Jelang Haid, Wanita Lebih Sering Buang Angin

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 4 Juli 2019 10:13
Jelang Haid, Wanita Lebih Sering Buang Angin
Pencernaan jadi bermasalah, hormon adalah biang keladinya.

Dream - Rasa tidak nyaman pasti selalu muncul jelang datang bulan. Mulai dari payudara yang nyeri, perut yang keram, belum lagi otot-otot menjadi sangat kaku.

Satu lagi yang mungkin tidak Sahabat Dream sadari yaitu lebih sering buang angin. Temuan itu diketahui dari sebuah studi pada 2014 yang dilakukan tim dari University of Manitoba di Kanada.

Hasil penelitian menemukan, 73% wanita mengalami setidaknya satu keluhan pencernaan atau gastrointestinal sebelum atau selama periode haid mereka.

Hal ini ternyata ada penjelasannya. Saat memasuki masa ovulasi atau pematangan sel telur, kira-kira hari ke 13 atau 14 dari periode haid — kadar hormon progesteron mulai meningkat.

Hormon tersebut jika levelnya sangat tinggi akan membuat usus jadi bekerja tidak maksimal. Efeknya akan membuat konstipasi, bersendawa, mual, kembung dan banyak buang angin.

 

1 dari 5 halaman

Hindari Makanan Ini

" Saat haid terjadi, prostaglandin dilepaskan. Hal ini juga membuat pencernaan jadi semakin tidak nyaman," ujar dr. Ana Tuyama, spesialis pencernaan , seperti dikutip dari Health.

Hijabers! Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Menyakitkan© MEN

Dalam saluran pencernaan, prostaglandin dapat menyebabkan kontraksi otot polos yang menyebabkan peningkatan rasa sakit pencernaan dan kadang-kadang diare.

Untuk membuat pencernaan jadi lebih nyaman, Tuyama menyarankan untuk lebih selektif dalam memilih makanan.

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gas seperti kol atau selada. Perbanyak konsumsi buah, yogurt dan ikan laut.

Hindari juga minum-minuman bersoda dan kopi. Lebih baik minum teh lemon atau jus buah segar.

2 dari 5 halaman

Redakan Nyeri Haid dengan Pijat Tiga Titik Ini

Dream - Datang bulan kadang disertai rasa nyeri di bagian punggung, pinggang hingga sakit kepala. Tentunya ini sangat menyiksa. Tak heran kalau banyak wanita yang merasa sangat lemas saat haid.

Untuk nyeri haid yang sampai membuat tidak nyaman ternyata bisa diredakan dengan pijatan atau akupresur.

Trainer akupresur UPTD Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Wayan Sukeria, beberapa waktu lalu memberi tahu bahwa ada tiga titik tubuh yang bisa dipijat kala nyeri haid datang.

" Caranya memang sederhana, asalkan tubuh percaya dan fokus saat memijat hasilnya akan bagus sekali," kata Sukeria, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Sukeria mengajarkan tiga titik yang bila dipijat bisa mengurangi atau meringankan nyeri haid. Yuk, cari tahu Sahabat Dream.

3 dari 5 halaman

3 Titik Penting

- Atas mata kaki

Beri pijatan pada titik di atas mata kaki. Coba sentuh mata kaki, lalu tempelkan empat jari di atasnya. Pijat pada bagian di atas empat jari tersebut. Beri tekanan sekitar 30 hitungan. S

ebaiknya, saat menekan dibagi 10 hitungan terlebih dahulu jeda sebentar lalu lanjutkan 10 hitungan lagi lalu beri pijatan 10 hitungan lagi. Lakukan hal yang sama di atas mata kaki sebelahnya.

- Antara jempol dan telunjuk

Pijat bagian yang terletak di punggung tangan pada tonjolan tertinggi di antara ibu jari dan telunjuk. Pijat dengan tekanan ringan atau sedang sebanyak 30 hitungan.

- Bawah tempurung lutut

Cari tempurung lutut, kemudian letakkan empat jari tangan dari titik tersebut ke arah bawah. Pijatlah pada bagian setelah empat jari tersebut yang terleatk di tepi luar tulang kering.

Mengapa Selalu Muncul Sakit Kepala Saat Datang Bulan?© MEN

Sukeria mengingatkan bahwa cara memijat ini hanya sekadar meringankan masalah nyeri haid. Jika tidak ada perbaikan atau malah merasa lebih parah, tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter.

" Jika ini tidak menyelesaikn atau tidak berkurang silakan menghubungi dokter atau ke puskesmas," pesan Sukeria.

(Sah, Laporan Benekdita Desideria/ Sumber: Liputan6.com)

4 dari 5 halaman

Selalu Ingin Makanan Nikmat Saat Haid? Ini Penyebabnya

Dream - Banyak perempuan yang mengalami seperti 'ngidam' saat datang bulan. Ingin menyantap makanan tertentu dan harus mendapatkannya. Terutama makanan manis tinggi kalori, seperti cokelat, donat, atau es krim.

Sahabat Dream juga mengalaminya? Dikutip dari Times Of India, kondisi ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon selama siklus bulanan. Ketika kadar progesteron dan estrogen turun pada awal periode, ini menyebabkan kita menjadi lebih lapar.

Resep Es Krim Pisang Double Cokelat© MEN

Sementara kortisol, hormon stres terus meningkat selama periode ini. Lalu tingkat serotonin, hormon yang memunculkan perasaan baik, turun dengan cepat. Ketidakseimbangan hormon secara keseluruhan membuat perempuan saat haid menginginkan makanan manis.

5 dari 5 halaman

Perasaan Jadi Lebih Baik

Hal tersebut untuk meningkatkan level serotonin untuk membuat kondisi perasaan jadi lebih baik. Perubahan hormon selama hari-hari menjelang menstruasi juga membuat para perempuan merasa stres dan lelah.

Trik Mudah Mengolah Ayam Panggang Berbumbu Meresap© MEN

Untuk mengatasinya, kita jadi cenderung mencari makanan nikmat atau makanan favorit. Sebenarnya bukan hanya makanan manis tinggi lemak dan gula tapi juga makanan gurih.

Jadi jangan heran jika jelang haid atau saat haid Sahabat Dream bakal mengalami 'ngidam. Nikmati saja makanan yang kamu inginkan demi kondisi mood jadi lebih baik.

 

Beri Komentar