Jangan Disepelekan, Ini Fungsi Umami untuk Lansia

Reporter : Rizki Astuti
Rabu, 11 Juli 2018 17:15
Umami terbukti meningkatkan total produksi air liur lebih dari rasa dasar lainnya, bahkan...

Dream - Permasalahan kekurangan gizi pada lansia masih sering disepelekan. Akibatnya, terjadi penurunan jumlah reseptor rasa di mulut dan tenggorokan, yang membuat penurunan kemampuan merasakan makanan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 37% dari subjek lansia memiliki gangguan indra perasa, dan di antara subjek yang dikategorikan sebagai " tidak sehat" , hampir setengahnya mengalami gangguan indra perasa.

Hal ini diakibatkan kekuatan otot di rahang dan lidah hilang total. Sehingga proses makan yang bagi sebagian besar kita terasa mudah menjadi semakin sulit bagi mereka.

Jepang mungkin merupakan negara yang menghadapi “ ledakan penduduk lanjut usia (lansia)”, namun sesungguhnya segmen populasi ini meningkat di seluruh dunia. Mulai dari Prancis hingga negara Asia Tenggara lainnya.

 umami ajinomoto

Foto: Istimewa

Lalu bagaimana mecegahnya? Kabar baiknya umami mungkin menjadi bagian dari jawabannya.

Rasa dasar ke-5 dari salah satu sumber MSG (monosodium glutamat), tidak dapat membantu setiap masalah fisik yang dapat mengakibatkan penurunan nutrisi pada lansia, namun menurut penelitian yang telah dilakukan baru-baru ini, umami mungkin memiliki dampak positif bagi sebagian lansia.

Awalnya, tujuan utama menggunakan bumbu umami untuk meningkatkan palatabilitas (daya terima) makanan. Ternyata lebih dari itu, umami terbukti meningkatkan total produksi air liur lebih dari rasa dasar lainnya, bahkan asam.

Produksi air liur penting lebih dari sekadar untuk menelan. Air liur juga memiliki peran penting dalam kesehatan mulut dengan membunuh bakteri sehingga mencegah bau mulut.

 

 umami ajinomoto

Foto: Istimewa


Subjek yang memiliki sekresi air liur tidak memadai dan diberikan kombu dashi, yakni kaldu Jepang tradisional yang kaya akan umami dengan cita rasa rumput laut, setelah periode 10 bulan benar-benar kembali memiliki tingkat produksi air liur normal. Hal ini menimbulkan peningkatan nafsu makan dan kenaikan berat badan.

Cara umami mencegahnya adalah MSG sebagai sumber rasa umami merupakan bentuk paling murni dari umami, meningkatkan palatabilitas makanan, yang mendorong penyerapan gizi lebih besar.

Umami membantu pencernaan protein, misalnya dengan mengatur produksi air liur dan asam lambung. Bahkan Umami menstimulasi produksi air liur kental, yang membantu menelan dan mengurangi gejala " mulut kering"

Karena semakin banyak bukti bahwa umami dapat membantu para lansia, salah satu produsen global bumbu penyedap, Ajinomoto sepenuhnya mengeksplorasi cara membantu penduduk lansia agar tetap sehat. Salah satunya menggelar kampaye hidup sehat di Jepang.

Beri Komentar
Addry Danuatmaja Ingin Kencan Dengan Sophia Latjuba #KapanLagiKepo