Kebiasaan Buruk Makan yang Sebaiknya Dihindari Saat Lebaran

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 10 Mei 2021 19:12
Kebiasaan Buruk Makan yang Sebaiknya Dihindari Saat Lebaran
Lebaran membuat kita bebas makan apapun setelah sebulan lamanya berpuasa.

Dream - Sebentar lagi puasa Ramadan berakhir dan Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Lebaran menjadi simbol kemenangan setelah menahan lapar, haus, dan nafsu selama bulan Ramadan.

Saat lebaran tiba, kita kadang lupa mengontrol keinginan diri. Salah satunya ketika mengonsumi makanan di Hari Raya.

Seringkali, lebaran menjadi ajang balas dendam karena bulan sebelumnya tak bebas makan apapun yang kita suka. Tentu itu tak bagus.

Pola makan saat lebaran tetap harus dijaga agar tak memicu kegemukan berdampak buruk bagi kesehatan. Makan makanan berlebih saat lebaran juga berpotensi memicu kenaikan gula darah dan kolesterol.

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk makan yang harus dihindari saat lebaran.

 

1 dari 2 halaman

Tidak makan sebelum sholat Idul Fitri

Karena terbiasa puasa selama sebulan, banyak muslim yang memilih tak makan saat pagi sebelum berangkat sholat Ied. Kita berangkat dengan perut kosong dan memilih menunggu sampai sholat berakhir.

Itu tentu tak baik karena sholat Ied berjemaah memerlukan waktu yang panjang. Setelah sholat, kita biasanya bersalam-salaman dahulu dengan jamaah lain sehingga waktu makan kian lama.

Apalagi Nabi Muhammad SAW menyarankan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum sholat Ied. Berikut hal yang sebaiknya dihindari ketika makan saat lebaran.

Berlebihan mengonsumsi makanan

Setelah sebulan berpuasa, banyak orang yang tak dapat mengontrol nafsu makan. Kita seolah balas dendam sehingga mengonsumsi makanan di atas kebutuhan.

Padahal ini bisa memicu kegemukan dan berpotensi meimbulkan penyakit lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol naik, hingga serangan jantung.

Ukur makananmu agar tak berlebihan. Misalnya, tiga buah kue nastar sudah setara dengan satu piring nasi.

Makan kue berlebihan tapi tak makan nasi tetap saja membuat kegemukan. Saat berkunjung, pilih makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan.

 

2 dari 2 halaman

Banyak mengonsumsi soda

Soda dicampur es tentu rasanya menyegarkan. Tetapi ada bahaya di baliknya karena mengandung gula dan kalori tinggi.

Jika dikonsumsi berlebihan, soda membuat perut tak nyaman dan berisiko meningkatkan berat badan.

Daripada soda, lebih baik kamu menggantinya dengan air kelapa muda tanpa tambahan apapun seperti gula atau susu. Es kelapa muda bersifat alkali sehingga cocok dikonsumsi saat cuaca panas dan dehidrasi.

Melanggar pantangan alergi

Banyak orang yang memiliki alergi makanan atau minuman tertentu. Hal ini sebaiknya menjadi pedoman bagi kita untuk memilih makanan yang cocok. Mengonsumsi makanan lezat tapi membuat alergi muncul tentu sebaiknya dihindari.

Jadi, upayakan tetap sehat selama Hari Raya Idul Fitri, terutama saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Beri Komentar