Makanan Sehat Ini Justru Membahayakan Ibu Hamil

Reporter : Ervina
Senin, 3 November 2014 14:00
Makanan Sehat Ini Justru Membahayakan Ibu Hamil
Meskipun kaya akan kandungan gizi dan nutrisi, ternyata beberapa jenis makanan sehat justru berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa saja makanan tersebut?

Dream - Asupan nutrisi dan gizi berperan penting dalam menjaga vitalitas dan kesehatan tubuh. Namun ternyata tidak semua makanan sehat dapat dikonsumsi dan baik untuk seorang ibu hamil.

Seperti diketahui jika asupan makanan seorang ibu hamil sangat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Ada beberapa jenis makanan sehat yang diketahui dapat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Berikut beberapa makanan sehat yang sebaiknya dihindari oleh seorang ibu selama proses kehamilan.

Daging, Ikan, Ayam dan Telur
Seorang ibu hamil yang memakan daging, ayam, telur atau ikan mentah atau yang dimasak kurang matang sangat beresiko besar membuat seorang ibu menderita diare berat. Bukan tidak mungkin jika sumber makanan ini terkena bakteri salmonella hingga dapat memengaruhi kesehatan. Selain itu kandungan toksoplasmosis atau parasit yang terdapat di dalamnya juga dapat menyebabkan infeksi dan bahaya serius bagi ibu hamil.

Sayuran yang Tidak Dicuci
Selain terdapat dalam daging dan ikan mentah, toksoplasmosis juga terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik. Jika hendak memakan lalapan atau salad, usahakan untuk mencuci bersih semua sayuran dengan air mengalir. Hindari juga interaksi dengan kotoran kucing karena mengandung tokoplasmosis.

Ikan Berukuran Besar
Ikan tuna, ikan hiu, dan beberapa jenis ikan berukuran besar diketahui mengandung tingkat merkuri yang cukup tinggi. Janin bayi yang tercemar merkuri beresiko besar mengalami kerusakan saraf.

Keju dan Susu
Keju lunak dan susu yang terbuat dari susu kambing dan domba serta tidak melalui proses pasteurisasi berisiko besar mengandung bakteri listeria. Listeria merupakan salah satu bateri yang dapat menembus plasenta sehingga menyebabkan infeksi janin. Dalam waktu tertentu, bakter ini dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah. Usahakan untuk menahan keinginan anda mengkonsumsi makanan ini hingga tiba saatnya melahirkan.

Hindari Kafein
Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sebaiknya dihindari atau kadarnya mulai dibatasi. Kafein dapat membuat bayi terlahir degan berat badan lebih ringan dibandingkan rata-rata. Selain itu dalam kadar berlebihan, kafein dapat meningkatkan resiko keguguran dan mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Hindari Minuman Beralkohol
Selain dilarang dalam agama Islam, ternyata seorang ibu yang meminum minuman beralkohol selama hamil beresiko besar melahirkan bayi yang memiliki masalah emosional. Selain kelainan dalam kandungan, saat tumbuh besar seorang bayi cenderung lebih agresif dan sulit mengendalikan emosinya.

(Dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri