Daftar Tanaman Herbal yang Diyakini Ampuh Jadi Obat Kolesterol Alami

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 1 Oktober 2020 06:12
Daftar Tanaman Herbal yang Diyakini Ampuh Jadi Obat Kolesterol Alami
Apa saja?

Dream – Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit. Seperti, jantung dan stroke. Kunci utama menurunkan kolesterol adalah mengatur pola makan dan gaya hidup sehat.

Selain itu ada banyak cara untuk membantu menurunkan kolesterol secara alami.  Salah satunya menggunakan tanaman herbal.

Tanaman herbal ini dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga tak heran bila banyak yang ingin mencoba untuk mendapatkan khasiatnya secara langsung.

Apa saja obat herbal kolesterol yang dinilai manjur? Berikut ulasannya.

1 dari 7 halaman

Bawang Putih

 

Ilustrasi© Freepik

Bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, bawang putih juga memiliki manfaat lain, seperti meredakan gejala pilek.

Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui secara lengkap manfaat bawang putih.

2 dari 7 halaman

Kacang Kedelai

Ilustrasi© Freepik

Kacang kedelai dianggap membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Jenis kacang-kacangan ini juga banyak dibuat olahan makanan lain seperti tempe dan tahu. Sehingga dapat dikonsumsi sebagai makanan pendamping.

3 dari 7 halaman

Akar Manis

Ilustrasi© Freepik

 

Akar manis atau licorice root, dinilai berpotensi menjadi obat kolesterol alami. Pasalnya, pada sebuah penelitian tanaman ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus kadar gula darah, dan mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan.

4 dari 7 halaman

Jahe

Ilustrasi© Freepik

 

Beberapa penelitian menunjukkan, jahe bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida di tubuh, serta mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Untuk menikmati manfaat jahe, cukup mencampurkan potongan jahe ke dalam segelas air hangat atau air panas.

Tunggu hingga jahe tersebut bercampur dan minumlah sebagai wedang.

5 dari 7 halaman

Angkak

Angkak mengandung monacolin K. kandungan ini mirip dengan zat yang terkandung dalam obat penurun kolesterol yaitu lovastin.

Angkak juga dapat mengandung suatu kontaminan atau zat berbahaya bagi tubuh, yang bernama citrinin.

Komponen ini disebut bisa memicu gagal ginjal. Sehingga, perlu berhati-hati saat menggunakan angkak untuk menurunkan kolesterol.

6 dari 7 halaman

Daun Artichoke

Ilustrasi© Freepik

Ekstrak daun artichoke dianggap dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh.

Artichoke juga mengandung komponen yang disebut sebagai cynarine. Komponen ini akan memicu suatu proses yang menghasilkan ekskresi atau pengeluaran kolesterol dari aliran darah.

Jika ingin mencoba obat kolesterol alami di atas, sebaiknya berdiskusi dengan dokter terkait.

Meski bahan-bahan di atas alami, namun reaksi alergi bisa saja muncul. Sehingga perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya.

7 dari 7 halaman

Jaga Gaya Hidup Sehat

Untuk menurunkan kadar kolesterol, tidak hanya membutuhkan bantuan obat. Namun juga harus dibarengi dengan gaya hidup sehat. Seperti:

 

Ilustrasi© Shutterstock

  1. Konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Hindari makanan tidak sehat seperti goreng-gorengan yang kaya akan minyak jenuh agar pembuluh darah di tubuh tidak tersumbat oleh lemak atau plak kolesterol. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung serat larut yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan serta asam lemak omega-3.
  2. Rutin olahraga. Olahraga teratur akan membuat kadar kolesterol berangsur normal. Olahraga cukup dilakukan selama 30 menit setiap harinya.
  3. Berhenti merokok. Dengan berhenti merokok akan meningkatkan kadar kolesterol yang baik dalam tubuh.
  4. Berat badan ideal. Berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko naiknya kadar kolesterol. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang bisa memicu kenaikan berat badan, seperti makanan manis dan asin yang tinggi kalori.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar