Kaum Pria, Hindari Makanan Ini Jika Ingin Sel Sperma Sehat

Reporter :
Senin, 11 November 2019 06:28
Kaum Pria, Hindari Makanan Ini Jika Ingin Sel Sperma Sehat
Jangan sampai kualitas sperma dalam level rendah.

Dream - Bagi mereka yang sedang menjalani program kehamilan, dibutuhkan kerja sama antara calon ayah dan ibu. Salah satu hal yang penting dilakukan adalah mengubah pola makan jadi lebih sehat.

Bagi kaum pria, saat penting menjaga kualitas sel sperma melalui asupan nutrisi sehari-hari. Jangan sampai kualitas sperma dalam level rendah. Kualitas sperma seorang pria dikatakan rendah jika hanya ada 39 juta sperma setiap kali ejakulasi.

Terdengar banyak? Faktanya jumlah itu terbilang sedikit jika dibandingkan dengan sperma yang bisa sampai ke sel telur wanita. Pada sel sperma yang berkualitas rendah, akan hanya ada sebagian kecil atau bahkan tidak ada sama sekali yang bisa menuju sel telur wanita untuk membuahi.

Hal tersebut tentu sangat berdampak buruk pada kesuburan. Nah, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari demi menjaga kualitas sel sperma. Apa saja?

1 dari 5 halaman

1. Gorengan

 Hati-hati! Gorengan Bikin Pria Cepat Pikun

Semua jenis gorengan yang menggoda selera tidak baik untuk dikonsumsi bagi para calon ayah. Masalahnya gorengan akan mengurangi kualitas sperma.

Asam lemak jenuh yang tinggi pada goreng bakal menumpuk di tubuh. Kondisi ini lama-kelamaan akan menjadi zat radikal bebas yang bisa menurunkan kualitas sperma.

 

2 dari 5 halaman

2. Produk Susu Kaya Lemak

 Kekhasan Tiga Jenis Keju Italia

Hindari juga mengonsumsi produk susu kaya lemak. Susu penuh lemak mengandung estrogen sehingga dapat menurunkan kualitas sperma yang sehat. Jika ingin minum susu, ganti dengan susu almond atau kedelai.

 

3 dari 5 halaman

3. Daging Olahan

 Makan Sosis Picu Sel Kanker Pankreas

Daging olahan termasuk sosis, hot dog, kornet, dendeng, daging kaleng dan saus daging, dapat menurunkan kuantitas atau jumlah sperma. Hal ini karena zat pengawet di dalamnya yang bisa berdampak buruk pada kesuburan.

 

4 dari 5 halaman

4. Kafein

 9 Fakta Mengejutkan Kafein

Saat menjalani program kehamilan, kurangi konsumsi kopi dan minuman lain yang kaya kafein. Konsumsi kafein yang cukup banyak bisa berdampak buruk kesuburan dan bisa meningkatkan risiko keguguran.

 

5 dari 5 halaman

5. Alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat menurunkan kadar testosteron dan mempengaruhi jumlah sperma. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol secara konsisten, lima teguk atau lebih dalam jangka waktu dua jam, memiliki efek negatif pada kualitas sperma secara kesuluruhan.


Sumber: Motherly

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara