Konsumsi 3 Bahan Ini untuk Seimbangkan Daya Tahan Tubuh

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 5 Agustus 2020 12:33
Konsumsi 3 Bahan Ini untuk Seimbangkan Daya Tahan Tubuh
Jaga keseimbangan imunitas tubuh dengan bahan alami lokal.

Dream - Selama pandemi, kita disarankan untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Namun, sebenarnya kamu juga harus memperhatikan keseimbangan daya tahan tubuh. 

Karena, sistem imun yang berlebih bisa menyebabkan autoimun atau hipersensitif (alergi). Sedangkan, imunitas tubuh yang tidak kuat dapat menyebabkan infeksi dan keganasan.

Maka dari itu, tubuhmu memerlukan imunomodulator atau zat yang dapat meregulasi sistem imun.

" Imunomodulator terbagi menjadi dua regulasi, up (imunostimulan) and down (imunosupresif)," jelas Inggrid Tania,Ketua PDPOTJI dalam webinar peluncuran Fatigon Promuno, Selasa 4 Agustus 2020.

1 dari 2 halaman

Imunostimulan dan imunosupresif

Imunostimulan bermanfaat untuk meningkatkan respon imun terhadap penyakit. Sedangkan, imunosupresif digunakan untuk menekan respons imun, meredakan inflamasi, mengatasi autoimun serta mencegah penolakan transplantasi.

Jika biasa mengonsumsi zat imunostimulan, kamu bisa menemukan beberapa bahan yang juga bisa berperan sebagai imunosupresif di saat yang sama. Sehingga, zat tersebut tergolong imunomodulator.

2 dari 2 halaman

Bahan imunomodulator lokal

" Produk yang mengandung zat imunomodulator sejauh ini memakai bahan yang berasal dari luar Indonesia dan tidak bisa digunakan jangka panjang dan berisiko memicu respon imun berlebihan" .

Sedangkan, beberapa bahan imunomodulator lokal aman digunakan jangka panjang. Beberapa di antaranya adalah meniran, jahe merah dan sambiloto.

" Meniran teruji dapat mempercepat penyembuhan infeksi virus seperti cacar air. Jahe merah bersifat anti radang, meredakan infeksi virus seperti batuk dan memperlancar sistem pencernaan. Sedangkan, sambiloto dapat menurunkan demam antipiretik," ungkapnya.

Fatigon Promuno© Kalbe Farma

Ketiga bahan tersebut bisa dicampur agar lebih bermanfaat bagi imunitas tubuh serta pencegahan penyakit jangka panjang. Kamu bisa menemukan ketiga bahan ini dalam Fatigon Promuno yang telah terjual di pasaran.

Beri Komentar