Level Gula Darah Naik Drastis, Kenali Gejalanya

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 19 Februari 2019 15:43
Level Gula Darah Naik Drastis, Kenali Gejalanya
Makanan sehari-hari sangat mempengaruhi level gula darah.

Dream - Gula darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai gejala. Kondisi yang dalam istilah medis disebut hiperglikemia ini terjadi ketika kadar glukosa dalam darah meningkat.

Sebagian besar makanan yang kita konsumsi berdampak pada gula darah. Dikutip dari Self, pakar gizi, Moskovitz, R.D, mengatakan bahwa makanan tinggi karbohidrat dan gula yang rendah lemak dan serat, seperti makanan yang dipanggang, roti tepung putih, soda, dan permen, bisa memicu naiknya level gula darah.

Biasanya ketika makan sesuatu yang mengandung gula atau karbohidrat, pankreas akan membuat insulin, hormon yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memproses glukosa. Setiap glukosa yang tersisa disimpan di hati untuk memastikan itu tidak berkeliaran di dalam darah.

Sistem ini bekerja sangat baik pada orang dewasa sehat yang tidak menderita diabetes. Namun, jika menderita diabetes, tubuh tak bisa memproduksi insulin dengan normal. Sehingga level kadar gula sangat tinggi dan menimbulkan sederet gejala.

1 dari 2 halaman

Tanda-Tanda Saat Gula Darah Tinggi

1. Kelelahan

Merasa sangat lelah, lemah, atau letih adalah salah satu gejala meskipun tidak spesifik. Bisa juga merupakan tanda-tanda gula darah rendah. Tetapi jika rasa lelah tidak hilang dengan istirahat yang cukup sangat penting untuk memeriksanya.

Anak Tidur Sambil Berjalan, Apa Penyebabnya?© MEN

2. Sakit kepala

Sakit kepala sangat umum terjadi, namun jika merasa sakit kepala kronis perlu didiskusikan dengan dokter. Bisa jadi level gula darah sedang naik dratis.

2 dari 2 halaman

Tanda Selanjutnya

3. Penglihatan kabur

Jumlah glukosa yang berlebihan dalam darah dapat mempengaruhi retin, menyebabkan suatu kondisi yang disebut retinopati diabetik. Akibatnya, penglihatan kabur dan muncul bayangan bergerak atau floaters.

9 Alternatif Penangkal Haus Selain Air© MEN

4. Sering buang air kecil

Glukosa juga dapat memengaruhi ginjal, yang bertanggung jawab untuk membuang kelebihan air dari darah untuk menghasilkan urine. Terlalu banyak glukosa dalam darah dapat merusak pembuluh darah di ginjal. Hal ini membuat proses penyaringan kurang efisien dan menyebabkan kencing lebih banyak.

5. Rasa haus meningkat

Efek dari terus-menerus buang air kecil adalah rasa haus yang meningkat. Terutama saat malam hari.

Laporan Ratih Permata Sari

Beri Komentar