk meringankan gejala suatu penyakit. Tapi ingat, konsumsilah sesuai dengan petunjuk dan ketentuan dari dokter.

Banyak kasus terkait penderita penyakit liver ini yang disebabkan banyaknya mengonsumsi Asetaminofen. Bahkan, tidak sedikit juga para pengguna parasetamol yang sangat berlebihan mampu untuk merusak hati sehingga harus dilakukannya tranpsplantasi hati.

3 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Liver: Rutin Mengonsumsi Obat

 Inilah Penyebab Penyakit Liver yang Jarang Disadari

Penyebab penyakit liver berikutnya adalah rutin mengonsumsi obat-obatan. Obat memang dibuat untuk membantu mengatasi masalah yang terjadi di tubuh kalian. Namun saat seseorang mengonsumsi obat secara rutin setiap hari, tidak jarang akan menimbulkan penyakit baru termasuk penyakit liver.

Beberapa obat yang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak mampu merusak fungsi hati. Kerusakannya bahkan menyebabkan penyakit liver akut atau parah.

Salah satu dari beberapa obat tersebut merupakan antibiotik. Mengonsumsi antibiotik secara berlebihan bisa memicu timbulnya penyakit liver. Tidak hanya itu, obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit liver.

Semua itu bisa terjadi jika obat-obatan tersebut tidak dikonsumsi sesuai dengan aturan dokter sataupun anjuran pemakaian.

4 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Liver: Infeksi Sindrom

 Inilah Penyebab Penyakit Liver yang Jarang Disadari

Tidak hanya virus ataupun konsumsi obat berlebihan, penyebab penyakit liver juga bisa berasal dari infeksi sindrom. Salah satu penyakit yang meyerang organ hati adalah penyakit autoimun.

Penyakit ini menyebabkan peradangan yang serius di bagian hati dan bukan tak mungkin menimbulkan penyakit liver.

Selain penyakit autoimun, terdapat beberapa sindrom yang menyebabkan timbulnya penyakit liver. Sindrom tersebut antara lain sindrom Budd-Chiari serta penyakit Wilson.

Sindrom Budd-Chiari merupakan penyakit vascular yang mengganggu aliran darah melalui hati. Tidak hanya itu saja, sindrom ini juga mampu menyumbat pembuluh darah hingga parah.

Sedangkan, penyakit Wilson merupakan penyakit metabolik yang jarang terjadi pada sebagian besar orang. Namun jika penyakit ini tidak diobati akan menyebabkan penyakit liver yang kronis.

5 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Liver: Riwayat Keluarga

 Inilah Penyebab Penyakit Liver yang Jarang Disadari

Dalam kasus penyakit liver, tidak perlu kaget jika kalian banyak menemukan para pasien penderita penyakit liver yang berasal dari keturunan keluarga.

Sama seperti beberapa penyakit lainnya, penyebab penyakit liver juga bisa berasal dari faktor dalam keluarga. Satu gen abnormal dapat diwariskan dari orang tua kepada anak mereka. Hal ini akan dapat menyebabkan sang anak terkena penyakit liver yang sama.

Beberapa penyakit hati yang berkaitan dengan genetika serta memiliki potensi menjadi penyebab seseorang terkena penyakit liver meliputi penyakit Wilson, hemochromatosis, hyperoxauria serta oxalosis. Tidak hanya itu saja, genetic juga bisa menimbulkan beberapa penyakit lebih serius lainnya seperti kanker saluran empedu serta kanker hati.

 (Sumber: honestdocs)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary