Kenali BME, Cara Jaga Mood Menurut Psikolog

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 27 Oktober 2021 08:35
Kenali BME, Cara Jaga Mood Menurut Psikolog
Siapa di sini yang suka moody?

Dream – Mood atau suasana hati sangat mudah berubah, khususnya pada perempuan. Keadaan emosional sementara ini terjadi akibat beberapa hal, baik dari internal seperti hormon atau eksternal seperti lingkungan sekitar.

Chitra Annisya, seorang psikolog, mengatakan, penting bagi seorang perempuan untuk memiliki support system yang memadai. Support system bisa datang dari orang-orang terdekat, seperti suami, ibu, ayah, kakak, atau teman, untuk membantu menjaga suasana hati seseorang.

Menurutnya, banyak hal yang tidak bisa kita kendalikan namun berdampak bagi mood seseorang, misalnya cuaca.

“ Hujan aja bisa bikin kita lebih sendu, malas berkegiatan. Tapi kan itu tidak bisa kita kendalikan. Jadi kita fokus pada hal-hal yang bisa kita kendalikan,” kata Chitradalam konferensi pers virtual Daia #AsliHebatnya, Selasa 26 Oktober 2021.

Ia pun membagikan cara menjaga mood yang disebut dengan BME (Body, Mind, and Evironment).

1 dari 4 halaman

Body (tubuh)

Ilustrasi© shutterstock

Chitra menjelaskan, perlu untuk menjaga kebutuhan tubuh dengan baik. Kebutuhan ini seperti asupan gizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga hingga tubuh berada dalam kondisi prima.

“ Itu akan membantu kita memiliki mood yang baik,” katanya.

2 dari 4 halaman

Mind (pikiran)

Ada banyak cara untuk menjaga pikiran salah satunya dengan menerapkan me-time.

Ilustrasi© shutterstock

Istilah ini mengacu pada waktu yang diluangkan untuk diri sendiri dan mengisi waktu tersebut dengan kegiatan yang disukai seperti mandi dengan wewangian, pergi ke salon, atau bahkan cuma nonton series.

Selain itu, penting juga untuk memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri.

“ Lebih sering bersyukur dan berkata baik pada diri sendiri. Terkadang kita terlalu mengkritik diri sendiri dengan keras,” jelas Chitra.

3 dari 4 halaman

Environment (lingkungan)

Untuk menjaga suasana hati, jaga lingkungan untuk tetap bersih, rapi, dan wangi. Selain itu, aspek ini juga mencakup pada kebersihan pakaian hingga sprei yang melekat dalam kehidupan sehari-hari.

“ Hal-hal kecil seperti ini berdampak langsung pada emosi dan mood yang kita jalani,” ujar Chitra.

Ilustrasi© shutterstock

Ia menjelaskan, setiap individu memiliki kecenderungan masing-masing dalam menjaga mood. Ada yang secara visual, penciuman, atau pendengaran.

anyak perempuan senang dengan aroma yang wangi pada ruangan atau pakaiannya. Hal ini mampu membangkitkan mood seseorang sehingga lebih rileks dan positif.

4 dari 4 halaman

Aroma sangat memengaruhi mood

“ Bayangkan kalau pakaian atau lingkungan di sekitar kita baunya tidak enak, itu akan membuyarkan konsentrasi. Akhirnya mood jadi tidak bagus dan otomatis perilaku kita akan terlihat berbeda. Jadi aroma sangat berpengaruh terhadap mood,” jelas Chitra.

Oleh sebab itu, tiga aspek ini perlu dikelola agar dalam keseharian mood bisa stabil.

“ Stabil tuh nggak bisa positif atau bahagia setiap saat ya. Tapi paling enggak, kalau pun lagi drop atau sedih jadi gak terlalu lama. Cuma butuh satu hari kemudian bisa bangkit lagi,” tutupnya.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar