Kenali Pentingnya Mengatur Jarak Kehamilan, Sudah Tahu?

Reporter : Glugut Hari Pamungkas
Selasa, 1 Agustus 2017 11:15
Kenali Pentingnya Mengatur Jarak Kehamilan, Sudah Tahu?
Mengatur jarak kehamilan ternyata perlu diperhatikan oleh setiap pasangan karena beberapa alasan penting ini. Apa saja?

Dream - Anak adalah anugerah dalam kehidupan rumah tangga. Kehadiran mereka tentu saja bisa memberikan keceriaan tersendiri dalam hidup para orang tua. Namun, memiliki anak tetap diperlukan perencanaan, lho. Mengatur jarak kehamilan ternyata perlu diperhatikan oleh setiap pasangan karena beberapa alasan penting ini. Apa saja?

Kehamilan yang Terlalu Dekat Berisiko Kesehatan Perempuan

Kehamilan memang anugerah, tapi sebaiknya tetap direncanakan karena menyangkut kesehatan perempuan. Tubuh membutuhkan waktu minimal  2 tahun untuk dapat mempersiapkan lagi kehamilan yang baik.Jarak kehamilan yang terlalu dekat berisiko mempengaruhi kesehatan organ reproduksi perempuan dan kondisi dari janin nantinya.

Bisa Lebih Mencurahkan Perhatian dan Kasih Sayang Pada Buah Hati

Dengan mengatur jarak kehamilan, kamu bisa lebih fokus mengurus si kecil tercinta yang sudah ada. Terlebih buah hati memerlukan perhatian lebih saat mengalami masa tumbuh kembang. Jika si kecil mendapatkan perhatian dan cinta kasih orang tuanya secara maksimal, hal ini bisa memberikan hasil tumbuh kembang yang optimal juga.

Kesempatan untuk Menyiapkan Finansial

Nggak bisa dipungkiri juga, melahirkan dan membesarkan anak memerlukan biaya yang cukup banyak, terlebih di era modern seperti sekarang ini. Selama masa kehamilan misalnya, kamu wajib melakukan kontrol kandungan secara rutin, biaya persalinan yang nggak sedikit, hingga nanti dana kesehatan yang diperlukan setelah buah hati lahir. Biaya pendidikan pun perlu disiapkan sedini mungkin. Lewat mengatur jarak kehamilan, kamu dan pasangan bisa memiliki waktu untuk menabung dan menyiapkan finansial yang lebih matang untuk kehadiran anak selanjutnya.

Menjaga Hubungan yang Harmonis dengan Pasangan

Kesibukan bekerja dan mengurus anak nggak jarang menyebabkan hubunganmu dan pasangan jadi renggang. Padahal, hubungan suami istri perlu tetap dijaga agar selalu harmonis demi kebahagiaan pernikahan. Nah, dengan memberi jarak kehamilan yang ideal, kamu bisa punya kesempatan nggak hanya mengurus anak dengan lebih maksimal saja, tapi juga menjaga hubungan dengan pasangan yang tetap harmonis. Dengan begitu, kebahagiaan keluarga pun bisa tercapai dengan baik.

Mengatur jarak kehamilan itu penting demi keharmonisan dengan rumah tangga. Diskusikan masalah perencanaan keluarga ini bersama pasangan, kapan ingin punya anak lagi, berapa jumlah anak yang diinginkan, hingga hal lain yang terkait dengan perencanaan ini.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatur jarak kehamilan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi. Bicarakan bersama pasangan tentang pilihan alat kontrasepsi yang tepat dan nyaman digunakan demi kesuksesan perencanaan kehamilan yang kalian buat bersama. Sekarang ada berbagai pilihan alat kontrasepsi yang bisa menjadi rekomendasi, mulai dari suntik, pil, IUD, hingga implan. Pilih yang sesuai kebutuhan ya!

Yuk, mulai lakukan perencanaan keluarga yang tepat demi keharmonisan rumah tangga, Sahabat Dream!

Beri Komentar