Kondisi Mood Buruk Bisa Jadi 'Bahan Bakar' Berolahraga

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 28 Juli 2021 07:35
Kondisi Mood Buruk Bisa Jadi 'Bahan Bakar' Berolahraga
Beragam mood yang kamu rasakan, bisa disesuaikan dengan jenis olahraga yang dilakukan.

Dream – Rasa sedih, marah, atau gembira bisa jadi berpengaruh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ada kalanya kita merasa sangat cemas, emosi naik turun dan tak bergairah karena faktor hormon atau eksternal.

Dalam kondisi ini coba salurkan suasana hati atau mood yang buruk dengan berolahraga. Erin Schirack seorang instruktur fitness dan pendiri CHI-SOCIETY mengatakan bahwa endorphin yang dilepaskan tubuh saat berolahraga dapat meningkatkan mood dan energi.

“ Olahraga sangat penting untuk kesehatan mental karena mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati negatif,” ujarnya dikutip Real Simple.

Beragam mood yang kamu rasakan, bisa disesuaikan dengan jenis olahraga dilakukan. Berikut panduannya, bisa dicoba untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

1. Saat tak berenergi
Kekurangan energi atau motivasi akibat terlalu lama bekerja bisa menyebabkan produktivitas rendah. Kamu bisa olahraga yang menargetkan beberapa latihan otot sekaligus seperti clean-to-press untuk angkat besi, burpee, atau single-arm renegade rows.

2. Saat merasa cemas
Keith Hodges seorang personal trainer dan pendiri Mind in Muscle Coaching menyarankan, untuk mengurangi rasa cemas dan stres hindari untuk sementara latihan kardio yang intensfif. Alihkan pada latihan pernapasan dengan yoga atau pilates. Bisa juga melakukan gerakan tai chi atau peregangan ringan. Olahraga ini dapat membantu menenangkan sistem saraf.

 

 

1 dari 5 halaman

3. Saat merasa sedih
Rasa sedih bisa kamu lawan dengan melakukan aktivitas yang menantang dan membawa kebahagiaan seperti lari, bermain basket, tenis, atau sekadar jalan sore.

Jika kamu kesulitan untuk berlari, kamu bisa mencoba jalan cepat, bersepeda, atau mendaki setidaknya 30 menit.

4. Saat merasa senang
Tentunya tak selamanya kita memiliki mood buruk. Saat merasa senang dan mood sedang baik, disarankan untuk melakukan latihan beban. Lakukan repetisi atau tambahkan satu hingga dua set. Jika suka berlari, larilah lebih cepat atau lebih jauh.

Laporan Elyzabeth Yulivia

2 dari 5 halaman

Olahraga yang Bikin Lengan Indah

Dream - Memiliki bentuk tubuh idel enggak cuma dari pola makan yang tepat saja, namun Sahabat Dream juga harus menyeimbangkan kesehatan tubuh dengan berolahraga.

Tiap jenis olahraga punya fungsi yang berbeda. Jika sebagian orang berpikir lengan yang indah bisa diperoleh dengan push up, ternyata anggapan itu salah.

Jika kamu ingin fokus membentuk lengan yang indah, kamu bisa dapatkan dengan melakukan olahraga rutin selama 15 menit yang fokus pada bahu, otot bisep, dan trisep.

Yang Sahabat Dream butuhkan untuk melakukan aktivitas ini adalah dumbells dan resistance band. Hanya butuh 15 menit, berikut beberapa paduan gerakannya:

3 dari 5 halaman

Shoulder press

Ilustrasi© Shutterstock

Genggam dumbells di kedua tangan kamu, berdiri dengan tegak dan biarkan kaki terbuka selebar bahu. Angkat dumbells secara perlahan dan letakan sejajar dengan dada.

Setelah itu, rentangkan siku dan perlahan angkat dumbbells hingga ke atas kepala, pastikan lengan kamu sejajar dengan telingga. Selanjutnya, tekuk kembali lengan hingga sejajar dengan dada.

Lakukan gerakan ini secara berulang selama 40 detik.

4 dari 5 halaman

Resistance Band Tricep Kickback

Ilustrasi© Shutterstock

Injak tengah-tengah resistance band, dengan kaki selebar pinggul, dan masing-masing ujung resistance band dipegang di tangan kamu. Tekuk lutut dan condongkan tubuh kamu ke depan.

Lalu tekuk siku sehingga membawa resistance band ke arah dada.

Setelah itu, kamu dapat merentangkan siku ke agian belakang badanmu. Pastikan bahu tetap tenang, dan lengan tetap menempel dengan bagian tubuh samping. Ulangi gerakan ini selama 40 detik.

5 dari 5 halaman

Dumbbell Bicep Curl

Berdiri dengan tegak, sambil memegang dumbells di masing-masing tanganmu. Pertahankan lengan atas kamu, lalu secara perlahan tekuk siku dan putar pergelangan tangan secara bertahap sambil membawanya sejajar dengan bahu.

Rentangkan kembali siku, untuk kembali pada posisi awal, lakukan gerakan ini selama 40 detik.

Dumbbell Side to Front Raise

Pegang dumbells di masing-masing tangan, lalu berdiri dengan kaki selebar bahu, dan sedikit menekuk lututmu. Setelah itu, angkat dumbells ke arah luar sejajar dengan bahu kalian, lalu perlahan bawa dumbells mengarah kedepan dada.

Kembalikan gerakan tersebut dan ulangi selama 15 kali.

Ilustrasi© Shutterstock


Dumbbell Tricep Extension

Pegang dumbells di masing-masing tanganmu, rentangkan kaki selebar bahu. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah rentangkan tangan kamu di atas kepala, sejajar dengan telingga.

Lalu, tekuk siku agar dapat menurunkan dumbells di belakang kepala. Ulangi gerakan ini selama 40 detik.

Sumber: Cosmopolitan

Beri Komentar