Konsumsi Makanan yang Sama Tiap Hari Bisa Turunkan Berat Badan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 14 Januari 2020 14:12
Konsumsi Makanan yang Sama Tiap Hari Bisa Turunkan Berat Badan
Bisa dilakukan jika kamu bukan tipe orang yang cepat bosan.

Dream - Penurunan berat badan seringkali dikaitkan dengan makanan yang dengan menu serba sayur dan buah. Lalu dipadukan dengan protein dan lemak.

Bagi sebagian orang, membuat menu diet yang bervariasi ternyata tak cukup efektif. Mungkin cara unik bisa dilakukan, yaitu mengonsumsi makanan yang sama setiap hari.

Dilansir Times of India, ternyata mengonsumsi makanan yang sama setiap hari juga bisa membantu menurunkan berat badan.

shutterstock© shutterstock.com

Diet ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sama saat sarapan, makan siang maupun malam. Mau coba?

Mungkin terdengar membosankan untuk makan makanan yang sama setiap hari. Tetapi, trik ini benar-benar dapat efektif menurunkan berat badan.

1 dari 5 halaman

Menurut Para Ahli

Makan makanan yang sama setiap hari dapat memicu penurunan respons tubuh terhadap stimulus dan bisa mengatasi obesitas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lebih banyak variasi makanan dapat meningkatkan kandungan lemak dan peningkatan berat badan. Terutama, bagi orang yang suka mengonsumsi camilan.

shutterstock© shutterstock.com

Perbedaan rasa dan tekstur juga dapat memicu konsumsi makanan berlebih. Ketika orang memberi pilihan terbatas untuk makan, mereka cenderung makan lebih sedikit.

Dengan mengonsumsi makanan serupa setiap hari, kamu tidak perlu menentukan apa yang harus dimakan serta menghemat waktumu. Ketika pilihannya terbatas, jadi lebih mudah untuk merasa kenyang.

2 dari 5 halaman

Konsultasi

Makan makanan yang sama setiap hari dapat memperlambat sistem metabolisme dalam jangka panjang. Saat berhenti makan makanan yang sama, kamu akan mengonsumsi lebih banyak dan menghancurkan diet yang telah dilakukan.

Meski makan makanan sehat yang sama setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi itu hanya baik jika diikuti untuk sementara.

Jika ingin mengikuti diet dalam jangka panjang, konsultasikan dengan ahli gizi sebelum melakukannya. (mut)

shutterstock© shutterstock.com

3 dari 5 halaman

Makanan dan Minuman yang Bisa Bantu Meredakan Rasa Pedas

Dream – Beberapa makanan ada yang lebih enak disantap dengan tambahan rasa pedas. Namun, menambahkan rasa pedas yang berlebihan akan membuatmu kurang nyaman dalam menyantap makanan.

Mereka yang tak kuat dengan rasa pedas akan merasa perutnya seperti terbakar atau bahkan sampai mulas. 

Sebelum Sahabat Dream mengalami masalah yang sama, sebaiknya melakukan beberapa hal untuk meredakan rasa pedas dan kembali nyaman menyantap makanan.

Mengutip laman Times of India, berikut trik yang bisa kamu dilakukan.

4 dari 5 halaman

1. Mengonsumsi Produk Olahan Susu

Mengonsumsi susu dapat membantu mengurangi rasa pedas dalam makanan dan memberikan efek menyejukkan. Sahabat Dream bisa menambahkan susu atau krim untuk menyesuaikan tingkat kepedasan.

Selain menambahkan dalam hidangan, kamu pun bisa minum susu untuk mengurangi efek pedas.

Menambahkan Bahan

Ini mungkin tampak seperti trik sederhana tetapi sering dilakukan dan cukup efektif! Jika ingin memasak sup atau kari yang secara tidak sengaja terasa pedas, tambahkan sedikit air untuk menyeimbangkan rasa.

Sahabat Dream juga dapat menambah takaran pada bahan lain, seperti mie, pasta atau sayuran. Sayuran seperti bawang, wortel dan kacang-kacangan dapat digunakan untuk menyeimbangkan rasa dalam hidangan.

sayuran© Shutterstock.com

5 dari 5 halaman

Selai Kacang Bisa Kurangi Rasa Pedas

3. Selai Kacang

Tambahkan sedikit selai kacang untuk mengurangi rasa pedas. Kamu tidak akan merasakan selai kacang saat menyantap hidangan. Atau gunakan mentega almond untuk hal yang sama. Rasa mentega ini melunakkan rasa dan menetralkan bumbu.

makan pedas© Shutterstock.com

Minuman yang Bisa Menghilangkan Rasa Pedas

4. Asam

Yang dimaksud dengan asam adalah cuka, jeruk atau saus tomat. Hanya satu atau dua sendok teh bahan ini dapat bekerja dengan baik untuk menyelamatkanmu dari rasa pedas yang berlebih.

5. Perasan Lemon

Sama seperti asam, perasan lemon juga membantu mengurangi rasa pedas. Rasa yang menonjol dari perasan lemon menyatu dengan bumbu untuk mendapatkan keseimbangan rasa yang sempurna.

Beri Komentar