Kenali 8 Ciri-ciri Kanker Payudara, Jangan Sampai Kecolongan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 19 September 2019 07:12
Kenali 8 Ciri-ciri Kanker Payudara, Jangan Sampai Kecolongan
Kanker payudara tidak hanya terjadi pada perempuan saja, laki-laki juga berpotensi terkena kanker ini. Kenali ciri-ciri kanker payudara untuk meningkatkan kesadaran kanker sejak dini.

Dream- Kanker payudara biasanya baru terdeteksi ketika muncul benjolan di sekitar payudara. Tidak hanya perempuan saja, laki-laki juga memiliki risiko untuk terserang jenis kanker satu ini. Oleh sebab itu, kita harus meningkatkan kesadaran terhadap kanker mulai dari diri sendiri.

Kurangnya kesadaran masyarakat tentang kanker, membuat deteksi dini kanker sangat lambat sehingga penanganannya juga terlambat. Deteksi dini kanker akan sangat membantu pasien untuk sembuh dari kanker tanpa operasi dan pengobatan berlarut-larut.

Mengenali kondisi tubuh sendiri jadi salah satu cara mendeteksi kanker sejak dini yang paling utama dan wajib dipahami oleh siapa saja. Khususnya kanker payudara, kita bisa mendeteksinya saat merasakan ada perubahan yang terjadi pada dada dan payudara kita sendiri.  

Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat, apabila mengalami gejala dan ciri-ciri kanker payudara berikut ini.

1 dari 8 halaman

Ciri Kanker Payudara, Perubahan Tekstur Kulit

Gerakan Sederhana untuk Deteksi Kanker Payudara© MEN

Ada banyak jenis kanker payudara dan umumnya gejala awalnya hampir sama, yaitu perubahan tekstur kulit di sekitar dada dan payudara. Sel kanker dapat menyebabkan peradangan dan perubahan pada sel-sel kulit, seperti kulit bersisik, kulit kering atau kulit menebal di sekitar payudara.

Ciri-ciri kanker payudara tersebut harus diwaspadai. Tak hanya perubahan tekstur kulit saja, biasanya ciri tersebut juga dibarengi dengan rasa gatal yang tidak umum. Perubahan tekstur kulit ini juga termasuk akibat dari kondisi kulit akibat penyakit dermatitis dan eksim.

Apabila mengalami ciri-ciri kanker ini, segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi ciri ini termasuk dalam jenis kanker payudara langka yang biasa disebut penyakit Paget. Jangan abai dengan kondisi tubuh sendiri ya, Sahabat Dream. Ingat untuk tingkatkan kesadaran terhadap tubuh sendiri.

2 dari 8 halaman

Ciri Kanker Payudara, Muncul Cairan

Ciri kanker payudara selanjutnya ialah perubahan di area payudara khususnya di bagian puting. Kemunculan cairan dari puting, mungkin wajar bagi perempuan yang hamil atau menyusui. Tapi akan sangat aneh apabila cairan muncul saat tidak sedang hamil atau menyusui.

Ilustrasi© Shutterstock

Kondisi tersebut harus diwaspadai, khususnya pada perempuan. Cairan yang keluar dari puting biasanya bervariasi, dari bening, putih seperti susu, kuning, hingga merah seperti darah. Cairan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi, efek samping obat, hingga gejala tiroid.

Untuk mendapatkan diagnosa yang tepat, ketika mengalami kondisi tersebut, segera lakukan pemeriksaan ke dokter dan jelaskan pada dokter kondisi kita sebenarnya. Ingat pula apa yang kita konsumsi dan yang kita alami beberapa waktu terakhir.

3 dari 8 halaman

Ciri Kanker Payudara, Muncul Kerutan atau Lesung

Ilustrasi© Shutterstock

Salah satu jenis kanker payudara yang berbahaya biasanya diikuti ciri-ciri kemunculan kerutan atau lesung di area sekitar dada dan payudara. Kerutan atau lesung tersebut umumnya terjadi karena sel kanker menumpuk cairan getah bening di area payudara.

Penumpukan cairan tersebut menyebabkan payudara membengkak dan muncul lubang berupa kerutan atau lesung. Apabila mendapati lesung di sekitar payudara, segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah penyebaran sel kanker.


Perubahan area payudara berupa lesung atau kerutan ini biasa disebut dengan peau d’orange, karena bentuk dan teksturnya menyerupai kulit jeruk.

4 dari 8 halaman

Ciri Kanker Payudara, Perubahan pada Kelenjar Getah Bening

Ilustrasi© Pixabay

Kelenjar getah bening merupakan sekumpulan jaringan yang menyaring cairan dan sel-sel berbahaya, seperti bakteri, virus dan sel kanker. Ketika seseorang memiliki sel kanker, sel tersebut akan disaring oleh kelenjar getah bening yang terletak di ketiak dan selangkangan.

