Jus Buah, Minuman Segar yang Berbahaya!

Reporter : Ervina
Selasa, 28 Oktober 2014 10:01
Jus Buah, Minuman Segar yang Berbahaya!
Dibalik rasanya yang segar ternyata jus buah menyimpan bahya bagi tubuh. Bahaya apakah itu?

Dream - Saat cuaca panas, minuman dingin merupakan pilihan yang tepat untuk mengobati rasa haus. Jus buah merupakan salah satu minuman yang kerap dipilih sebagai penawar dahaga.

Namun tahukah anda jika ternyata segarnya jus buah menyimpan bahaya yang lebih buruk? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah tim peneliti asal Australia baru-baru ini menunjukkan, bahaya mengkonsumsi minuman yang sepintas terlihat sehat ini.

Masalah utama tentu bukan pada buah yang kaya akan kandungan vitamin, dan mineral. Melainkan pada kandungan gula yang tinggi dan kerap tidak disadari. Rasa manis dari gula menjadikan meminum jus buah secara rutin tidak dianjurkan.

" Meskipun jus buah memiliki kandungan vitamin esensial, namun kandungan gula tinggi dengan serat rendah menjadikan tidak direkomendasikan diminum secara rutin," ujar Dr. Matthew Pase, peneliti dari Swinburne University of Technology, Hawthorn, Australia.

Pase menambahkan, konsumsi jus kemasan dengan tambahan gula dapat menambah asupan gula dalam tubuh. Sebagai akibatnya, hal ini dapat memperparah resiko terserang hipertensi, penyakit jantung, dan gangguan pembuluh darah.

Masyarakat Inggris bahkan menganggap jus buah sebagai salah satu penyebab obesitas dan epidemi diabetes di Inggris. Pasalnya, dalam satu kemasan jus buah berukuran 250 ml mengandung 115 kalori yang setara dengan konsumsi tujuh sendok teh gula. Sebagai pembanding, satu kaleng minuman kola sendiri mengandung 139 kalori.

Padahal, Badan Kesehatan Dunia (WHO) hanya merekomendasikan seseorang untuk mengonsumsi gula tak lebih dari enam sendok teh setiap harinya. Selain itu konsumsi jus buah kemasan pada anak-anak juga dapat memicu gigi anak yang mudah rusak.

Dalam penelitian ini didapati setidaknya satu dari delapan anak di Inggris mengalami gigi busuk mulai usia tiga tahun akibat terlalu sering meminum jus buah kemasan. Di bagian lain Inggris, bahkan angka kerusakan gigi itu tiga kali lipat lebih parah. Sekedar mengingat bagi anda yang gemar membuat jus buah, sebaiknya buat sendiri di rumah tanpa perlu ditambah gula karena rasa manis alami pada buah justru lebih baik bagi tubuh.

(Ism, Dari berbagai sumber)

1 dari 5 halaman

Bahaya Memakai Batu Akik

Bahaya Memakai Batu Akik

Dream - Demam batu akik tengah melanda Tanah Air. Batu ini diburu mulai tengah belantara hingga tengah kota. Dijualbelikan dari pinggir jalan hingga mal-mal mewah Ibukota.

Namun, ada sebuah kekhawatiran. Para pemakai batu akik akan jatuh ke dalam kemusyrikan Apalagi di tengah masyarakat masih banyak yang memelihara kepercayaan terhadap benda-benda mati.

“ Mereka menganggap benda mati tertentu memiliki kekuatan atau keistimewaan sehingga bisa dijadikan sebagai jimat atau senjata,” kata anggota Komisi X DPR, Surahman Hidayat, saat menjadi pembicara dalam bedah buku “ Teladan Muhammad” di Istora Senayan, Kamis 5 Maret 2015.

“ Padahal, kepercayaan seperti ini hanyalah bersumber dari khurafat (tahayul), khayalan, dan halusinasi semata,” tambah dia.

Menurut Surahman, memakai BATU AKIK sebagai perhiasan sebenarnya diperbolehkan. Namun, adanya keyakinan seperti itu sangat rawan terjadinya kemusyrikan. “ Sudah kuatkah akidah kita untuk menghapus perihal dugaan yang berbau khurafat dalam batu akik yang mampu menggeser ketauhidan kita,” tambah dia. Selengkapnya Bahaya Memakai Batu Akik. (Ism) 

2 dari 5 halaman

Ini Bahaya Makan Tiga Kali Sehari

Ini Bahaya Makan Tiga Kali Sehari

Dream - Waktu kecil kita selalu dianjurkan untuk makan tiga kali sehari agar kebutuhan gizi dan nutrisi terpenuhi. Tapi rutinitas seperti sarapan, makan siang dan makan malam ternyata justru mengganggu kesehatan.

