Jenis Obat Menjanjikan untuk Kanker Payudara Agresif

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 30 Agustus 2019 12:46
Jenis Obat Menjanjikan untuk Kanker Payudara Agresif
Angka kematian kanker yang tinggi dapat dicegah

Dream - Kanker identik dengan penyakit yang sangat mematikan. Menurut data Globocan 2018, kanker payudara termasuk lima jenis kanker dengan angka kematian tertinggi di dunia.

Untuk di Indonesia, ada sekitar 22.000 kematian pada kanker payudara. Di antara banyaknya jenis kanker ini, HER2-positif adalah kanker payudara yang lebih ganas. Penyebarannya lebih agresif dibandingkan jenis kanker payudara lainnya.

Sebanyak 20-25% pengidap kanker payudara di Indonesia mengidap HER2-positif. Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Ronald A. Hukom, konsultan hematologi dan onkologi dalam acara talkshow " Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Kanker Payudara HER2-positif di Indonesia" di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2019.

Menurutnya, angka kematian kanker yang tinggi dapat dicegah. Caranya adalah dengan penanganan yang cepat dan tepat. Bahkan menurut dr. Ronald, kanker payudara bisa sembuh.

" Tidak benar kalau dikatakan stadium 4 itu tidak bisa sembuh," ujar Ronald.

1 dari 6 halaman

Obat menjanjikan

Menurut ahli bedah onkologi, dr. Farida Briani Sobri, salah satu pengobatan kanker payudara yang cukup menjanjikan terutama jenis HER2-positif adalah menggunakan Trastuzumab.

Gerakan Sederhana untuk Deteksi Kanker Payudara© MEN

Trastuzumab merupakan terapi target. Telah banyak penelitian berskala internasional yang memperlihatkan efek positif pada pasien setelah terapi target. Keuntungan lain dari Trastuzumab adalah efek samping yang lebih ringan.

" Ada efek samping tapi ringan. Relatif bisa diterima pasien dengan penanganan yang benar," kata Farida

2 dari 6 halaman

Harganya masih mahal

Sayangnya, penggunaan obat Trastuzumab ini tergolong sangat mahal. Penggunaannya juga belum bisa efektif, karena prosedur rumah sakit, terutama di RS pemerintah.

Cegah Kanker Payudara Sebelum Terlambat© MEN

" Sebenarnya pelayanan di hampir semua rumah sakit pemerintah di Indonesia masih banyak yang harus diperbaiki," ujar Farida.


Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

 

 

3 dari 6 halaman

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Kanker Payudara

Dream – Diperkirakan sekitar 350.000 wanita Indonesia mengidap kanker payudara. Penyakit ini merupakan salah satu jenis kanker yang sering terjadi pada wanita. Bahkan, angka kematian pada wanita kebanyakan karena menderita kanker payudara.

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Kanker Payudara© MEN

Dikutip dari Hello Sehat, kanker payudara merupakan tumor ganas yang terbentuk di jaringan payudara. Tumor ganas merupakan sekumpulan sel kanker yang berkembang secara cepat ke jaringan tubuh.

Kanker payudara tidak hanya dialami oleh wanita saja, tetapi juga pria. Apakah Sahabat Dream sudah tahu penyebab kanker payudara? Apa ciri-ciri dan bagaimana cara mencegahnya?

Yuk simak informasi berikut ini.

4 dari 6 halaman

Faktor Penyebab Kanker Payudara

1. Faktor Keturunan

Mutasi pada gen BRCA1 dan BRCA2 dapat membuat kanker payudara diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Apabila di dalam keluarga dekat memiliki anggota yang mengidap kanker payudara maka tingkat resiko mengalaminya juga besar.

2. Paparan Radiasi

Apabila kalian pernah menjalankan radioterapi, maka kalian akan rentan mengalami kanker payudara.

