Kenali Gagal Jantung, Penyebab Anak Menteri Susi Meninggal

Reporter : Kusmiyati
Senin, 18 Januari 2016 15:41
Kenali Gagal Jantung, Penyebab Anak Menteri Susi Meninggal
Penyakit gagal jantung bisa menyerang dengan sangat tiba-tiba tanpa memperlihatkan tanda-tanda.

Dream - Panji Hilmansyah, putra sulung Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diketahui meninggal dunia karena gagal jantung di Florida, Amerika Serikat. Kabar itu diterima pihak keluarga pada Senin, 18 Januari 2016 pukul 02.00 WIB.

Penyebab pasti meninggalnya pria yang akrab disapa Hilman ini pun hingga kini masih belum diketahui. Penyakit gagal jantung menjadi diduga penyebab utama pria berusia 31 tahun itu wafat.

Penyakit ini bisa menyerang dengan sangat tiba-tiba tanpa memperlihatkan tanda-tanda. Banyak ahli mengatakan, penyebab penyakit ini yakni kurangnya cairan tubuh secara mendadak atau hilangnya jumlah darah.

Gagal jantung dikenal dengan nama cardiac arrest yakni gangguan kontraksi otot ruang jantung bagian bawah (ventrikel), yang berdetak secara ekstrem dari 400 hingga 600 kali per menit. Atau 4 sampai 6 kali lebih cepat dari biasanya.

Kasus ini terjadi karena adanya penyumbatan di daerah jantung, sehingga bilik jantung berdenyut terlalu cepat dan tidak teratur, dan terpaksa berhenti.

Saat terserang cardiac arrest terjadi kekacauan arus listrik ke jantung. Akibatnya dinding bilik jantung hanya dapat bergetar tanpa mampu memompa darah.

Studi mengatakan, sekitar 30 hingga 50 persen pasien gagal jantung tidak pernah mengalami gangguan jantung sebelumnya.

Untuk meminimalisir risiko gagal jantung sebaiknya mulailah untuk mengontrol dan menjaga gula darah agar tetap stabil. Dan jangan lupa mengonsumsi zat magnesium yang ada di sayuran hijau, seperti kedelai dan bayam. Tak hanya itu, disarankan juga untuk rajin berolahraga. (Ism) 

Beri Komentar