Cara Mengatasi Jerawat, `Masalah Hidup` yang Nggak Kelar-Kelar

Reporter :
Kamis, 27 Agustus 2020 16:12
Cara Mengatasi Jerawat, `Masalah Hidup` yang Nggak Kelar-Kelar
Bisa timbul kapan saja dan di mana saja.

Dream - Jerawat menjadi masalah kulit wajah yang mungkin pernah dihadapi hampir semua orang. Kebanyakan jerawat muncul ketika memasuki usia remaja meski tak menutup kemungkinan kemunculan bintik merah menjengkelkan ini baru datang saat usia dewasa.

Hadir sebagai narasumber IG Live Streaming, Ngobras, dokter kecantikan dari Derma Express, Dr. Chalix memberikan penjelasan mendalam tentang jerawat.

“ Sebenarnya jerawat merupakan suatu peradangan pada wajah, (hal itu) terjadi karena penyumbatan folikel rambut atau kelenjar rambut, disumbat sel kulit mati, minyak terjadilah penyumbatan pori-pori terus juga membuat wajah menjadi peradangan,” ujar Dr. Chalix.

Ilustrasi jerawat© shu

1 dari 4 halaman

Gesekan masker

Ia juga mengatakan memasuki New Normal yang mengharuskan menggunakan masker ketika keluar rumah menjadi salah satu penyebab jerawat.

“ Pandemi seperti ini kita kan sering pakai masker, banyak keluhan tentang jerawat. Penyebabnya adalah ketika kita pakai masker pengap di dalam dan ngomong bakteri dari mulut nempel di masker, terus juga tergesek-gesek oleh masker menyebabkan kelenjar minyak lebih aktif dan berakhir jerawat,” tambah Dr. Chalix.

Kira-kira penyebab apa lagi perihal masalah jerawat yang tak kunjung usai? Temukan jawaban lengkapnya di #NgobrasDream berikut ini.

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on

2 dari 4 halaman

Lakukan Hal Ini Saat Kulit Bermasalah Karena Keseringan Pakai Masker

Dream - Pemakaian masker kesehatan telah menjadi kebiasaan baru bagi semua orang akibat pandemi Covid-19. Meski dapat melindungi tubuh dari paparan virus, namun masker kesehatan bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Kamu harus membuat kulit tetap nyaman dan melindunginya dari iritasi maupun masalah lainnya.

Ciri masalah kulit yang disebabkan oleh masker

Masalah Kulit© Shutterstock.com

Dilansir dari Femina.in, orang mengalami masalah kulit seperti ruam, jerawat, rosacea, kering serta ketidaknyamanan ketika memakai masker.

Ruam sendiri disebabkan oleh pemakaian masker yang terlalu ketat atau alergi terhadap detergen atau pembersih maskermu.

Beberapa bahan masker seperti polyester atau nylon akan membuatmu merasa panas dan lebih mudah berkeringat. Keringat yang bercampur dengan nafasdan sebum sangat berpotensi menimbulkan jerawat.

3 dari 4 halaman

Tips mencegah iritasi kulit yang disebabkan oleh pemakaian masker


Memakai Masker© Pexels.com

Jika kulitmu sensitif, kamu harus berkonsultasi pada dermatologis untuk mencegah masalah kulit akibat pemakaian masker kesehatan. Sebelumnya, kamu bisa mengikuti tips berikut.

- Pilihlah masker berbahan ringan, sejuk dan lembut. Pastikan maskermu dijahit dengan rapi dan memberikan proteksi maksimal dari virus. Pakailah masker berbahan katun.

- Hindari bahan polyester atau nylon. Banyak masker dengan motif menarik dan berbahan ringan yang bisa kamu pilih. Cari tahu komposisi bahan masker sebelum membelinya.

- Gunakan detergen berbahan ringan dan aman untuk kulit sensitif ketika membersihkan masker.

4 dari 4 halaman

Tips memilih skincare


Pelembap Kulit© Shutterstock.com

- Pakai skincare yang bersifat non-comedogenic ketika memakai masker agar kulitmu tetap sehat tanpa berisiko berjerawat atau beruntusan.

- Jika kulitmu berminyak, gunakan pelembap yang berbahan dasar air yang tidak membuat kulitmu lengket dan kurnang nyaman. Cobalah pelembap anti-polusi dan serum yang mampu melembapkan serta mudah terserap kulit.

Memilih skincare yang mengandung zinc oxide

Memakai Skincare© Shutterstock.com

- Aplikasikan zinc oxide di area wajah yang mengalami ruam. Kamu bisa mengaplikasikannya di belakang telinga, sepanjang tulang hidung serta di bawah dagu, yang lebih berisiko mengalami ruam serta iritasi akibat masker

- Kamu juga bisa menggunakan tabir surya atau pelembap yang mengandung zinc oxide. Pilihlah produk hipoalergenik agar lebih nyaman pada kulit.

- Jaga kebersihan kulit sebelum dan setelah memakai masker. Bersihkan wajah dan pakai pelembap sebelum serta setelah memakai masker untuk mengurangi risiko iritasi atau masalah kulit lainnya.

(Sumber: Femina.in)

 

Beri Komentar