Kenali Penyebab Diabetes Militus, Salah Satu Penyakit Keturunan

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 13 Agustus 2019 15:36
Kenali Penyebab Diabetes Militus, Salah Satu Penyakit Keturunan
Salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat luas. Yuk kenali penyebabnya berikut ni.

Dream – Salah satu jenis penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat luas terutama Indonesia adalah diabetes militus. Kehidupan yang semakin modern membuat sebagian besar orang mulai meninggalkan pola gaya hidup sehat.

Tahukah kalian? Pola hidup yang tidak sehat itu merupakan faktor utama seseorang terkena diabetes militus.

Diabetes militus atau penyaki gula ini merupakan suatu penyakit yang muncul karena kadar gula di dalam tubuh seseorang melampaui batas toleransi.

Memang, glukosa juga sangat penting bagi tubuh dan tidak boleh untuk dilewatkan. Pasalnya, glukosa inilah yang mampu untuk membentuk otot, jaringan serta menjadi bahan utama agar otak dapat bekerja.

Meskipun demikian, dalam mengonsumsi gula atua glukosa terdapat ambang batas maksimalnya. Jika sudah melewati ambang batas itu, seseorang bisa menderita diabetes militus.

Pada awal penykit ini menyerang, akan sangat sulit untuk mendeteksinya sebab belum ada gejala yang signifikan dirasakan. Namun, jika kalian telah merasakan beberapa gejala seperti sering buang air kecil, sering merasa lapar serta sering kehausan segeralah untuk periksa ke dokter.

Diabetes militus sendiri terbagi menjadi 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Tidak hanya itu saja, terdapat 2 jenis diabetes laninnya yaitu prediabetes dan diabetes gestasional.

Untuk menghindari menderita penyakit ini, kenali penyebabnya sejak mulai dari sekarang. Berikut informasi lengkapnya untuk Sahabat Dream, yuk simak informasinya:

1 dari 5 halaman

Penyebab Diabetes Militus: Diabetes Tipe 1

 Kenali Penyebab Diabetes Militus, Salah Satu Penyakit Keturunan

Sebenarnya, diabetes tipe 1 belum diketahui secara pasti penyebab utama penyakit ini menyerang seseorang.

Meskipun demikian, terdapat beberapa penyebab yang bisa menjadi pemicu munculnya diabetes tipe 1 pada diri kalian. Berikut penyebab diabetes tipe 1:

•    Faktor Makanan
Sebagian besar orang percaya bahwa jika sebelum si kecil menginjak usia 4 bulan tidak mendapatkan asupan vitamin D maka bisa menyebabkan si kecil akan terindikasi menderita diabetes tipe 1.

Tidak hanya itu saja, anak yang dari kecil diberikan susu formula serta sereal maka mereka juga terindikasi akan menderita diabetes tipe 1 dikemudian hari. Namun, faktor tersebut masih belum bisa dibenarkan oleh para dokter dan ahli.

Meskipun begitu, gaya pola makan pada seseorang juga merupakan salah satu faktor penting dalam penyebab diabetes militus.

Mengonsumsi makanan yag tidak sehat dan banyak mengandung gula bisa mengakibatkan seseorang akan mengalami penyakit diabetes tipe 1.


2 dari 5 halaman

Autoantibodi dan Riwayat Keluarga

•    Adanya Autoantibodi

Autoantibodi merupakan suatu sel yang kehadirannya dapat merusak sisitem kekebalan tubuh seseorang.

Bahkan, para penderita diabetes tipe 1 akan dites terlebih dahulu apakah dirinya memiliki autoantibodi ini. Jika seseorang tersebut memilikinya, maka resiko terkena diabetes tipe 1 akan semakin parah.

Meskipun demikian, tidak semua orang yang memang memiliki autoantibodi akan menderita diabetes militus.

•    Riwayat Keluarga

Sudah menjadi rahasia umum, diabetes militus merupakan salah satu penyakit yang dapat menurun ke generasi berikutnya. Risiko seseorang menderita diabetes aka jauh lebih tinggi jika terdapat anggota keluarga dekatnya yang telah menderita penyakit diabetes militus.

Hal ini tidak hanya untuk diabetes tipe 1 saja, melainkan hampir semua jenis diabetes juga akan memberikan efek ini.

3 dari 5 halaman

Penyebab Diabetes Militus: Diabetes Tipe 2 dan Prediabetes

 Kenali Penyebab Diabetes Militus, Salah Satu Penyakit Keturunan

Terdapat beberap faktor yang akan memicu seseorang terkena penyakit diabetes militus. Penyebab ini bisa dirasakan bagi kalian yang terindikasi menderita diabetes tipe 2 dan prediabetes. Berikut penyebabnya.

•    Malas Bergerak

Kecanggihan teknologi saat ini, tidak jarang membuat seseorang akan malas beranjak untuk beraktivitas atau hanya sekedar bergerak. Namun tahukah kalian?

Dengan melakukan kebiasaan malas bergerak ini, akan membuat diri kalian mendapatkan resiko terkena diabetes jauh lebih besar.

Pasalnya dengan bergerak, tubuh kalian akan terbantu untuk mengontrol berat badan serta mengoptimalkan penggunaan glukosa untuk dijadikan sebuah energi baru.

4 dari 5 halaman

Usia, Kolesterol, dan Trigliserida Abnormal

•    Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, resiko terkena penyakit diabetes militus juga akn semakin bertambah. Mengapa demikian? Pada umumnya, dengan usia yang terus bertambah seseorang akan cenderung untuk malas melakukan suatu aktivitas.

Tidak hanya itu saja, seseorang tersebut juga nantinya akan mengalami kehilangan masa otot serta tidak jarang akan mengalami kenaikan berat badannya.

Tahukah kalian? Diabetes tipe 2 ini bisa dengan cepat meningkat pada semua kalangan baik anak-anak. Remaja hingga orang dewasa.

•    Adanya Kolesterol dan Trigliserida Abnormal

Memiliki kadar kolesterol baik (HDL) yang rendah mampu untuk membuat seseorang terindikasi menderita penyakit diabetes tipe 2.

Tidak hanya iut saja, jika kalian memiliki kadar trigliserida yang cukup tinggi juga mampu untuk menimbulkan adanya penyakit diabetes tipe 2 pada diri kalian.

Trigliserida sendiri yaitu salah satu jenis lemak lain yang dibawa ke dalam darah seseorang.

5 dari 5 halaman

Penyebab Diabetes Militus: Diabetes Gestasional

 Kenali Penyebab Diabetes Militus, Salah Satu Penyakit Keturunan

Diabetes gestasional biasnaya akan menyerang pada wanita hamil. meskipun demikian, tidak semua wanita hamil akan menderita diabetes gestasional. Berikut penyebab diabetes gestasional yang harus dihindari oleh para wanita hamil.


•    Usia

Wanita yang tengah mengandung diusia di atas 25 tahun akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita diabetes gestasional.

•    Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebihan pada saat sebelum mengandung akan memberikan resiko yang lebih tinggi untuk menderita diabetes gestasional.

•    Keluarga

Harap berhati-hati jika kalian memiliki anggota keluarga dekat yang telah menderita diabetes tipe 2 ataupun prediabetes. Hal tersebut dapat membuat kalian mendapatkan resiko yang tinggi dalam terkena diabetes militus.

Tidak hanya itu sjaa, jika pada kehamilan sebelumnya kalian melahirkan bayi yang cukup besar hingga pernah mengalami keguguran, maka kalian akan memiliki resiko terkena diabetes gestasional yang tinggi pula. 

(ism, Sumber: honestdocs)

Beri Komentar
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark