Ketahui Jumlah Kalori Harian Ideal, Agar Diet Lebih Efektif

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 30 Agustus 2019 16:36
Ketahui Jumlah Kalori Harian Ideal, Agar Diet Lebih Efektif
Jangan biarkan diet sia-sia.

Dream - Untuk mendapatkan berat badan ideal, tidak cukup hanya berolahraga. Sahabat Dream juga harus memperhatikan asupan makanan dan minuman sehari-hari.

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat juga belum bisa menjamin berat badanmu berkurang. Sahabat Dream juga harus mengukur kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Tips Membuat Kue Sehat Rendah Kalori© MEN



Menurut Dokter Spesialis Gizi Diana Suganda, jumlah kalori ideal bagi usia 19-29 tahun adalah sejumlah 2200 untuk perempuan dan 2700 untuk laki-laki.

" Menurut hasil survei Angka Kecukupan Gizi tahun 2013 dari seluruh Indonesia, energi laki-laki idealnya 2700 kalori, sedangkan perempuan 2200 kalori totalnya," jelas Diana di Goods Diner, Jakarta Pusat, kemarin. 

1 dari 5 halaman

Makro dan Mikronutrient

Selagi mengontrol jumlah kalori, Sahabat Dream juga perlu mencukupi makro maupun mikronutriennya.

Kamu tidak bisa menghindari makronutrien seperti karbohidrat, protein maupun lemak karena hal tersebut punya peranan penting dalam beraktivitas.

" Tubuh kita selalu membutuhkan energi. Tidur saja memerlukan energi. Jadi kalau lebih banyak berpikir, kita harus mengonsumsi karbohidrat lebih banyak juga. Kalau aktivitas fisiknya banyak, berarti butuh protein lebih banyak," tuturnya.

Kalori© Foto: Shutterstock

2 dari 5 halaman

Ganti Makanan Lain

Daripada mengurangi kebutuhan makronutrien, Diana menyarankan untuk menggantinya dengan bahan makanan lain.

" Kalau nggak suka nasi, bisa diganti kentang, roti, buah atau mie. Kalau nggak suka susu sapi, bisa diganti susu soya" .

Agar lebih mudah, Sahabat Dream bisa membagi jumlah kalori setiap waktu makan.

" Sekali makan siang bisa 500 kalori. Kalau pagi paling 300 kalori, sekitar 25 persen total kalori harian. Lalu, snack pagi 10 persen kalori harian. Snack sore 250 kalori dan malam 500 kalori. Jangan sekaligus makannya, nanti begah dan nggak sehat," tutupnya.

3 dari 5 halaman

4 Makanan Sehat Tinggi Protein, Cocok Jadi Menu Diet

Dream- Kandungan protein dalam makanan yang kita konsumsi sangat penting dalam pembentukan kekuatan organ tubuh, otot, kulit, dan hormon yang ada di dalam tubuh.

Oleh sebab itu makanan dengan kandungan protein yang tinggi ini sangat cocok untuk jadi menu makanan sehat sehari-hari.

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh saja, protein juga mampu membantu tubuh kita untuk menurunkan berat badan, mengurangi lemak dalam perut, meningkatkan massa otot dan kekuatan otot.

Makanan sehat tinggi protein sangat cocok untuk kalian yang sedang berdiet dan membentuk tubuh.

Dalam rekomendasi nutrisi harian, tubuh memerlukan kurang lebih 46 gram protein untuk wanita dan 56 gram untuk pria, setiap harinya. Rekomendasi ini berdasarkan kebutuhan tubuh manusia yang sudah dirata-rata.

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian tersebut, kita bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti 4 makanan di bawah ini:

4 dari 5 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Dada Ayam

Makanan Sehat© Pixabay

Makanan yang berasal dari daging hewan ini sudah sangat terkenal di kalangan orang yang rutin berdiet. Dada ayam selalu menjadi pilihan bagi artis Korea yang sedang berdiet.

Selain rasanya yang enak, dada ayam mengandung protein yang tinggi, dengan syarat kita memakannya tanpa kulit.

Dalam daging bagian dada ayam ini terdiri dari 80% protein kalori, dan apabila dada ayam direbus tanpa kulit mengandung 53 gram protein dengan 284 kalori.

Kandungan ini sangat baik untuk menu diet harian, karena dengan sekali makan dada ayam, seorang pria dapat memenuhi kebutuhan protein harian mereka.

Tuna

Di antara jenis ikan, tuna menjadi salah satu ikan yang terkenal mengandung banyak nutrisi baik untuk pertumbuhan manusia, salah satunya protein.

Tidak hanya kaya protein saja, daging ikan tuna juga mengandung banyak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Makanan Sehat© Pixabay


Dalam daging tuna kita bisa mendapatkan 94% kebutuhan protein harian. Dan dalam satu cup daging ikan tuna, mengandung 39 gram protein dengan 179 kalori.

Mengonsumsi ikan tuna secara rutin dijamin dapat memenuhi kebutuhan protein harian dan cocok jadi menu diet yang menyehatkan.

5 dari 5 halaman

Makanan Sehat Tinggi Protein, Brokoli

Sayuran berbentuk unik ini ternyata juga mengandung protein yang tinggi. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C, K, serat dan potassium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan mengonsumsi brokoli secara rutin, tidak hanya berat badan saja yang turun, tapi juga risiko kanker.

 

Makanan Sehat© Pixabay


Dalam sekali konsumsi brokoli, kita dapat memenuhi 20% kebutuhan protein harian, dan dalam brokoli yang sudah terpotong dan dimasak, terdapat 3 gram protein dengan 31 kalori.

Kandungan kalorinya yang rendah ini membuat brokoli sangat cocok untuk menu diet yang sehat dan lezat.

Biji Labu

Buah labu mungkin sudah biasa dikonsumsi, begitu pula dengan bijinya. Buah labu dan biji labu sama-sama mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam biji labu, kita bisa menjumpai nutrisi penting seperti zat besi, magnesium, dan zinc yang penting untuk menambah massa otot.

Makanan Sehat© Pixabay


Dalam sekali mengonsumsi biji labu, kita dapat memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 14%, dan dalam 1 ons biji labu, terdapat 5 gram protein dengan 125 kalori. Porsi nutrisi ini sangat cocok untuk jadi penambah kebutuhan protein harian.

Beri Komentar