Di antaranya adalah kemungkinan obesitas yang tinggi dan serangan penyakit berat seperti diabetes maupun stroke.

Abigail Carroll, ahli sejarah, menulis buku Three Squares: The Invention of the American Meal yang mengungkap sejarah kebiasaan makan tiga kali sehari.

Dalam bukunya yang dikutip MailOnline, Kamis 12 Maret 2015, Carroll menyebut kebiasaan makan tiga kali sehari dibawa oleh orang-orang Eropa yang melakukan ekspedisi hingga ke benua Amerika.

Di sana mereka menularkan kebiasaan makan tiga kali sehari 'secara paksa' kepada penduduk asli Amerika. Selengkapnya Bahaya Makan Tiga Kali Sehari. (Ism) 

3 dari 5 halaman

Bahaya! Jangan Seflie Saat Gerhana Matahari

Bahaya! Jangan Seflie Saat Gerhana Matahari

Dream - Para ahli meminta warga untuk tidak selfie saat berlangsung gerhana matahari. Alasannya, karena memiliki risiko mengalami kebutaan.

Inggris akan mengalami gerhana matahari sebagian pada Jumat pagi, 20 Maret 2015. Peristiwa ini akan membuat sebagian besar wilayah negara itu terasa seperti sore hari. Karena sinar matahari akan terhalang oleh bulan selama beberapa menit.

Bagi sebagian orang, peristiwa gerhana matahari adalah kejadian langka yang mendorong mereka untuk mengabadikannya. Namun, para spesialis mata mengingatkan warga untuk tidak menggunakan kamera ponsel untuk selfie.

" Pada 1999, saat terjadi gerhana matahari penuh, tak seorang pun yang punya ponsel pintar untuk mengabadikannya," kata Daniel Hardiman-McCartney, spesialis mata di College of Optometrists dikutip Dream.co.id dari laman BBC, Selasa 18 Maret 2015. Selengkapnya Jangan Selfie Saat Gerhana Matahari!. (Ism) 

4 dari 5 halaman

Ini Bahaya Minum Susu Mentah!

Ini Bahaya Minum Susu Mentah!

Dream - Kecenderungan untuk minum susu segar yang tidak diolah lebih dahulu alias mentah dapat menimbulkan risiko penyakit.

Menurut studi terbaru, susu mentah membuat orang 100 kali lebih mungkin untuk terkena penyakit ketimbang susu yang sudah dipasteurisasi.

Susu mentah telah dikaitkan dengan lebih dari setengah penyakit yang berasal dari semua makanan berbahan dasar susu, meski hanya sekitar 3,5 persen dari populasi di AS meminumnya.

Sebelumnya orang disarankan untuk minum susu mentah yang mengandung antibodi, protein, dan bakteri yang lebih alami dari susu pasteurisasi yang lebih sehat, bersih, dan rasanya lebih enak. Mereka berpendapat pasteurisasi menghilangkan nutrisi penting, seperti asam folat. Selengkapnya Ini Bahaya Minum Susu Mentah. (Ism) 

5 dari 5 halaman

Bahaya Fatal Buat yang Suka Berbagi Pakai Kuas Makeup

Bahaya Fatal Buat yang Suka Berbagi Pakai Kuas Makeup

Dream - Kisah berikut menjadi peringatan bagi Anda yang terbiasa berbagi kuas makeup dengan orang lain. Terlebih bagi yang tidak menjaga kebersihan kuas makeup yang digunakannya.

Seorang wanita bernama Jo Gilchrist asal Australia kini harus duduk di kursi roda karena berbagi kuas sembarangan.

Wanita 27 tahun ini yakin bakteri Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus atau dikenal sebagai Bakteri Staph telah masuk dalam tubuhnya melalui kuas yang dipinjam dari temannya saat menutupi noda hitam di wajahnya.

" Teman saya memang menderita infeksi Staph di wajahnya dan saya tertular karena memakai kuas makeup miliknya," kata Gilchrist dikutip Dream.co.id dari laman Daily Mail, Senin 13 April 2015. Selengkapnya Bahaya Fatal Pakai Kuas Makeup. (Ism) 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone