Jalan Cepat Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ada Syaratnya

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 13 Oktober 2021 18:12
Jalan Cepat Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ada Syaratnya
Coba lakukan hal-hal berikut biar berat badan turun signifikan.

Dream – Saat ini ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Mulai dari program diet, olahraga rutin hingga pakar kesehatan yang menganjurkan jalan cepat sebagai latihan kardio pembakar kalori, bisa dilakukan.

Jalan kaki menjadi olahraga yang digemari para pemula sebab sangat mudah dan tidak membutuhkan alat tambahan. Tetapi, untuk membantu mencapai penurunan berat badan, seberapa jauh seseorang harus berjalan?

Dikutip dari Very Well Fit, jalan cepat selama 30 hingga 90 menit setiap hari dalam seminggu dapat menurunkan berat badan. Jika merasa sulit, Sahabat Dream bisa berjalan lebih banyak pada beberapa hari dan lebih sedikit pada hari lain. Tetapi, total waktu dalam seminggu harus 150 menit atau 2,5 jam.

Selain itu, kamu harus berjalan cukup cepat agar berada di zona latihan intensitas sedang pada 60-70 persen dari detak jantung maksimum. Bernapas harus lebih keras dari biasanya dan dapat berbicara dalam kalimat lengkap, tetapi tidak bernyanyi.

Untuk memastikan berolahraga pada intensitas sedang, gunakan pembaca detak jantung dari fitness band, aplikasi, atau monitor detak jantung.

1 dari 6 halaman

Mengetahui kalori yang terbakar

Jika kamu baru mengenal jalan kaki, mulai dengan berjalan singkat dan tingkatkan waktu berjalan dengan mantap. Coba untuk tidak melewatkan lebih dari satu hari berturut-turut. Konsistensi penting untuk membakar kalori atau meningkatkan metabolisme tubuh serta membangun kebiasaan baru.

Pada hari-hari dimana tidak sempat berjalan, coba latihan kekuatan. Jika lelah, ambil cuti sehari. Tetapi pastikan untuk kembali berjalan keesokan harinya.

Olahraga© Shutterstock

Jika telah mencapai tujuan berat badan dan berusaha mempertahankan berat tersebut, CDC merekomendasikan menghabiskan selama 60 hingga 90 menit setiap hari untuk beraktivitas fisik intensitas sedang dan tidak makan lebih banyak kalori.

Berjalan dengan langkah cepat selama 30 menit sama dengan menempuh:

- 1,5 hingga 2,0 mil

- 2,5 hingga 3,3 kilometer

- 3000 hingga 4500 langkah

2 dari 6 halaman

Bagaimana jika tidak dapat berjalan selama 30 menit sekaligus?

Hidup bisa sibuk. Jika jadwalmu tidak memungkinkan berjalan terus menerus selama 30 menit, bagilah menjadi dua atau tiga kali sehari untuk periode yang lebih singkat. Setidaknya 10 menit dengan langkah cepat.

Selalu lakukan pemanasan selama lima menit dengan kecepatan yang mudah, tidak peduli berapa lama akan berjalan. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari jalan singkat, gunakan interval intensitas tinggi seperti naik turun tangga.

Olahraga© Shutterstock

Penelitian yang terbit pada 2017 menunjukkan, interval intensitas tinggi sama baiknya dengan latihan intensitas sedang yang berkelanjutan. Ini menjadi cara baik untuk menyesuaikan olahraga dengan kesibukan Sahabat Dream.

3 dari 6 halaman

Kalori dan lemak terbakar dalam 30 menit

Jalan cepat akan membakar 100 hingga 300 kalori dalam 30 menit, tergantung berat badan. Jika pada suatu hari berjalan kaki selama 30 menit atau lebih, maka kalori yang terbakar akan berasal dari lemak yang tersimpan.

Selama 30 menit pertama, tubuh akan membakar gula yang disimpan sebagai bahan bakar. Kemudian, tubuh melepaskan lemak dari sel-sel lemak dan membakarnya untuk bahan bakar. Lemak yang tersimpan inilah yang ingin dihilangkan sehingga menjadi alasan baik untuk membangun daya tahan berjalan selama lebih dari 30 menit per hari.

Jika rutin berjalan selama seminggu dalam waktu 30 menit, maka kalori akan terbakar sekitar seribu hingga tiga ribu kalori ekstra. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh setiap hari.

Dengan berjalan kaki, Sahabat Dream telah mengambil langkah awal menuju berat badan sehat dan gaya hidup aktif. Mungkin akan menakutkan jika memikirkan berapa banyak aktivitas fisik yang harus dilakukan untuk membakar kalori. Tetapi, ini juga yang direkomendasikan untuk mengurangi risiko kesehatan seperti diabetes, jantung, dan yang lain.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

4 dari 6 halaman

Hindari 5 Hal Ini Agar Tidak Kesulitan Menurunkan Berat Badan

Dream - Diet atau pola makan yang tepat merupakan kunci tubuh sehat serta berat badan ideal. Kamu tidak bisa semerta-merta mengurangi jumlah kalori dan mengonsumsinya dengan cara yang kurang tepat.

Apalagi, jika makanan yang dikonsumsi pun kurang sehat. Jadi, kamu harus mempertimbangkan banyak hal jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan berat badan ideal.

© Dream

Mulailah dari hal kecil seperti menentukan waktu makan, porsi makanan, dan lain-lain. Dilansir Eat This, berikut hal yang perlu dihindari ketika ingin menurunkan berat badan dan menjalani pola hidup lebih sehat.

5 dari 6 halaman

1. Tidak makan pagi atau siang

Mengonsumsi Sarapan© Shutterstock

Makan pagi dan siang sangat penting untuk penurunan berat badan. Pasalnya, mengonsumsi makanan di kedua waktu tersebut bisa mencegah makan berlebihan.

Bahkan, melewatkan makan pagi dan siang bisa berpengaruh buruk pada produktivitas serta suasana hati. Jadi, pastikan kamu selalu makan pagi dan siang dengan makanan sehat agar seluruh tubuh lebih berenergi.

2. Mengurangi jumlah makanan secara berlebihan

Kamu harus mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan. Tapi, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi makanan sesedikit mungkin.

Selalu pastikan kamu mengonsumsi makanan berjumlah cukup dan sesuai dengan kegiatanmu. Sehingga, kamu tidak akan merasa lapar dan tertarik untuk mengonsumsi lebih banyak makanan.

6 dari 6 halaman

3. Makan di meja kerja

Mungkin, masih banyak orang yang menganggap menaruh makanan di meja kerja akan membantu membuat pekerjaanmu lebih efisien dan hemat waktu. Namun, sebenarnya kebiasaan ini bisa membuatmu lebih mudah lapar.

Kamu tidak akan memperhatikan aroma, rasa, maupun tekstur makananmu. Sehingga, secara tidak sadar kamu akan lebih mudah menginginkan makanan lainnya dalam waktu singkat.

4. Menjalani diet instan

Diet instan mungkin dapat benar-benar menurunkan berat badanmu dalam waktu singkat. Tapi, diet instan tidak menjamin kamu bisa mempertahankan berat badan yang sudah dicapai.

Sehingga, berat badan akan lebih mudah kembali seperti semula. Apalagi, jika kamu tidak menjaga pola makan serta berolahraga secara rutin.

5. Makan terlalu cepat

Makan Terlalu Cepat© Shutterstock

Kebiasaan makan terlalu cepat bisa membuatmu mengonsumsi makanan lebih banyak. Akhirnya, kamu bisa mengalami kenaikan berat badan atau sakit perut.

Nikmatilah makananmu dan kunyahlah perlahan. Ini tidak hanya dapat menurunkan jumlah makanan yang dikonsumsi, tapi juga bisa membuat pencernaan lebih sehat.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More