Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh, Ibu Hamil dan Bayi

Reporter : Sugiono
Kamis, 11 Oktober 2018 15:15
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh, Ibu Hamil dan Bayi
Berbagai manfaat buah naga merah atau naga putih untuk kesehatan tubuh, ibu hamil, dan bayi jika dikonsumsi secara rutin.

Dream - Salah satu jenis buah yang sering dijadikan untuk membuat smoothies bowl maupun jus adalah buah naga. Selain dijadikan minuman segar seperti yang disebutkan tadi, buah naga juga terkadang dimakan utuh.

Selain rasanya yang enak dan segar, buah yang juga disebut Pitaya ini ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk kecantikan maupun kesehatan.

Buah naga merupakan buah yang rendah kalori namun menawarkan banyak sekali nutrisi termasuk vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.

Fisik buah naga tergolong unik, mulai dari kulitnya hingga dagingnya. Sebagian orang mungkin hanya mengenal buah naga merah.

Padahal, ada juga buah naga kuning yang sekilas bentuknya hampir sama dengan nanas. Bagian dalam buah naga ada yang berwarna ungu dan ada yang berwarna putih.

Meski ada buah naga merah dan putih, namun manfaatnya sama. Buah naga aman untuk ibu hamil, bahkan untuk anak balita.

Manfaat buah naga merah atau naga putih banyak sekali. Seperti 20 manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin yang dirangkum Dream dari berbagai sumber berikut ini.

Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin

1. Membantu mengurangi berat badan

Mengisi perut dengan makanan kaya akan serat serta rendah kalori yakni buah naga ini akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan. Selan itu buah naga juga akan membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung banyak air.

2. Camilan sehat bagi Anda yang sedang berdiet

Sama halnya dengan poin pertama, bagi Anda yang sedang berdiet baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga berat badan ideal Anda, mak tidak salah jika Anda memanfaatkan manfaat buah naga untuk diet. Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa takut tubuh akan melar.

3. Membantu proses detoksifikasi

Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh)akan berjalan lancar.

4. Mampu mencegah kanker

Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

5. Mampu mencegah diabetes

Sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya yang sangat kecil.

6. Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

1 dari 3 halaman

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga untuk sistem kekebalan tubuh merupakan efek samping dari buah naga yang banyak mengandung nutrisi dan gizi. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan baik luka luar maupun luka luar akan semakin cepat pula.

8. Meningkatkan nafsu makan

Vitamin B1 dan B2 yang ada pada buah naga akan membuat nafsu makan menjadi meningkat jika rutin mengkonsumsi buah naga terutama untuk anak-anak yang biasanya susah makan. Memang bertolak belakang dengan manfaat buah naga untuk diet, namun bagi Anda yang diet, cukup dengan mengganti makanan sehari-hari dengan buah naga yang juga mengenyangkan tanpa takut tubuh melar.

9. Membantu masalah pencernaan

Untuk membersihkan pencernaan Anda, makanlah buah naga. Kandungan fiber atau serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan memakan dagingnya yang juga mengandung protein baik, dapat membuat badan Anda sehat dan segar.

10. Menunda penuaan dini

Manfaat buah naga untuk kecantikan adalah dengan memperlambat penuaan diri. Hal ini dikarenakan antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.

11. Membantu meringankan batuk dan asma

Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi sehingga bagi Anda yang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti-berhenti, maka akan sedikit terobati. Namun bukan juga bisa dikatakan bahwa buah naga merupakan obat dari asma.

12. Membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang 

Kalsium yang ada dalam buah naga akan menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Dan juga zat besi serta fosfor akan membantu melancarkan peredaran darah dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

 Manfaat buah naga untuk ibu hamil© Shutterstock

1. Menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah

Mengkonsumsi buah naga mampu untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah pada ibu hamil sehingga dapat menghindari komplikasi kehamilan. Karena tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

2. Mampu mencegah dan mengatasi kurang darah (anemia)

Buah naga juga dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Dengan mengkonsumsi buah naga, dapat mencegah anemia, sebab buah naga kaya akan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah.

3. Mampu meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh)

Buah naga mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah naga maka dapat mencegah serangan dari berbagai macam penyakit.

4. Menambah tenaga dan kekuatan

Ibu yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak energi (tenaga) dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karena harus berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Buah naga sangat bermanfaat untuk ibu hamil sebab, dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 - 14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi yang alami. Ibu hamil yang mengonsumsi buah naga akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

5. Mencegah keguguran dan kelahiran prematur

Kandungan asam folat yang terdapat pada buah naga berfungsi untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

6. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan mineral-mineral juga terdapat pada buah naga,yaitu : kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengkonsumsi buah ini membuat ibu hamil dan janin yang dikandungnya akan memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

7. Memperbaiki pencernaan

Manfaat buah naga untuk ibu hamil mampu untuk memperbaiki pencernaan. Ibu hamil mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar, karena pengaruh hormonal dan desakan janin dalam perut. Buah naga adalah buah yang kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

8. Membantu perkembangan dan pertumbuhan janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang juga amat penting adalah membantu perkembangan janin. Sehingga bayi dapat lahir dengan keadaan normal dan sehat.

3 dari 3 halaman

Manfaat buah naga untuk bayi

 Manfaat buah naga untuk bayi© Shutterstock

Bagi si kecil yang sudah diperbolehkan mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI), bisa mengonsumsi buah naga sebagai makanan kaya nutrisi yang juga bermanfaat untuk kesehatannya.

Mari simak manfaat buah naga untuk bayi yang sudah mendapatkan MPASI yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Memberikan antioksidan

Buah naga mengandung antioksidan tinggi yang dikenal dengan fenol. Antioksidan ini berguna melindungi sel membran anak dari serangan radikal bebas. Antioksidan dari buah naga juga mampu melindunginya dari serangan penyakit umum.

2. Melindungi jantung

MPASI buah naga berdampak baik pada kesehatan jantung buah hati Anda. Kandungan vitamin dan juga mineral di dalamnya melindungi dan memperkuat jantung. Jika si kecil bukan termasuk anak yang aktif, jantungnya mungkin akan berisiko mengalami gangguan. Mengonsumsi buah naga membantu memastikan jantungnya tetap sehat.

3. Menyediakan serat

Serat yang terkandung di dalam buah naga sangatlah tinggi. Ini akan membantu sang buah hati memiliki sistem pencernaan yang sehat. Dengan sistem pencernaan yang sehat, sangat berguna untuk mencegah terjadinya sembelit.

Manfaat serat dalam buah naga termasuk berfungsi menjaga keseimbangan kadar gula darah dan membantu si kecil untuk meningkatkan berat badan secara sehat.

4. Membangun tulang yang kuat

Buah naga kaya kandungan mineral seperti halnya potassium. Potassium bersama senyawa flavanoid dan fenolik lainnya membantu sang buah hati untuk membangun tulang yang kuat. Termasuk melindunginya dari kecenderungan arthritis di masa depan.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Kemampuan detoksifikasi yang dimiliki buah naga membantu terhindar dari serangan berbagai jenis racun. Manfaatnya yakni menjaga kebersihan dan kesehatan ginjal dari elemen racun dan menjaga saluran kemih tetap sehat.

6. Menenangkan saraf

Buah naga yang kaya kandungan potassium yang bermanfaat menjaga kesehatan fungsi jantung dan sistem saraf. Dalam masa pertumbuhan, sangat penting menjaga kesehatan tubuh buah hati dan terbebas dari lemak.

Namun, di balik manfaat luar biasa buah naga itu, ibu-ibu sebaiknya memeriksa cocok tidaknya buah tersebut untuk sang buah hati.

Jangan diteruskan jika melihat ada reaksi yang tidak normal setelah diberi buah naga. Untuk mencegah reaksi alergi maupun hal lainnya, sebelum mulai memberikan MPASI pada anak, jangan lupa konsultasikan dulu pada dokter.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'