Kaya Serat dan Vitamin, Ini 7 Manfaat Buah Apel Hijau Bagi Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Minggu, 11 April 2021 07:02
Kaya Serat dan Vitamin, Ini 7 Manfaat Buah Apel Hijau Bagi Kesehatan
Tidak hanya menyegarkan, apel hijau kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dream – Manfaat buah apel untuk kesehatan sangatlah beragam. Buah ini mampu menghindarkanmu dari berbagai penyakit, asalkan kamu juga mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, maka kamu harus memerhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi. Misalnya saja buah-buahan dan sayur-sayuran.

Indonesia sebagai negara tropis memiliki beragam buah dan sayur yang kaya manfaat. Salah satu buah yang bisa menjadi pilihanmu adalah apel hijau.

Buah ini cukup populer di daerah Malang, bahkan memiliki perkebunan yang cukup luas. Tapi, tahukah kamu bahwa apel hijau menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan?

Tidak hanya menyegarkan, apel hijau juga berkhasiat karena adanya kandungan berupa serat dan vitamin C yang cukup tinggi dan kerap dijadikan buah pilihan untuk menurunkan berat badan.

Biasanya apel hijau ini selain dikonsumsi secara langsung, juga diolah menjadi berbagai macam produk. Misalnya seperti minuman sari apel, jus apel, dodol, kripik apel, manisan, sirup, permen, dan sebagainya.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat buah apel hijau untuk kesehatan, berikut sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Mendetoks Tubuh

Ilustrasi Menderita Penyakit Jantung© Foto. freepik

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat buah apel hijau yang pertama untuk kesehatan adalah bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena apel hijau memiliki kandungan berupa serat larut yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Tidak hanya itu saja, apel hijau juga kaya akan polifenol yang mempunyai efek antioksidan yang bisa kamu temukan pada bagian kulitnya. Polifenol tersebut salah satunya adalah flavonoid epicatechin yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah.

Mendetoks Tubuh

Manfaat buah apel hijau lainnya yakni bisa membantu dalam mendetoks tubuh. Proses detoks ini bisa terjadi karena adanya kandungan serat tinggi di dalam apel hijau. Sehingga ampuh melindungi sistem pencernaan dari racun dan zat-zat berbahaya lainnya.

Dengan begitu, kamu akan terhindar dari masalah pencernaan, seperti sembelit, kanker usus, dan penyakit berkaitan dengan pencernaan lainnya.

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Mendukung Regenerasi Sel dan Mengatasi Asma

Ilustrasi Menderita Asma© Foto. freepik

Mendukung Regenerasi Sel

Manfaat buah apel hijau juga bisa untuk meregenerasi sel. Hal ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang ada di dalam apel hijau. Sehingga bisa melindungimu dari serangan radikal bebas yang berbahaya dan proses regenerasi sel pun bisa berjalan secara baik.

Selain itu, apel hijau juga mengandung vitamin C yang bisa mencegah terjadinya kerusakan sel diakibatkan oleh radikal bebas. Jadi, bagi kamu yang rajin mengonsumsi apel hijau, hal ini bisa menjauhkanmu dari risiko kanker kulit.

Mengatasi Asma

Bagi kamu yang memiliki penyakit asma, maka apel hijau bisa menjadi salah satu buah yang bisa kamu andalkan untuk mengatasinya. Adanya kandungan antioksidan di dalam apel hijau mampu untuk memberikan perlindungan pada paru-paru daru terjadinya kerusakan oksidatif.

Selain itu, kulit apel juga mengandung flavonoid quercetin yang bisa meningkatkan imunitas tubuh serta meredakan peradangan. Dari keduanya inilah yang efektif untuk mengurangi asma dan reaksi alergi.

 

3 dari 4 halaman

Mengendalikan Berat Badan dan Menguatkan Tulang dan Gigi

Ilustrasi Tulang yang Kuat© Foto. freepik

Mengendalikan Berat Badan

Manfaat buah apel hijau berikutnya adalah mampu mengendalikan berat badan. Ini cocok sekali untuk kamu yang sedang berusaha mendapatkan tubuh ideal. Apel hijau mengandung serat yang sangat tinggi dan ampuh dalam mengontrol pola makan.

Keberadaan serat bisa membuatmu kenyang dalam waktu yang lama. Sehingga hal ini bisa menahan kamu agar tidak sering-sering mengonsumsi makanan. Selain itu, dengan adanya serat juga akan membantu mengeluarkan makanan dalam bentuk feses.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Bagi kamu yang ingin memiliki tulang dan gigi yang kuat, maka solusinya adalah dengan mengonsumsi buah apel hijau. Hal ini karena apel hijau memiliki kandungan berupa vitamin K yang cukup tinggi. Tidak hanya daging buahnya saja, kamu juga jangan sampai melewatkan kulitnya yang ternyata turut mengandung kalsium dalam jumlah besar.

Selain itu, jika kamu rutin mengonsumsi apel hijau ,maka bisa membuat kelenjar tiroid berfungsi secara baik. Dengan begitu mampu menghindarkanmu dari penyakit-penyakit yang berkaitan dengan tulang, seperti halnya rematik.

4 dari 4 halaman

Kulit Lebih Bersinar

Ilustrasi Kulit Bersinar© Foto. freepik

Setiap perempuan pasti mendambakan untuk memiliki kulit yang sehat dan bersinar. Kamu bisa menggunakan cara alami yang pastinya aman, yakni dengan memanfaatkan apel hijau. Hal ini karena apel hijau memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, serta vitamin C. Di mana ketiga vitamin tersebut bisa diandalkan untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kulitmu tetap sehat dan bersinar.

Selain itu, apel hijau juga mengandung mineral-mineral yang penting bagi tubuh, seperti seng, zat besi, kalium, dan tembaga yang kesemuanya mampu melancarkan oksigen di dalam kulit.

Apakah sahabat Dream tertarik dengan manfaat buah apel hijau tersebut? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mulai sekarang jangan lupa untuk mengonsumsi apel hijau secara rutin.

Beri Komentar