Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jenis Operasi Plastik yang Paling Diminati, Mulai Rhinoplasty Hingga Organ Intim

Jenis Operasi Plastik yang Paling Diminati, Mulai Rhinoplasty Hingga Organ Intim Ilustrasi Wajah Hasil Operasi Plastik. (Foto: Li Enxi Danae/Weibo)

Dream - Memiliki penampilan cantik atau tampan menjadi dambaan setiap orang. Karena itu banyak yang rela menempuh berbagai cara, termasuk melakukan operasi plastik.

Baru-baru ini masyarakat Indonesia heboh tentang aktivis Ratna Sarumpaet yang melakukan operasi plastik namun mengaku dikeroyok orang tak dikenal.

Ratna mengaku dipukuli dan diancam orang tak dikenal saat berada di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, pada 21 September 2018.

Namun dia kemudian membantah dan mengaku telah berbohong tentang penganiayaan tersebut. Wajah Ratna yang bengkak dan memar bukan karena dihajar, tapi efek dari operasi plastik facelift.

Facelift sendiri termasuk salah satu jenis operasi plastik yang banyak dilakukan oleh para wanita setengah baya untuk mengembalikan kulit seperti saat masih muda.

Kita kerap mengaitkan oplas dengan bedah plastik untuk tujuan estetika atau operasi plastik Korea. Jenis operasi plastik sendiri sebenarnya banyak, seperti rhinoplasty (operasi plastik hidung), implan payudara, sedot lemak, facelift dan sebagainya.

Sejarah Operasi Plastik

Operasi plastik menjadi pilihan karena dianggap bisa memberikan penampilan cantik atau tampan secara instan. Operasi plastik sendiri memiliki riwayat yang panjang.

Meski baru marak beberapa dekade belakangan, ternyata prosedur medis yang populer disingkat oplas ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu.

Istilah operasi plastik sudah ada sejak tahun 1837 di Yunani. Saat itu operasi plastik disebut dengan istilah plastikos.

Dalam bahasa Yunani, plastikos berarti membentuk atau mencetak. Namun, pada zaman itu belum ditemukan plastik. Dilansir Medscape, plastik sendiri baru ditemukan 18 tahun kemudian.

Tapi mengapa disebut dengan operasi plastik? Sesuai dengan artinya dalam bahasa Yunani, operasi plastik awalnya untuk merekonstruksi atau memperbaiki cacat yang dialami manusia.

Namun seiring waktu, operasi plastik berkembang dan digunakan untuk memperbaiki dan memperindah penampilan wajah atau bagian tubuh tertentu seseorang.

Jenis Operasi Plastik

Jenis operasi plastik banyak sekali, tapi kita mungkin lebih akrab dengan operasi plastik untuk keperluan estetika seperti rhinoplasty (operasi hidung), smile lipt, implan payudara, penipisan rahang dan sebagainya.

Meski jenis operasi plastik untuk estetika bermacam-macam, namun memiliki tujuan yang sama yaitu memperindah penampilan seseorang.

Merangkum dari berbagai sumber, Dream akan mengulas tentang jenis operasi plastik yang paling banyak diminati wanita demi memperoleh penampilan yang sempurna.

1. Rhinoplasty atau operasi hidung

Salah satu jenis operasi plastik yang paling banyak diminati wanita adalah rhinoplasty atau operasi hidung. Jenis operasi hidung yang dikenal juga dengan istilah nose job ini dilakukan karena alasan ingin memperbaiki bentuk hidung.

Selain itu, operasi memancungkan hidung ini juga dapat bermanfaat memperbaiki kesulitan bernapas karena bentuk hidung yang kurang ideal, memperbaiki cacat bawaan pada hidung, atau memperbaiki bentuk hidung yang tidak proporsional karena kecelakaan.

Prosedur operasi hidung

Dilansir dari HelloSehat.com, operasi biasanya dilakukan dengan bius total dan berlangsung selama sekitar 90 menit. Dokter akan memperbaiki ujung hidung dengan mengangkat sebagian tulang rawan.

Jika memiliki punuk (dorsum) pada hidung, dokter dapat mengangkat atau mengikisnya. Biasanya, dasar pada tulang di sisi hidung akan dipatahkan terlebih dulu agar hidung dapat dikecilkan dan diatur. Dokter mungkin akan membangun ulang hidung kamu.

2. Liposuction atau sedot lemak

Jenis operasi plastik yang terhitung paling banyak membutuhkan dan merasa puas adalah sedot lemak. Terutama untuk mereka yang mungkin merasa terganggu dengan lemak pada bagian tubuh tertentu, seperti perut atau pipi. Maka bedah plastik menjamin bisa melakukan hal tersebut dengan cara liposuction atau sedot lemak.