Ketika sudah disaring, sel kanker akan terjebak di kelenjar getah bening dan menyebabkan pembengkakan. Ketiak yang membengkak karena kondisi tersebut, biasanya berada di sisi yang sama dengan asal sel kanker tersebut.

Umumnya benjolan berbentuk kecil dan keras, terkadang bisa berbentuk seperti benjolan bengkak yang besar dan lunak saat disentuh. Ketika mengalami ini, segera pemeriksaan supaya sel kanker bisa diatasi penyebarannya.

5 dari 8 halaman

Ciri Kanker Payudara, Muncul Rasa Sakit di Payudara

Rasa nyeri dan sakit di bagian payudara biasa dianggap oleh perempuan sebagai penanda semakin dekatnya waktu mestruasi. Rasa nyeri tersebut juga biasa dialami oleh ibu yang sedang hamil atau menyusui, hal ini dikarenakan kelenjar susu.

Cegah Kanker Payudara Sebelum Terlambat© MEN

Namun, kita juga tak boleh abai, ketika mengalami nyeri dan sakit di sekitar payudara. Jangan termakan spekulasi mendekati menstruasi saja, karena bisa jadi rasa nyeri tersebut jadi ciri awal kanker payudara. Maka dari itu penting bagi setiap orang untuk mengenali kondisi dan perubahan yang terjadi pada tubuhnya.

Walau terkadang, kanker payudara tidak selalu menunjukkan gejala nyeri dan sakit di payudara, kita tetap harus waspada. Apabila rasa nyeri yang muncul berbeda dari biasanya atau lebih sakit, segera periksakan diri ke dokter dan jangan ditunda.

6 dari 8 halaman

Ciri Kanker Payudara, Inversi Puting

Inversi atau pembalikan yang terjadi pada puting biasanya dikaitkan dengan ovulasi pada perempuan. Namun, apabila seorang laki-laki mengalami inversi ini, bisa jadi itu ciri-ciri kanker payudara. Seorang perempuan juga harus tetap waspada apabila mengalami hal ini.

Ilustrasi© Pixabay

Pembalikan puting merupakan kondisi di mana puting berada dalam posisi masuk ke dalam dan tidak menonjol seperti biasanya. Perubahan ini bisa dilihat secara langsung, dan biasanya diikuti dengan perubahan ukuran puting.


Masalahnya, hal ini cukup wajar bagi perempuan karena termasuk dalam gejala siklus menstruasi. Apabila inversi terjadi di waktu yang tidak biasanya, hal tersebut bisa dicurigai. Setelah itu, jika inversi berlangsung terus menerus, segera periksakan diri ke dokter.

7 dari 8 halaman

Ciri Kanker Payudara, Perubahan Warna Kulit

Ciri-ciri kanker payudara selanjutnya berupa perubahan warna kulit sekitar dada menjadi kemerahan dan memar kebiruan. Gejala ini merupakan gejala awal kanker payudara. Perubahan ini biasanya terjadi tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

Ilustrasi© Shutterstock

Munculnya warna kemerahan atau kebiruan di payudara umumnya juga akan diikuti dengan rasa gatal dan pembengkakan. Hal ini sangat wajar apabila sel kanker sudah mulai menyerang.

Berbeda dengan perubahan warna yang disebabkan trauma akibat pukulan. Perubahan warna ini sulit hilang dalam jangka waktu cukup lama. Apabila mengalami kondisi ini, segera periksakan diri ke dokter dan lakukan penanganan yang tepat.

8 dari 8 halaman

Ciri Kanker Payudara, Muncul Benjolan atau Pembengkakan

Ukuran payudara kiri dan kanan memang tak sama, tapi apabila perbedaannya sangat signifikan bisa jadi itu karena pembengkakan di salah satu sisi payudara. Pembengkakan yang tidak wajar bisa termasuk dalam ciri-ciri kanker payudara.

Ilustrasi© Pixabay

Umumnya, setelah pembengkakan di payudara dalam waktu yang lama, akan muncul benjolan di sekitar area pembengkakan. Bila sudah masuk dalam tahap ini, sel kanker sudah menyerang. Segera lakukan pemeriksaan dan minta penanganan yang tepat.

Tak hanya itu, pembengkakan ini juga diiringi dengan rasa gatal, rasa tidak nyaman, dan perubahan kulit sekitar payudara yang sangat signifikan. (mut)

Sumber: Medical News Today

Beri Komentar