9 Manfaat Terong Ungu bagi Kesehatan, Sayuran Kaya Serat dan Rendah Kalori

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 17 Mei 2021 16:47
9 Manfaat Terong Ungu bagi Kesehatan, Sayuran Kaya Serat dan Rendah Kalori
Tak hanya lezat karena bisa diolah menjadi beragam hidangan, terong ungu memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi secukupnya.

Dream – Manfaat terong mungkin tidak banyak diketahui orang. Selama ini kita hanya mengenal terong sebagai sayuran yang bisa dihidangkan menjadi berbagai menu olahan atau disantap langsung sebagai lalapan yang menyegarkan.

Jenis terong yang kita santap juga sangat beragam. Ada terong ungu, terong hijau, terong putih, terong bulat, terong belanda, terong telunjuk, dan juga leunca.

Salah satu jenis terong yang banyak digunakan adalah terong ungu. Biasanya terong jenis ini diolah menjadi terong balado, tumis terong ungu, semur terong ungu, dan masih banyak lagi. Selain memberikan rasa yang lezat, terong ungu juga kaya akan manfaat untuk kesehatan lho..

Selain jadi hidangan yang sedap dan menyegarkan, berikut adalah beberapa manfaat terong ungu untuk kesehatan yang perlu kamu tahu sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com.

1 dari 5 halaman

Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan© Freepik.com

Manfaat terong ungu bagi kesehatan yang pertama adalah bisa menurunkan berat badan. Ini cocok sekali untuk kamu yang sedang berusaha membentuk tubuh ideal. Terong sendiri memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga rendah kalori. Dengan begitu, terong ungu sangatlah baik untuk menurunkan berat badan.

Saat kamu mengonsumsi terong, maka kamu akan lebih mudah merasa kenyang. Kandungan serat dan rendah kalori inilah yang dinilai sangat bagus untuk mendukung dietmu.

 

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat terong ungu juga bisa untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini tidak terlepas karena kandungan antioksidan di dalam terong ungu. Bahkan melalui sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi terong ungu secara rutin, maka bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Sehingga kamu pun akan terhindar dari penyakit jantung.

2 dari 5 halaman

Menangkal Radikal Bebas

Ilustrasi Terong Ungu untuk Menangkal Radikal Bebas© Pixabay.com

Manfaat terong ungu lainnya bagi kesehatan adalah bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri sangatlah berbahaya karena bisa merusak sel-sel di dalam tubuh dan memicu datangnya berbagai penyakit berbahaya. Di dalam terong ungu terkandung antioksidan yang ampuh untuk melindungi sel-sel di dalam tubuhmu.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi terong ungu untuk membantu tubuh melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit-penyakit berbahaya.

 

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat terong ungu yang tak kalah istimewa adalah bisa mencegah dari penyakit kanker. Hal ini karena terong ungu mengandung polifenol yang memiliki efek anti kanker.

Tidak hanya itu saja, komponen di dalam terong ungu juga bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Oleh karena itu, demi mendapatkan manfaat ini, konsumsilah terong ungu secara cukup.

 

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi Mata Sehat© Freepik.com

Manfaat terong ungu yang bisa kamu andalkan adalah mampu meningkatkan fungsi otak. Tidak hanya dagingnya saja, kulit dari terong ungu memiliki kandungan nasunin yang tinggi. Kandungan inilah yang merupakan zat antioksidan untuk menjaga otak tetap sehat.

Zat ini ampuh dalam melindungi sel otak dari serangan radikal bebas dan melancarkan proses penyaluran gizi di dalam sel tubuh. Oleh karena itu, usahakanlah agar mengonsumsi terong ungu secukupnya.

 

Menyehatkan Mata

Untuk menjaga kesehatan indra penglihatan, maka manfaat terong ungu yang satu ini bisa kamu coba. Terong ungu memiliki kandungan antioksidan lutein serta zeaxanthin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, terong ungu juga bisa kamu manfaatkan untuk mencegah degenerasi makula yang berhubungan dengan usia. Di mana kondisi ini menyebabkan hilangnya penglihatan yang dialami oleh para orang tua.

4 dari 5 halaman

Menyehatkan Organ Hati

Ilustrasi Mengecek Diabetes© Pixabay.com

Untuk menjaga kesehatan organ hati, maka kamu perlu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Salah satu makanan sehat yang bisa menjadi pilihanmu adalah terong ungu. Hal ini karena terong ungu mengandung antioksidan, terutama antocyanin. Kandungan inilah yang ampuh untuk melindungi organ hati dari berbagai jenis racun.

 

Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat terong ungu berikutnya bagi kesehatan adalah bisa mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena terong ungu memiliki kandungan berupa serat yang ampuh untuk menurunkan kadar gula darah.

Tidak hanya itu saja, terong ungu juga bisa mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin. Karena seratnya yang tinggi, maka terong pun dipercaya mampu mencegah penyakit diabetes.

5 dari 5 halaman

Menyehatkan Kulit

Ilustrasi Kulit Sehat© Freepik.com

Selain menggunakan produk-produk kecantikan, kamu juga bisa mendapatkan kulit yang sehat dengan mengonsumsi terong ungu. Kamu tentu merasa tidak nyaman jika kulit terasa kering dan tampak kusam. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti terpapar polusi udara, cara merawat kulit yang salah, terlalu lelah, kurang olahraga, kurang tidur, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam, kamu bisa menggunakan terong ungu yang mengandung antioksidan untuk membuat kulitmu lebih sehat dan kenyal. Bahkan di dalam terong ungu juga terkandung air sekitar 92 persen yang akan menutrisi kulitmu dan membuatnya menjadi lebih lembap.

Itulah 9 manfaat terong ungu bagi kesehatan. Oleh karena itu, sahabat Dream bisa mulai memasukkan terong ungu sebagai menu makanan yang menyehatkan keluarga.

Beri Komentar