Jangan Debat Lagi, Peneliti Buktikan Kopi Bagus bagi Kesehatan

Reporter : Sugiono
Kamis, 8 Februari 2018 17:41
Jangan Debat Lagi, Peneliti Buktikan Kopi Bagus bagi Kesehatan
Masih banyak yang menganggap bahwa minum kopi berbahaya bagi kesehatan.

Dream - Kopi termasuk minuman yang digemari oleh pria dan wanita. Minuman ini sangat umum di masyarakat Indonesia. Sekarang banyak bertebaran gerai-gerai kopi di berbagai sudut kota, bahkan hingga di mal. 

Namun masih banyak yang menganggap bahwa minum kopi berbahaya bagi kesehatan. Di California, Amerika Serikat, bahkan ada yang usul agar kopi yang dijual diberi label sebagai karsinogen atau penyebab kanker.

Padahal bukti ilmiah bahwa minum kopi bisa membahayakan kesehatan sangat lemah. Menurut penelitian, seseorang harus minum 2.000 cangkir kopi sehari baru bisa menyebabkan kanker. Itu pun terjadi pada tikus percobaan.

Sementara itu, bukti kuat bahwa kopi sangat baik bagi kesehatan datang dari artikel yang baru-baru ini diterbitkan di Annual Review of Nutrition.

Melalui sebuah meta-analisis terhadap 127 studi tentang pengaruh kopi terhadap kesehatan manusia, diketahui bahwa kopi sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Meta-analisis, yang dilakukan di Universitas Catania di Italia dan tanpa menggunakan dana dari perusahaan minuman, itu memeringkat percobaan acak dan studi observasional sesuai dengan metodologi dan reliabilitasnya.

Selanjutnya mereka menyusun hasilnya menjadi sebuah temuan yang tak terduga.

1 dari 2 halaman

Ternyata Minum Kopi Itu...

Menurut The Washington Post, meta-analisis tersebut menemukan kemungkinan bukti bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker umum - termasuk payudara, kolorektal, kolon, endometrium dan prostat - dengan pengurangan risiko 2 sampai 20 persen, tergantung pada jenis kankernya.

Selain itu, minum kopi juga dikaitkan dengan penurunan risiko 5 persen untuk penyakit kardiovaskular, dan sekitar 30 persen untuk diabetes Tipe 2 serta penyakit Parkinson. Dan yang paling mengejutkan adalah, minum kopi ternyata mengakibatkan tingkat kematian yang lebih rendah.

Itu semua karena kopi mengandung antioksidan alami, yaitu molekul yang mengurangi radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan penuaan. Kopi juga memperbaiki DNA, sehingga membuat sel-sel cenderung tidak menjadi kanker.

Kopi juga merupakan obat anti-radang alami yang menenangkan tubuh sehingga Anda tidak bereaksi berlebihan terhadap stres. Terakhir, kopi meningkatkan efisiensi enzim yang mengatur metabolisme insulin dan glukosa, sehingga tubuh mampu melawan penyakit Parkinson dan diabetes Tipe 2.

Jadi kopi sangat jauh dari apa yang orang-orang California sebut sebagai karsinogen. Kopi justru seperti punya khasiat seperti obat ajaib. Plus, rasanya juga enak.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal tersebut, Anda perlu minum setidaknya empat sampai lima gelas kopi ukuran 236 mililiter sehari.

2 dari 2 halaman

Bagaimana dengan Wanita Hamil?

Namun ada pengecualian bagi kelompok orang yang boleh meminum kopi, yaitu wanita hamil.

Ini bukan karena kopi merusak kesehatannya. Ingat! Kopi selalu memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar bagi yang meminumnya.

Tetapi wanita hamil dilarang minum kopi karena kopi sedikit meningkatkan risiko terjadinya keguguran.

Jadi, mulai sekarang tidak usah berdebat lagi soal manfaat kopi. Karena peneliti sudah buktikan bahwa kopi bagus bagi kesehatan.

(Sumber: Inc.com)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara