Jawaban dari 5 Hal yang Selalu Ditanyakan Soal Covid-19

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 19 Maret 2020 10:24
Jawaban dari 5 Hal yang Selalu Ditanyakan Soal Covid-19
Muncul sejumlah pertanyaan soal virus ini. Cari tahu jawabannya.

Dream - Berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, menghadapi satu 'musuh' bersama, yaitu corona virus (Covid-19). Tak dipungkiri kasus kematian yang terus meningkat karena virus ini menimbulkan kekhawatiran dan rasa penasaran.

Muncul sejumlah pertanyaan soal virus ini. Dikutip dari Times of India, ada beberapa lima FAQ (Frequently Asked Question) seputar virus corona yang penting diketahui Sahabat Dream.

Semua pertanyaan di bawah ini dijawab oleh dr. K. Aggarwal, Presiden, dari Yyasan Peduli Jantung India (HCFI) dan Konfederasi Asosiasi Medis Asia dan Oseania (CMAAO) di Universitas Ansal.

 

 

1 dari 5 halaman

1. Apa mitos terbesar yang beredar seputar Virus Corona?

Salah satu mitos terbesar adalah dengan memakan daging, ayam, ikan, dan hewani, kamu bisa tertular Virus Corona. COVID-19 bukanlah penyakit bawaan makanan.

Penyakit ini menular melalui droplet atau percikan air liur. Ada juga banyak klaim mengenai hal-hal yang dapat menyembuhkan kasus COVID-19. Sampai sekarang belum ada obat atau vaksin yang valid.

 

2 dari 5 halaman

2. Selain cuci tangan, apa yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari corona?

Sangat penting untuk menjaga kesehatan pernapasan. Setiap kali kamu batuk, jangan batuk di tangan atau sapu tangan, gunakan kertas tisu atau batuk di lengan baju kamu.

Flu dan Batuk? Tak Perlu ke Dokter© MEN

Siapa pun yang mengalami demam, batuk dan pilek harus menjaga jarak 1 meter atau 3 kaki dari orang lain. Selain itu, jangan menggosok mata dengan tangan karena bisa meningkatkan risiko penularan.

 

3 dari 5 halaman

3. Haruskah kita panik?

Sedikit rasa takut adalah hal yang wajar, karena itu akan membuat kamu mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Obati Flu Saat Pancaroba Dengan Cara Alami© MEN

Tapi panik yang berlebihan bisa menyebabkan kekebalan tubuh menjadi rendah, karena stres dapat mempengaruhi imunitas kamu. Lebih baik di rumah saja, makan sehat, istirahat cukup.

 

4 dari 5 halaman

4. Bisakah minum alkohol melindungi orang dari COVID-19?

Alkohol tidak dapat melindungi kamu dari infeksi apa pun. Dikatakan bahwa alkohol adalah alat sterilisasi dan dapat membunuh virus atau bakteri di dalam darah. Jika itu benar, para petugas kesehatan mungkin akan memberikan alkohol melalui selang yang akan dipasangkan ke hidung di setiap rumah sakit. Fakta yang benar adalah kita harus menggunakan pembersih tangan dengan alkohol 70%, bukan malah meminumnya.

 

5 dari 5 halaman

5. Apa saja tahapan untuk tes Virus Corona?

Setiap kali demam, dengan atau tanpa batuk, atau sesak napas, hubungi dokter atau hubungi nomor bantuan. Tenaga medis atau dinas kesehatan akan memberi tahu kamu apakah kamu perlu menjalani tes atau tidak.

Pemeriksaan spesimen pasien suspect corona© Twitter

Jik harus menjalani tes, mereka akan memberi tahu kamu ke mana dan bagaimana prosedur untuk tes. Khususnya, jika kamu telah melakukan perjalanan ke luar negeri atau melakukan kontak dengan siapa saja yang telah bepergian ke luar negeri seperti Iran, Italia, Dubai dan China negara yang memiliki kasus COVID-19 tinggi.

Laporan Raissa Anjanique

Beri Komentar