Prosedur sedot lemak

Sedot lemak adalah operasi pengurangan atau pemindahan lemak pada tubuh. Namun sebelum proses sedot lemak, ada banyak tes yang harus dilakukan. Seringkali pemeriksaan darah tinggi, penyakit jantung dan juga terlalu obesitas membuat bedah ini tidak dapat dilakukan. Biaya sedot lemak memakan belasan juta rupiah dalam satu kali operasi saja.

3. Breast augmentation atau operasi pembesaran payudara

Jenis operasi plastik yang paling banyak diminati wanita adalah operasi pembesaran payudara. Di Korea Selatan saja, jenis operasi pembesaran volume dan ukuran payudara ini dilakukan sebanyak 44.039 kali pada tahun 2016.

4. Breast lift atau operasi pengencangan payudara

Jenis operasi yang paling banyak diminati selanjutnya adalah breast lift atau pengencangan payudara. Seperti namanya, breast lift adalah teknik bedah yang dilakukan dengan tujuan untuk mengencangkan payudara yang sudah kendor atau menggelambir.

Payudara yang sudah menggelambir bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kehamilan, menyusui, penurunan berat badan dan penuaan. Ada juga yang karena terlalu besar sehingga bentuknya tidak bulat dan cukup kuat.

5. Facial bone contouring atau penipisan rahang

Operasi plastik ini bertujuan untuk memperbaiki bentuk rahang dan dagu menjadi lebih tirus dan halus. Facial Bone Contouring biasa juga disebut dengan operasi pengurangan tulang pipi dan garis rahang. Jenis operasi plastik ini memakan waktu agak lama karena pembenahan tulang tidaklah mudah. Selain itu harganya tidak murah yang mencapai puluhan juta rupiah untuk satu set pembenahan tulang mulai dari awal hingga selesai.

6. Facelift

Jenis operasi plastik selanjutnya yang paling banyak diminati wanita adalah facelift. Dikenal juga dengan sebutan rhytidectomy, tindakan medis yang mengacu untuk menghilangkan kerutan pada kulit wajah dan leher.

7. Browlift atau pengangkatan alis

Setelah operasi hidung yang paling banyak diminati, operasi plastik selanjutnya adalah brow lift. Alis sering menjadi lambang kecantikan sehingga kesempurnaan alis merupakan modal seorang wanita untuk tampil menawan.

Sayangnya, jenis operasi plastik pengangkatan alis ini mungkin masih kurang dikenal wanita Indonesia. Tapi di Korea, operasi plastik brow lift ini sangat digemari. Brow lift adalah operasi plastik yang dilakukan untuk menghilangkan kerutan di daerah alis dan sekitar batang hidung. Brow lift ini biasanya dilakukan bersamaan dengan sulam alis dengan harga mencapai jutaan.

8. Transplantasi rambut

Operasi plastik tak melulu tentang perbaikan wajah, namun nyatanya ada penawaran yakni transplantasi rambut. Banyak orang sering mengeluhkan bahwa rambut mereka tipis dan rontok serta sulit tumbuh. Jika seperti itu maka banyak orang yang mencoba memilih transplantasi rambut,

Transplantasi ini dilakukan dengan menanamkan rambut milik orang lain ke kepala pasien. Pasca transplantasi seorang pasien harus benar-benar memperhatikan kesehatan kepala dan rambutnya.

9. Cheek augmentation atau operasi penggemukan pipi

Jenis operasi plastik penggemukan pipi ini mungkin jarang dilakukan jika terpisah, namun biasanya bersamaan ketika kamu melakukan operasi hidung. Hal itu dilakukan untuk menyeimbangkan proporsi wajah sehingga memiliki siluet yang lebih sempurna. Jenis operasi plastik cheeck augmentation ini umumnya menggunakan implan prostetik atau buatan.

10. Tanam benang

Tanam benang adalah jenis operasi plastik meskipun sederhana. Banyak wanita berusia diantara 40-50 tahun melakukan jenis operasi plastik ini. Tanam benang agar wajah terlihat tetap cantik dan juga tidak ada keriput. Dengan menanamkan kolagen, nutrisi dan berbagai tambahan bahan, operasi ini memakan harga jutaan dalam satu kali pemasangan.

11. Facial fat transfer atau operasi transfer lemak

Wajah mengalami penuaan karena dua hal, yakni berkurangnya lemak dan elastisitas. Tapi melalui jenis operasi plastik ini, wajah bisa terlihat lebih muda dengan teknik transfer lemak. Teknik yang juga dikenal dengan istilah Facial Fat Grafting ini menggunakan implan yang diambil dari bagian tubuh lainnya berupa lemak. Cara ini dipercaya lebih aman dibandingkan dengan operasi implan silikon.

