Jangan Takut Donor Darah, Mari Bantu Penderita Thalassemia

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 14 Juli 2020 19:48
Jangan Takut Donor Darah, Mari Bantu Penderita Thalassemia
Palang Merah Indonesia menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dream - Sahabat Dream pernah mendengar penyakit thalassemia? Penyakit ini merupakan kelainan darah yang diturunkan secara genetik dari orang tua. Thalassemia membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah yang cukup parah.

Kondisi kurang darah akan memicu kelelahan hebat, mengantuk, hingga sesak napas. Thalasemia perlu diwaspadai, terutama yang berat atau disebut thalasemia mayor, karena bisa menyebabkan gagal jantung, gangguan hati, hingga kematian.

Penderita thalassemia mayor membutuhkan transfusi darah tiap 3 minggu hingga 1 bulan sekali. Nah, dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini rupanya stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) sangat kurang.

 

1 dari 3 halaman

Transfusi Tiap Bulan

Hal ini diungkapkan oleh Aditya Putra Nasir, salah satu penderita Thallasemia yang tergabung dalam Thalassemia Movement. Ia dan banyak pasien thalassemia, kesulitan untuk mendapatkan stok darah.

" Harusnya aku transfusi tapi ternyata pasokan darah gak ada stok. Sama sekali gak ada stok darah, kita sudah 3-4 bulan kesusahan untuk dapat darah, mungkin karena orang takut ke PMI kali ya," katanya dalam wawancara bersama Dream.co.id di acara Ngobras, 13 Juli 2020 kemarin.

 

2 dari 3 halaman

Stok Darah Tipis

Bagi Sahabat Dream yang sehat dan dalam kondisi baik, usahakan untuk mendonorkan darah ke PMI. Protokol kesehatan di PMI sangat ketat. Stok darah yang nantinya didonorkan bukan hanya untuk penderita thalassemia, tpai juga penyakit lain yang membutuhkan darah.

Adit bercerita, jika memang stok darah sudah tak ada, dia bahkan bisa mencari sendiri orang-orang di depan PMI agar bisa mendonorkan darah untuknya.

" PMI protokol medisnya sangat-sangat ketat, gak ada yang perlu ditakutkan kalau mau donor. Misalkan kekurangan pendonor, nanti biasanya aku di depan PMI akan mencari orang-orang di depan PMI untuk donor," kata Adit.

Mendonorkan darah tak akan berdampak buruk bagi kesehatan. Justru sebaliknya, bisa menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar, termasuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Donor darah juga bisa menjaga level zat besi dalam darah tetap normal. Banyak manfaatnya, bukan? Yuk donor darah untuk bantu penderita thalassemia.

3 dari 3 halaman

Lihat Video Wawancaranya

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on

Beri Komentar