Ketahui Seluruh Bagian dan Fungsi Payudara

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 16 September 2020 19:13
Ketahui Seluruh Bagian dan Fungsi Payudara
Cari tahu apa yang menyebabkan bentuk dan kondisi payudara berbeda.

Dream - Meski memiliki bentuk yang berbeda-beda, namun payudara setiap wanita beranatomi serupa. Payudara terdiri dari puting susu, areola, lobulus serta jaringan lemak yang menentukan seberapa besar ukurannya.

Masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi tersendiri. Dilansir dari Sehatq.com, berikut bagian payudara dan fungsinya.

Areola

Areola merupakan area yang mengelilingi puting susu di bagian tengah payudara. Kelenjar Montgomery pada areola berfungsi memproduksi cairan lubrikasi pada puting untuk mempermudah proses menyusui.

 

1 dari 3 halaman

Puting susu

Puting susu merupakan bagian tengah payudara yang bisa mengalami ereksi ketika mendapat rangsangan. Rangsangan tersebut dapat terjadi ketika menyusui, merasa kedinginan atau berhubungan seksual.

Lobus dan lobulus

Lobus merupakan bagian dari payudara yang menjadi tempat lobulus. Lobulus atau kelenjar glandular sendiri berfungsi untuk memproduksi ASI.

2 dari 3 halaman

Duktus

Duktus merupakan saluran penghubung lobus dan lobulus. Sehingga, duktus berfungsi untuk menyalurkan ASI hingga ke puting susu.

Jaringan ikat dan ligamen

Kedua hal ini merupakan penentu bentuk payudara karena berfungsi untuk menopangnya.

3 dari 3 halaman

Jaringan adiposa

Tidak hanya pada payudara, jaringan adiposa atau jaringan lemak ini juga terdapat di bawah, tulang selangka dan sekitar tulang rusuk. Sehingga,  bentuk payudara juga bergantung pada jaringan ini.

Sistem limfatik dan vaskuler

Bagian terakhir yang pasti ada pada payudara adalah pembuluh darah, serabut saraf, kelenjar getah bening serta pembuluh limfa. Pembuluh limfa berfungsi untuk membawa sel yang bertugas melawan infeksi.

Sedangkan, kelenjar getah bening seringkali menjadi indikator seseorang yang terkena kanker payudara. Jika mencapai kelenjar tersebut, ini menjadi pertanda penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lain.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar