Rahasia Tidur Dion Wiyoko

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 4 November 2019 06:10
Rahasia Tidur Dion Wiyoko
Yuk ikuti cara ampuhnya!

Dream - Pembakaran kalori bukan saja terjadi saat berolahraga, melainkan ketika kita sedang tidur. Sehingga, kebutuhan hidrasi kita juga harus tercukupi saat terlelap.

Kita tahu bahwa saat tidur, proses bernapas masih berlangsung, ditambah lagi jika kamu termasuk orang yang mendengkur.

Proses dehidrasi saat tidur juga bisa dipengaruhi ketika badan berkeringat dan suhu kamar yang tinggi.

 shutterstock© shutterstock.com

Ilustrasi/Shutterstock

1 dari 5 halaman

Butuh Minum

Dion Wiyoko, aktor film Lampor, juga merasakan hal yang sama.

" Mungkin kita enggak sadar saat kita tidur enggak melakukan hal apa-apa, padahal saat kita tidur pun juga tubuh kita membakar kalori jadi tetap butuh air minum dan tetap memenuhi hidrasi," ujar Dion Wiyoko di Jakarta, Jumat 1 November 2019.

 dion wiyoko© dream.co.id

Dion Wiyoko (Dream/ Shania Suha Marwan)

Mengatasi masalah itu, Dion memenuhi hidrasinya dengan rutin minum segelas air mineral sebelum dan setelah tidur.

Laporan: Shania Suha Marwan

2 dari 5 halaman

4 Langkah Penuhi Asupan Cairan Saat Cuaca Panas

Dream – Minum air putih yang cukup sangat penting untuk tubuh. Terlebih, di cuaca panas atau bagi Sahabat Dream yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk mencegah dehidrasi, minum air putih juga berfungsi untuk menjaga kerja organ lebih optimal.

Menurut dokter sekaligus Hydration Science Director Danone-AQUA, Tria Rosemiarti, tubuh orang dewasa mengeluarkan sebanyak 2,6 liter cairan perharinya. Selain itu, 50 hingga 60% tubuh kita terdiri dari air dan 75% dari otak manusia terdiri dari air.

“ Ketika kita kurang minum, otak akan pusing karena sekitar 75% otak terdiri dari air. Kalau kekurangan cairan, otak akan tegang dan itu yang membuat sakit kepala,” ujar Tria beberapa waktu lalu.

3 dari 5 halaman

Hidrasi sehat

Dengan minum air mineral maka kita dapat memenuhi hidrasi sehat. Hidrasi sehat adalah kebutuhan air secara volume yang dibutuhkan oleh seseorang tergabung dari jenis kelamin, aktivitas, suhu dan lingkungan yang memenuhi kriteria kimia, biologi, dan fisik. Oleh karena itu, tingkat hidrasi sehat setiap individu berbeda-beda.

Takaran minum air mineral agar mencukupi hidrasi sehat di dalam tubuh adalah enam gelas perhari untuk anak-anak. Tujuh gelas perhari untuk perempuan dewasa, dan delapan gelas untuk laki-laki dewasa.

  Cara melancarkan haid yang terlambat dengan minum air mineral© Shutterstock

Manfaat air yang luar biasa dapat kita rasakan dalam jangka pendek maupun panjang. Jangka pendek seperti meningkatkan fokus dan jangka panjang untuk mencegah berbagai penyakit datang ke tubuh kita.

“  Air minum itu manfaatnya luar biasa. Tidak hanya untuk mengurangi haus karena selama ini paradigmanya adalah minum hanya mengurangi rasa haus. Padahal, juga dapat mengurangi risiko penyakit dan kebaikan generasi kita seperti meningkatkan endurance dan fungsi kognitif anak,” ungkap Tria.

Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang masih abai untuk meminum air mineral sesuai takaran yang dianjurkan. Oleh karena itu, berikut adalah empat tips yang diberikan Tria agar kita rajin meminum air mineral.

4 dari 5 halaman

Komitmen

Menurut Tria, tanpa komitmen dan tekad, minum air mineral sesuai takaran tidak akan berjalan dengan lancar. Sebaiknya, mulai dengan komitmen tinggi dan ubah pemikiran bahwa minum hanya untuk menghilangkan rasa haus. Pikirkan dampak baik dari minum air mineral yang cukup, itu akan memberikan keuntungan bagi diri sendiri nantinya.

  Alasan Jangan Taruh Botol Air Mineral Dekat Jendela Mobil© MEN

“ Kalau perempuan, jika kekurangan air yang mild saja, mild hydration, dapat mengacu pada infeksi saluran kemih,” ujar Tria.

Tria mengatakan, untuk perempuan, dengan menambahkan 1,2 liter air mineral dari takaran yang dianjurkan perharinya, dapat mengurangi risiko kekambuhan infeksi saluran kemih hingga 50%.

Selain itu, untuk anak-anak, studi mengatakan bahwa tambahan air mineral 200 - 400 cc atau sekitar 2 gelas akan meningkatkan fungsi kognitifnya dalam visual dan memori.

“ Jadi sebelum sekolah, sebaiknya anak-anak minum terlebih dahulu,” kata Tria.

5 dari 5 halaman

Ubah Gaya Hidup

Biasakan untuk minum dua gelas air putih setelah bangun tidur. Tria mengatakan, dengan meminum dua gelas air putih maka akan mencukupi sekitar 50% kebutuhan hidrasi sehari.

  Air Mineral© MEN

“ Cara hidupnya juga mempengaruhi, mungkin saat bangun tidur minum dulu sebanyak dua gelas sebelum memulai hidup sehat. Karena menurut studi kami, setelah minum air dua gelas setelah bangun tidur itu seolah-seolah sudah mencukupi sekitar 50% dari kebutuhan hidrasi sehari,” kata Tria

Ia menyarankan untuk selalu membawa air putih kemana saja. Sehingga, kita bisa meminum air kapan pun. Air putih juga harus diminum ketika kita tidak haus bahkan satu jam sebelum haus.

Minum Infused Water

Mungkin, banyak yang merasa bosan ketika harus terus menerus minum air mineral yang tidak ada rasanya. Tenang saja, cara terbaik untuk menghilangkan kejenuhan terhadap air mineral adalah dengan menambahkan potongan buah-buahan.

  Salah Pilih Buah, 'Infused Water' Malah Jadi Racun© MEN

Minuman ini disebut dengan infused water dan sedang digandrungi oleh banyak orang. Disajikan dingin juga menjadi pilihan terbaik. Dijamin, rasa segarnya membuat kita nagih untuk minum air mineral terus-menerus.

Beri Komentar