Kondisi Kesehatan yang Picu Gatal dan Perih di Payudara

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 22 Maret 2020 08:02
Kondisi Kesehatan yang Picu Gatal dan Perih di Payudara
Jika memang kondisinya sudah sangat parah, segera konsultasikan dengan dokter.

Dream - Rasa gatal di area payudara memang sangat menganggu. Bila Sahabat Dream seringkali mengalaminya dan sangat menganggu sampai terasa perih atau mungkin berdarah, penting untuk mengetahui penyebabnya.

Ada banyak penyebab puting gatal. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa segera mencari solusi. Jika memang kondisinya sudah sangat parah, segera konsultasikan dengan dokter.

1. Kehamilan
Masalah umum yang dihadapi wanita hamil adalah puting yang gatal. Saat tubuh meregang untuk mengakomodasi pertumbuhan janin, payudara juga jadi membesar dalam persiapan untuk menyusui bayi yang dapat mengakibatkan stretch mark. Stretch mark dapat muncul dalam bentuk garis-garis pada kulit, yang seperti beka luka dan akan memutih dari waktu ke waktu.

Sementara payudara mengalami strecth mark, puting akan membesar, ini akan menyebabkan rasa gatal pada puting susu. Dengan memberikan pelembab dapat meringankan rasa puting yang gatal selama masa kehamilan.

 

1 dari 7 halaman

2. Menyusui

Penyebab lain puting gatal adalah menyusui bayi. Ada penegangan tambahan pada puting susu ketika bayi baru lahir. Saluran susu yang membengkak atau sisa susu yang tertinggal di puting susu juga menyebabkan rasa gatal yang mengganggu jika menyusui bayi. Menggunakan bantalan gel silikon yang didinginkan di kulkas bisa mengurangi rasa gatal.

 

2 dari 7 halaman

3. Sariawan pada puting susu

Faktor umum lain yang menyebabkan puting gatal adalah kandidiasis puting susu atau sariawan pada puting susu. Ini disebabkan oleh infeksi jamur. Tandanya yaitu kulit bersisik karena gatal dan nyeri yang tajam saat menyusui.

 Tips Menjaga Kesehatan Payudara Pada Wanita© MEN

4. Alergi
Puting yang gatal adalah dermatitis kontak alergi, yang berarti respon alergi terhadap apapun yang dapat menyebabkan reaksi dalam bentuk ruam atau perubahan pada warna kulit.

Hal ini dapat disebabkan ketika menggunakan pakaian dalam baru. Seringkali, bahan atau pewarna yang digunakan bisa menyebabkan rasa gatal di puting. Jika mengalami ketidaknyamanan di area puting saat menggunakan bra yang baru, disarankan untuk berhenti menggunakannya selama beberapa hari. Biasanya, rasa gatal pada puting susu akan hilang sendiri.

 

3 dari 7 halaman

5. Menopause

Kulit wanita yang telah menopause cenderung menjadi lebih kering dan lebih mudah iritasi. Hal itu akan membuat puting menjadi sangat sensitif dan bisa menyebabkan gatal.

 8 Cara Mencegah Kanker Payudara© MEN

6. Perawatan Kanker
Perawatan untuk kanker juga bisa menyebabkan puting gatal. Terapi radiasi dapat mengeringkan kulit dan membuatnya lebih rentan iritasi. Selain itu, obat yang diberikan selama kemotrerapi seperti alkaloid atau antimetabolit juga dapat meyebabkan pruritus atau gatal-gatal parah pada kulit.

7. Paget's Disease 
Penyakit paget pada puting adalah jenis kanker payudara langka yang dapat menyebabkan ruam seperti eksim pada puting. Penyakit paget ini sering membuat tenaga medis salah diagnosis sebagai eksim atau dermatitis. Gejala penyakit paget puting adalah gatal yang parah di area puting, memiliki rasa seperti kesemutan, rasa terbakar, dan nyeri.

Laporan Cindy Azari/ Sumber: Times of India

4 dari 7 halaman

Cara Atasi Keringat Berlebih di Area Payudara

Dream - Sebagian wanita menganggap keringat di payudara sebagai hal biasa. Terlebih saat suhu udara terasa panas.

Namun ada kalanya keringat di payudara keluar secara berlebihan hingga membuat pemiliknya merasa risih dan terganggu. 

 © Dream

Ada satu inovasi terbaru yang dipercaya bisa mengatasi hyperhydrosis atau keringat berlebih di payudara berbentuk bedak.

Bedak biang keringat untuk payudara tersebut sekarang sudah banyak tersedia di pasaran dalam bentuk semprot yang tentu praktis dan mudah digunakan.

Alat ini akan menyemburkan bedak yang diciptakan secara khusus untuk mencegah keringat berlebih di payudara.

 

5 dari 7 halaman

Terjadi di Lipatan Kulit Payudara

 shutterstock© shutterstock.com

Ilustrasi/Shutterstock

Produk ini mulai tren digunakan setelah aktris dan penulis Amerika Busy Phillips mengunggah, masalah yang diderita wanita dengan payudara besar di Instagram.

Kata Phillips, wanita berpayudara besar umumnya mengalami berbagai masalah kulit. Seperti alergi, gatal-gatal dan masalah lainnya di antara lipatan kulit payudara.

Dia kemudian merekomendasikan bedak khusus payudara untuk mengatasi keringat berlebih di bagian tersebut.

 

6 dari 7 halaman

Botol Kemasan Dilengkapi Aplikator

Menurut keterangan pada produk yang banyak dijual di toko online kosmetik, disebutkan bahwa bedak biang keringat untuk payudara bebas dari paraben.

Bedak biang keringat bahkan mengandung lavender dan chamomile, yang berkhasiat untuk menenangkan kulit yang teriritasi dan melawan bakteri sekaligus.

Sebagian besar botol kemasannya dilengkapi dengan dengan aplikator. Sehingga pengguna dapat dengan mudah menyemprotkan bedak di bawah payudaranya.

 

7 dari 7 halaman

Bersihkan area lipatan kulit

Sayangnya, bedak biang keringat untuk payudara ini belum begitu banyak tersedia di semua negara.

Jika di sekitar Sahabat Dream belum ada bedak jenis ini, ada alternatif lain untuk mengatasi keringat berlebih di payudara tersebut.

Kamu bisa menggunakan deodoran secara teratur di area di antara payudara. Selain itu, bersihkan area lipatan kulit, terutama di bawah payudara secara teratur.

 shutterstock© shutterstock.com

 

Beri Komentar