Kiat Menjaga Kadar Gula Darah Saat Buka Puasa

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 10 Mei 2019 12:13
Kiat Menjaga Kadar Gula Darah Saat Buka Puasa
Jangan sampai terjadi lonjakan gula darah.

Dream - Buka puasa merupakan saat yang paling dinantikan di bulan Ramadan. Upaya menahan lapar dan haus terbayar dengan aneka hidangan lezat. Tak jarang kita dibuatnya kalap.

Sahabat Dream yang mengidap diabetes sebaiknya lebih berhati-hati. Terlalu banyak melahap hidangan pada waktu iftar berisiko menyebabkan lonjakan gula darah.

Meski tidak menimbulkan dampak langsung, diabetes dapat menimbulkan komplikasi di berbagai organ seperti ginjal, jantung dan pembuluh darah pada kemudian hari.

" Diabetes itu sifatnya progresif karena akan terus berjalan. Tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikontrol," kata Sidartawan Soegondo, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Pakar Diabetes di acara diskusi media bersama Novo Nordisk, Jakarta, Kamis 9 Mei 2019.

Buka puasa paling baik diawali dengan air putih dan kurma. Air putih akan memberi sinyal pada tubuh untuk menerima asupan makan setelah seharian berpuasa. Sedangkan kurma akan menaikkan gula darah secara bertahap.

Sesuai sunah Rasulullah, konsumsi kurma dalam jumlah kecil dan ganjil, misalnya tiga butir. Tidak ada pantangan khusus bagi penderita diabetes, namun pastikan untuk membatasi jumlahnya.

" Enggak ada yang tidak boleh, semua boleh. Tapi tentu jumlahnya tidak boleh bebas. Untuk teh dan kopi cukup satu sendok teh gula. Jika sebagai bumbu misalnya kecap, enggak masalah karena makanannya dimakan bersama-sama, artinya bukan meminum kecap secara langsung," tuturnya.

Dokter Soegondo menambahkan, pilih makanan berjenis karbohidrat sederhana yang mudah dicerna perut kosong. Contohnya buah, biskuit, produk gandum dan madu.

Jangan lupa memeriksa kadar gula darah secara rutin. Gula darah normal berkisar antara 7-140 mg/dL. Obat pengontrol gula darah dalam bentuk oral atau insulin juga tetap diperlukan di bulan puasa, meski harus disesuaikan dosisnya oleh dokter. (ism)

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak