Keluhan yang Kerap Muncul Saat Pakai Menstrual Cup

Reporter : Mutia Nugraheni
Sabtu, 28 Mei 2022 16:00
Keluhan yang Kerap Muncul Saat Pakai Menstrual Cup
Ada yang nyaman dan cocok menggunakannya, tapi ada juga yang mengalami keluhan-keluahan berikut.

Dream - Menstrual cup saat ini banyak digunakan sebagai pengganti pembalut. Alasannya bisa dipakai berulang kali, lebih ramah lingkungan dan tak perlu diganti berkali-kali.

Ada yang sudah beralih ke menstrual cup dan tidak menggunakan pembalut sama sekali. Bagi beberapa perempuan menstrual cup ini cukup nyaman tapi ada juga yang mengalami keluhan.

Memang, penggunaannya bukan tanpa risiko. Berikut beberapa keluhan yang mungkin muncul dari penggunaan menstrual cup.

1. Iritasi pada Vagina
Pengguna menstrual cup lebih rentan mengalami iritasi. Risiko ini berkaitan dengan cara pemakaian dan perawatan alat yang kurang sesuai. Selain itu, bahaya menstrual cup berupa iritasi juga dapat timbul akibat reaksi alergi terhadap bahan dasar benda ini.

Salah satu bahan dasar menstrual cup adalah karet lateks. Meski jarang terjadi, orang yang alergi terhadap lateks dapat mengalami keluhan apabila berkontak dengan bahan tersebut.

2. Gangguan Saat Berkemih
Risiko gangguan berkemih mungkin terjadi karena menstrual cup. Keluhan ini juga meliputi benda asing lainnya yang dapat mengiritasi saluran kemih dan menyebabkan sumbatan di saluran kemih.

 

1 dari 1 halaman

3. Bocor
Menstrual cup dengan ukuran yang tidak sesuai dapat bocor. Hal serupa juga dapat terjadi apabila Anda tidak segera membersihkannya saat kapasitas tampungnya sudah penuh.

Kebocoran saat memakai menstrual cup juga dapat timbul apabila tidak dipakai dengan tepat. Tentunya haid yang bocor akan menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan mampu menurunkan kepercayaan diri.

Yuk Kenali Menstrual Cup, Aman kah?© MEN

4. Terasa Tidak Nyaman
Cara pakai menstrual cup seperti tampon, yaitu dimasukkan ke vagina. Hanya saja, menstrual cup perlu dilipat terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke organ intim. Pada pemakaian pertama, sepertiga pengguna menstrual cup melaporkan rasa tidak nyaman dan kesulitan memakainya.

Baca selengkapnya di Klikdokter.

Beri Komentar