Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jangan Langsung Dibuang, Ini 7 Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jangan Langsung Dibuang, Ini 7 Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan Manfaat Kulit Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Dream – Bawang merah menjadi salah satu bumbu yang harus tersedia di dapur setiap keluarga. Hhampir setiap masakan pasti menggunakan bawang yang saat mengupasnya bisa membuat mata menangis ini. Cara mengolahnya bisa dengan cara diiris atau ditumbuk menjadi halus.

Saat sahabat Dream hendak memasak menggunakan bawang merah, biasanya kulitnya langsung dibuang kan? Padahal di balik kulit bawang merah terkandung nutrisi yang cukup tinggi lho, sahabat Dream. Kulit bawang putih ternyata memiliki khasiat yang cukup baik untuk mendukung kesehatan.

Di dalam kulit bawang merah terkandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Selain itu juga terdapat Flavonoid, khususnya Quercetin yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan.

Nah, bagi yang penasaran apa saja manfaat kulit bawang merah untuk kesehatan, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

Manfaat Kulit Bawang Merah

Manfaat Kulit Bawang Merah

Mengatasi Kram Otot

Manfaat kulit bawang merah yang pertama adalah untuk mengatasi kram otot. Untuk mendapatkan manfaat tersebut sangatlah mudah. Pastinya sahabat Dream harus menyediakan kulit bawang merah secukupnya saja. Lalu masukkan satu sendok makan kulit bawang merah ke cangkir yang berisi air panas dan diamkan agar meresap. Kemudian minumlah air tersebut sebelum makan malam untuk mengatasi kram yang sahabat Dream alami.

Menurunkan Gula Darah

Keberadaan gula darah yang berlebihan di dalam tubuh tentu saja sangat tidak baik bagi kesehatan. Ada berbagai cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk menurunkan gula darah, salah satunya adalah dengan menggunakan kulit bawang merah. Perlu diketahui juga bahwa pigmen pada tanaman tersebut juga ampun untuk mencegah dari penyumbatan darah dan mengurangi dari peradangan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan kulit bawang merah yang sudah dicuci bersih ke dalam air yang sedang dimasak. Airnya lah yang bisa kamu gunakan untuk menurunkan gula darah dan kamu juga bisa menghirup aromanya yang harum.

Manfaat Kulit Bawang Merah

Manfaat Kulit Bawang Merah

Meredakan Gangguan Kulit

Bagi beberapa orang ada yang memiliki masalah pada kulitnya. Tapi jangan khawatir. Karena kamu bisa mengandalkan kulit bawang merah untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah kulit yang diatasi dengan kulit bawang merah misalnya saja pustula, papula, nanah, dan gangguan kulit.

Caranya mudah sekali, yakni dengan mengoleskan air bawang ke kulit yang mengalami gangguan dan membiarkannya selama lima menit. Lalu bilaslah dengan air dingin sampai bersih.

Mempertahankan Sistem Kardiovaskular

Manfaat kulit bawang merah berikutnya adalah mempertahankan sistem kardiovaskular. Di mana hal ini nantinya bisa mengurangi dari risiko terkena penyakit otak. Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan quercetin yang adalah antioksidan yang berfungsi untuk melawan alergi.

Selain itu, kulit bawang juga ampuh untuk menurunkan kolesterol, tekana darah, memperkuat otot, melawan peradangan, serta membunuh sel kanker. Jadi, jangan lupa untuk dicoba dan rasakan khasiatnya ya, sahabat Dream.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kulit bawang berikutnya yang tak kalah istimewa adalah bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kulit bawang memiliki kandungan antioksidan. Di mana antioksidan pada kulit bawang merah itu adalah berupa quercetin. Senyawa inilah yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta bisa mencegah dari penyumbatan arteri. Jadi, kalau mengupas bawang merah, kulitnya jangan langsung dibuang ya. Karena di sinilah manfaat besar bagi kesehatan bisa kamu rasakan.

Manfaat Kulit Bawang Merah

Manfaat Kulit Bawang Merah

Menyehatkan Kulit

Kulit adalah bagian terluar tubuh. Di mana kulit mudah sekali terpapar sinar matahari, debu, dan polusi. Hal itulah yang bisa membuat kulit menjadi tidak sehat. Di mana kotoran akan menymbat pori-pori kulit. Oleh karena itu, kesehatan kulit haruslah selalu dijaga.

Selain menggunakan alat pelindungan kulit, sahabat Dream juga bisa memanfaatkan kulit bawang merah. Caranya mudah sekali, yakni dengan mencampurkan kulit bawang dengan satu sendok makan tepung besan, serta satu sendok makan yogurt.

Kemudian aduklah sampai menjadi pasta yang mengental. Lalu oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Cara ini bisa membuat kulitmu menjadi glowing lho, sahabat Dream.

Merawat Kesehatan Rambut

Orang-orang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota. Oleh karena itu, setiap orang akan selalu menjaga kesehatan rambutnya dengan sebaik mungkin untuk mendukung penampilannya. Apalagi bagi sahabat Dream yang sering bepergian, maka rambut akan mudah terkena kotoran. Nah, salah satu cara merawat kesehatan rambut adalah dengan menggunakan kulit bawang merah.

Caranya mudah sekali, yakni dengan mencampurkan kulit bawang merah serta satu cangkir air hangat. Kemudian usapkan ke rambut dan diamkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Kamu juga bisa membuat kulit bawang merah menjadi masker rambut. Caranya adalah mencampurkannya dengan madu. Lalu oleskan masker ke akar rambut sambil dipijat lembut. Diamkan selama 60 menit lalu cuci sampai bersih.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

Berpuasa tidak hanya bermanfaat bagi kulit, tapi juga menyebabkan beberapa masalah seperti jerawat. Cari tahu masalah kulit lain dan cara mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Ternyata Bagus untuk Antioksidan

Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Ternyata Bagus untuk Antioksidan

Selain bentuknya yang unik, belimbing juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak berbagai manfaat dari buah belimbing!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Inilah beberapa manfaat minum air rebusan ketumbar bagi kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Cokelat putih sering dijadikan bahan dalam berbagai hidangan pencuci mulut, mulai dari kue hingga es krim.

Baca Selengkapnya
Potong Rambut Bikin Rambut Cepat Panjang, Benarkah?

Potong Rambut Bikin Rambut Cepat Panjang, Benarkah?

Memotong rambut dianggap bisa membuat rambut lebih cepat panjang, namun hal tersebut belum terbukti secara ilmiah. Dokter kulit pun memberikan penjelasannya.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

Kalian pernah gak sih melihat video viral dan jadi terngiang-ngiang terus? Setiap mau makan selalu muncul, bikin bete gak sih sahabat dream?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Sudah Berharap Ngajak Ngopi Bareng

NOTED KAK! Ketika Sudah Berharap Ngajak Ngopi Bareng

Sahabat Dream pernah gak sih ngajak teman buat ngopi bareng tapi malah mereka sudah ngopi duluan.

Baca Selengkapnya