3. Usia

Resiko kanker payudara akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

4. Jenis Kelamin

Seperti yang sudah diketahui bahwa wanita lebih rentan mengalami kanker payudara daripada pria.

5. Menstruasi di usia muda

Mengalami menstruasi di usia dibawah 12 tahun diketahui memiliki tingkat resiko mengidap kanker payudara yang tinggi.

5 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Kanker Payudara

1. Muncul benjolan di payudara

Benjolan tersebut biasanya akan muncul di dekat puting susu, nantinya puting susu terlihat tertarik ke dalam dan agak susah untuk digerakkan. Benjolan ini akan menetap pada payudara setelah 8-10 hari mentruasi.

2. Rasa sakit pada payudara

Payudara akan terasa sakit terus-menerus bahkan bisa sampai pada masa menstruasi bulan berikutnya. Akan tetapi, ciri kanker payudara ini tidak semua pengidap kanker payudara mengalaminya.

3. Perubahan pada puting payudara

Puting payudara akan mengalami perubahan yang cukup dapat kita rasakan. Biasanya puting payudara akan memerah dan bengkak secara tiba-tiba. Puting payudara bahkan dapat mengeluarkan cairan bening, berwarna cokelat, ataupun kuning. Selain itu, pembuluh vena juga akan terlihat pada payudara.

4. Pembengkakan pada ketiak

Di sekitar area ketiak akan mengalami pembengkakan, karena terjadi pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut.

5. Kelainan pada kulit payudara

Pada stadium lanjut, akan terjadi kelainan pada kulit payudara. Kelainan tersebut tampak seperti kulit jeruk atau kulit di sekitar payudara menjadi kemerahan.

Tidak jarang pula, kulit di payudara menjadi cekung seperti terdapat lesung pipi. Hal tersebut disebabkan oleh tarikan yang oleh benjolan.

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Kanker Payudara

1. Menjaga berat badan

Cara mencegah kanker payudara yang pertama adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko terkena kanker payudara, terutama bagi wanita pasca menopause. Risiko tersebut lebih tinggi 20-40 persen daripada wanita yang memiliki berat badan ideal.

2. Pola makan sehat

Melakukan kebiasaan pola makan sehat dapat mencegah kita terkena kanker payudara. Terbiasa akan pola makan sehat akan mengurangi risiko kanker payudara terutama pada wanita yang suka makan kacang-kacangan. Wanita yang terkena kanker payudara sekalipun, nantinya akan hidup lebih sehat dari sebelumnya.

Makanan yang harus dikurangi agar tidak terkena kanker payudara adalah daging berlemak, sosis, krim, margarin, metega, dan minyak.

3. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara. Biasakanlah untuk melakukan olahraga selama 2 jam 30 menit per minggu.

Bagi wanita yang tidak pernah melakukan aktivitas fisiknya akan memiliki tingkat resiko terkena kanker payudara yang tinggi.

4. Kurangi minuman beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol setiap hari akan meningkatkan resiko 7-12 persen  mengidap kanker payudara. Rasio ini akan meningkat apabila jumlah konsumsi minuman beralkohol lebih dari satu gelas per hari. Hal ini dikarenakan terdapat hubungan antara tingkat alcohol dengan perubahan jumlah hormone di tubuh.

5. Hindari paparan radiasi

Paparan radiasi merupakan salah satu faktor penyebab seseorang terkena kanker payudara. Paparan sinar radiasi yang tinggi bisa sangat meningkatkan resiko kalian mengidap kanker payudara.

Contoh aktivitas yang mendapatkan paparan sinar radiasi yang tinggi adalah salah satunya melakukan pemeriksaan CT Scan.

Selain itu, bagi Sahabat Dream yang bekerja di fasilitas kesehatan yang menggunakan radiasi, terpapar asap kendaraan, dan terpapar bahan kimia harus ekstra hati-hati.

Sumber: AlodokterHellosehat, dan Liputan6.com

Beri Komentar