Ketahui Jumlah Produk Olahan Susu yang Dianjurkan Setiap Hari

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 10 Juli 2020 16:33
Ketahui Jumlah Produk Olahan Susu yang Dianjurkan Setiap Hari
Sesuaikan takaran agar mendapat manfaat yang optimal.

Dream - Produk olahan susu atau dairy products seringkali menjadi idaman setiap orang. Rasanya yang lezat, lembut dan gurihlah yang membuatnya begitu disukai. 

Selain lezat, dairy products mengandung vitamin B kompleks yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh serta kesehatan kulit.

Sehingga dalam jumlah yang terkontrol, kulit, rambut serta kukumu akan lebih bercahaya. 

Namun, dairy products mengandung banyak kalori dalam setiap gigitannya. Hanya beberapa produk saja yang rendah kalori.

Dairy products rendah kalori pun tidak senikmat yang berkalori tinggi. Agar tetap terkontrol, kamu perlu mengetahui asupan maksimal dairy products harian. 

“ Dalam sehari, kita butuh asupan mineral yang terkandung dalam dairy products sebanyak 40 gram. Setara dengan sepotong kecil keju atau 2 slice Cheddar atau maksimal 2 gelas susu,” ungkap Winda Ekayanti, Nutritionist dalam peluncuran skincare Commonlabs, Kamis 9 Juli 2020.

Jika ingn mengonsumsi lebih banyak, kamu bisa memilih keju atau dairy products rendah kalori. 

Namun, anak kecil bisa mengonsumsi lebih banyak dairy products karena masih masa pertumbuhan dan membutuhkan banyak nutrisi.

1 dari 5 halaman

Tip Menyimpan Susu Agar Tahan Lebih Lama

Dream - Susu yang telah dibuka kemasannya sangat mudah bari. Menyimpan susu, yang telah terbuka kemasannya, di kulkas terkadang juga tidak menjadi solusi.

Jika membeli susu yang berukuran satu liter, sebaiknya cepat dihabiskan. Karena susu hanya bertahan empat hingga tujuh hari setelah kemasannya dibuka.

Tapi, Sahabat Dream tidak perlu khawatir. Ada trik sederhana untuk membuat susu tahan lebih lama, yaitu dengan cara membekukannya.

  ilustrasi susu© Shutterstock

Bisakah susu dibekukan?

Ya, susu dapat bertahan selama beberapa bulan di dalam freezer, tetapi untuk kualitas terbaik, sebaiknya digunakan dalam bulan pertama.

Susu akan mulai terpisah dan berubah menjadi kasar, karena pembekuan mengubah tekstur susu.

2 dari 5 halaman

Tips membekukan susu

  1. Tinggalkan 1 hingga 2 inci ruang di dalam wadah sebelum dibekukan, karena susu akan mengembang ketika dibekukan.
  2. Simpan susu dalam wadah kedap udara, susu sangat rentan untuk terkena bau dari makanan di dalam freezer. Ini bisa mengubah rasa susu setelah dicairkan.
  3. Susu krim lebih ramah freezer daripada susu full-fat. Susu dengan kadar lemak lebih tinggi akan lebih mudah mencair saat dicairkan.

  ilustrasi susu © Shutterstock

" Untuk menyimpannya, saya menuangkan ke nampan es batu yang bersih dan membekukannya. Saat dibekukan, saya memasukkan kubus kedalam kantong atau wadah plastik. Ketika sebuah resep memerlukan susu, saya mengeluarkan jumlah kubus yang dibutuhkan," kata Ruth M. dari Tunnel Hill, Georgia.

Dua kubus dalam baki es batu rata-rata akan sama dengan 1/4 cangkir susu.

3 dari 5 halaman

Cara terbaik dalam membekukan susu

" Untuk menyimpannya, saya menuangkan ke nampan es batu yang bersih dan membekukannya. Saat dibekukan, saya memasukkan kubus kedalam kantong atau wadah plastik. Ketika sebuah resep memerlukan susu, saya mengeluarkan jumlah kubus yang dibutuhkan," kata Ruth M. dari Tunnel Hill, Georgia.

Dua kubus dalam baki es batu rata-rata akan sama dengan 1/4 cangkir susu.

  ilustrasi susu© Shutterstock

Bagaimana cara mencairkan susu beku?

Cukup keluarkan susu dari freezer untuk mencairkan. Jika ASI telah mencair sedikit, goyangkan kuat-kuat sebelum menggunakannya.

Laporan: Cindy Azari
Sumber: Miss Kyra

4 dari 5 halaman

Cara Menyimpan Susu Agar Tak Cepat Basi

Dream - Susu merupakan minuman andalan untuk memenuhi nutrisi tubuh. Ada beberapa jenis susu yang beredar di pasaran seperti, susu segar, susu UHT, dan susu bubuk.

Di antara ketiga susu tersebut yang mengandung paling banyak nutrisi adalah susu segar.

Susu segar memang mengandung paling banyak nutrisi tapi di samping itu susu ini memiliki waktu konsumsi yang paling sebentar dan paling mudah basi. Lalu bagaimana menyimpan susu segar agar tahan lebih lama?

" Susu fresh milk yang sudah dibuka harus disimpan dikulkas, memang harus suhu rendah supaya tidak cepat basi,” kata dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, seorang pakar nutrisi saat ditemui di Pabrik PT Greenfields, Malang, beberapa waktu lalu.

5 dari 5 halaman

Tahan 4 hingga 7 Hari

Biasanya susu segar yang berada di kemasan dari pertama kali mereka dikemas hingga mencapai masa kadaluarsa 40 hari setelahnya selama masih belum dibuka. Jika susu segar sudah dibuka dan terkena udara biasanya susu segar dapat bertahan sampai 4-7 hari.

   Lemak Susu Bikin Gemuk?© MEN

 

Cara penyimpanan yang paling penting adalah susu segar harus selalu berada di suhu rendah biasanya sekitar 1 hingg 4 derajat celcius.

Lalu susu segar juga harus selalu ditutup secara rapat agar susunya tidak terkena udara.

Jika sudah melakukan kedua hal itu seharusnya susu sapi segar dapat bertahan hingga 1 minggu

" Kalau itu ditutup rapat dan dikulkas seharusnya itu tidak cepat basi bisa sampai 4 hari hingga 1 minggu ," kata Dr Matthew.

Laporan: Shania Suha Marwan

Beri Komentar