Ketahui Dampak Baik dan Buruk Konsumsi Jus Jeruk Secara Rutin

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 26 Januari 2021 13:12
Ketahui Dampak Baik dan Buruk Konsumsi Jus Jeruk Secara Rutin
Cari tahu juga jumlah konsumsi ideal hariannya.

Dream - Mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk jus merupakan salah satu cara untuk menerapkan gaya hidup sehat. Minum jus jeruk setiap pagi akan membuatmu lebih berenergi dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Jus jeruk diklaim mengandung vitamin C, potasium, thiamine, asam folat, polifenol serta berbagai nutrisi lainnya.

Namun di samping itu, jus jeruk juga seringkali kaya akan gula. Sehingga, mengonsumsinya dalam jumlah banyak atau secara rutin bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Agar tidak salah kaprah, berikut manfaat konsumsi jus jeruk untuk kesehatan tubuh yang dilansir Eat This.

1 dari 2 halaman

Kenaikan berat badan

Mengalami Kenaikan Berat Badan© Shutterstock.com

Jika kamu mengonsumsi jus jeruk yang terjual di pasaran, kemungkinan besar hal tersebut bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang ada di dalamnya.

Pada dasarnya, jeruk sudah mengandung gula. Jika ditambahkan lagi oleh penjualnya, kadar gula darahmu bisa naik.

Tidak hanya itu, lemak tubuh juga bisa bertambah. Jika ingin mengonsumsi jus jeruk, lebih baik untuk membuatnya sendiri agar lebih sehat.

Memenuhi konsumsi buah harian

Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, minum jus jeruk dapat memenuhi konsumsi buah harianmu. Biasanya, buah disarankan untuk dikonsumsi 1-2 cangkir per hari.

Sementara secangkir jus jeruk setara dengan satu buah. Sehingga, kamu masih bisa mengonsumsi jenis buah lainnya untuk memperkaya asupan nutrisi harian.

2 dari 2 halaman

Menjaga kesehatan otak

Jus jeruk sangat kaya akan antioksidan dan kandungan bioaktif seperti vitamin, mineral serta polifenol. Hal tersebut menyebabkan konsumsi jus jeruk secara rutin dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan penelitian pada American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi 2 gelas jus jeruk setiap hari selama sebulan dapat menurunkan tekanan darah pada pria yang kelebihan berat badan.

Hal tersebut diklaim terjadi akibat kandungan polifenol pada jus jeruk yang bersifat anti inflamasi dan anti aterogenik.

Beri Komentar