12. Biepharosplasty atau operasi kelopak mata

Jenis operasi plastik yang paling diminati wanita berikutnya adalah biepharosplasty atau operasi kelopak mata. Operasi yang juga dikenal sebagai operasi Double Eyelid ini bertujuan untuk menghilangkan dan menyayat sebagian kulit kelopak mata. Hal ini dilakukan untuk mencapai tampilan double eyelid yang dijadikan standar kecantikan Korea selama beberapa tahun belakangan.

13. Operasi organ intim

Ada beberapa jenis operasi plastik yang kurang lazim, misalnya operasi organ intim. Untuk wanita, ada operasi pemasangan selaput dara artifisial, vaginoplasty untuk mengencangkan kembali vagina, dan labiaplasty untuk mengoreksi bentuk labia minor atau labia mayor.

Sementara untuk pria ada operasi pembesaran kelamin atau penile enhancement dan scrotox, yaitu injeksi botoks untuk mengencangkan testikel yang kini semakin digandrungi kaum pria.

Demikianlah jenis operasi plastik yang paling diminati, termasuk implan silikon dan operasi organ intim yang makin banyak disukai selebriti Indonesia.

Apa Yang Terjadi Setelah Menjalani Operasi Plastik?

Masih banyak orang yang bertanya tentang apa saja yang akan terjadi setelah menjalani operasi plastik. Biasanya, pasien akan menunggu selama 1-2 minggu setelah melakukan operasi plastik. Waktu ini merupakan fase pemulihan yang sangat penting agar hasilnya terlihat alami.

Berikut adalah apa yang terjadi setelah menjalani operasi plastik dan bagaimana mempertahankan kondisi.

1. Pembengkakan

Pembengkakan merupakan hal yang tidak dapat dihindari bahkan pada semua jenis operasi plastik. Tingkat pembengkakan tergantung pada kondisi pasien. Jadi jika sebelumnya sudah pernah melakukan operasi yang menyebabkan pembengkakan besar, pasti akan mengalami pembengkakan yang mungkin akan lebih besar. Cara terbaik untuk meredakan bengkak adalah menghindari hanya berbaring di tempat tidur sepanjang hari dan sering berjalan-jalan untuk mempercepat pemulihan.

2. Memar

Berdasarkan pengalaman, memar adalah kondisi selektif yang tidak terjadi pada semua orang. Tergantung pada jenis operasi plastik yang dijalani. Misalnya, jika kamu berencana menjalani osteotomi sebagai bagian dari rhinoplasty, kemungkinan besar kamu akan mengalami memar. Tapi kamu tidak perlu khawatir! Memar ini secara alami akan hilang dalam waktu beberapa hari, kamu juga dapat menutupnya dengan make-up. Jika kamu ingin benar-benar mencegah memar sebelumnya, belilah suplemen pencegahan memar yang direkomendasikan dokter bedah plastik.

3. Rasa sakit dan tidak nyaman

Kita semua ingin menghindari rasa sakit. Itulah salah satu alasan utama mengapa pasien terkadang ragu untuk menjalani operasi plastik. Namun, berkat perkembangan medis baru-baru ini memungkinkan dokter bedah plastik untuk memberikan obat penghilang rasa sakit 24 jam. Cara kerja obat yang 24 jam ini mampu membuat mereka nyaman dan mampu melewati masa penyembuhan.

Makan dengan baik, tidur nyenyak, jalan-jalan ringan dan menghindari aktivitas ekstrem adalah cara mempercepat penyembuhan. Dan yang paling penting adalah pasien tetap positif! Pasien yang memiliki pola pikir positif mengenai hasil operasi plastik pasti akan benar-benar cepat melewati masa pemulihannya.

Apa Penyebab Wajah Bengkak Sehabis Operasi Plastik?

Dari sekian banyak poin yang disoroti adalah wajah bengkak sehabis operasi plastik. Setelah pembedahan, terdapat beberapa proses sebelum hasil akhirnya tampak. Salah satunya adalah wajah bengkak.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, benarkah wajah bengkak jadi salah satu proses pasca-operasi plastik sebelum mendapatkan penampilan yang diinginkan?

Dilansir dari Liputan6.com yang mengutip Klikdokter, setiap orang sebenarnya memiliki respons berbeda dari jenis operasi plastik yang dilakukan. Tak menutup kemungkinan, bengkak di bagian wajah jadi salah satu respons yang diperlihatkan tubuh.

Pembengkakan itu biasanya berlangsung sekitar 24-72 jam setelah operasi dilakukan. Jadi, jangan dulu khawatir jika wajah bengkak sehabis operasi plastik.

Wajah bengkak sehabis operasi plastik dinilai sebagai respons normal. Keadaan itu biasanya hanya berlangsung beberapa lama untuk kemudian normal kembali.

"Kalau habis operasi, biasanya pasien akan bengkak, tapi belum tentu memar. Itu proses normal dalam operasi apapun. Bengkak akan mereda satu minggu kemudian," jelas dr Puri Ambar Lestari, SpBP-RE, spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik dari Bamed Plastic Surgery.

Dr Puri menambahkan efek ini biasanya akan diberitahukan sebelum pasien memutuskan menjalani operasi plastik. Oleh karena itu, pasien yang akan menjalani operasi plastik disarankan untuk cuti atau memiliki waktu libur beberapa hari setelah tindakan untuk proses pemulihan.

Bisa jadi, jenis operasi plastik facelift yang dilakukan Ratna Sarumpaet menyebabkan gangguan pembuluh limfatik sehingga memicu penumpukan cairan di wajah.

Hal ini akan menyebabkan efek samping berupa pembengkakan, kemerahan, dan sensasi panas pada wajah. Butuh beberapa waktu untuk mengembalikan fungsi pembuluh limfatik menjadi normal kembali.

Biasanya, setelah seminggu pasca operasi plastik, 60 persen pembengkakan pada wajah akan bisa menghilang. Setelahnya, pembengkakan ini akan benar-benar hilang setelah 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun secara bertahap.

Dirangkum dari berbagai sumber

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Heboh Wanita Kabur dari Rumah Sakit Usai Jalani Operasi Plastik, Alasannya Bikin Dokter dan Perawat Syok

Heboh Wanita Kabur dari Rumah Sakit Usai Jalani Operasi Plastik, Alasannya Bikin Dokter dan Perawat Syok

Wanita itu keluar dari rumah sakit beberapa jam setelah ia menjalani operasi plastik.

Baca Selengkapnya
Bantah Oplas, Wika Salim Blak-blakan Ungkap Rahasia Perubahan Wajah dan Tubuhnya

Bantah Oplas, Wika Salim Blak-blakan Ungkap Rahasia Perubahan Wajah dan Tubuhnya

Wika Salim menjelaskan perubahan yang ada di wajah dan tubuhnya tanpa operasi plastik.

Baca Selengkapnya
Bukan Mau Bikin Mantan Suami Menyesal, Dhena Devanka Beber Alasan Jalani Oplas di Korea

Bukan Mau Bikin Mantan Suami Menyesal, Dhena Devanka Beber Alasan Jalani Oplas di Korea

Puas dengan hasilnya, Dhena Devanka tak mau lagi menjalani operasi plastik

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Denada Operasi Plastik di Korea Selatan, Gelontorkan Biaya Fantastis!

Denada Operasi Plastik di Korea Selatan, Gelontorkan Biaya Fantastis!

Denada sengaja terbang ke Korea agar penampilannya semakin menarik di usia 45 tahun.

Baca Selengkapnya
Potret Transformasi Kontroversial  Pasien Dr. Kim,  Spesialis Bedah Plastik yang Viral di TikTok

Potret Transformasi Kontroversial Pasien Dr. Kim, Spesialis Bedah Plastik yang Viral di TikTok

Hasil bedah plastik Dr. Kim sempat viral di media sosial. Wajah pasiennya diklaim kurang natural dan masih memiliki luka saat foto before-after.

Baca Selengkapnya
Amanda Manopo Ungkap Fakta Mengejutkan Soal Isu Operasi Plastik dan Tubuhnya yang Menawan

Amanda Manopo Ungkap Fakta Mengejutkan Soal Isu Operasi Plastik dan Tubuhnya yang Menawan

Jawaban Amanda Manopo disebut operasi plastik karena tirus dan langsing.

Baca Selengkapnya
Percantik Diri Sampai Oplas ke Korea, Mawar AFI Lagi Usaha Cari Jodoh?

Percantik Diri Sampai Oplas ke Korea, Mawar AFI Lagi Usaha Cari Jodoh?

Usai operasi plastik penampilan baru Mawar AFI banjir pujian

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Dokter Angkat 300 Batu Ginjal dari Tubuh Pasien yang Tidak Suka Minum Air Putih

Detik-Detik Dokter Angkat 300 Batu Ginjal dari Tubuh Pasien yang Tidak Suka Minum Air Putih

Karena selalu minum air berwarna, wanita Ini operasi angkat batu ginjal sebanyak 300 butir

Baca Selengkapnya
10 Potret Ayah Gen Halilintar yang Dituding Operasi Plastik, Bak Beda Orang!

10 Potret Ayah Gen Halilintar yang Dituding Operasi Plastik, Bak Beda Orang!

Inilah penampilan Ayah Gen Halilintar yang dituding operasi plastik oleh netizen

Baca Selengkapnya