Manfaat Mengejutkan Daun Bawang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 3 Agustus 2020 14:33
Manfaat Mengejutkan Daun Bawang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Daun bawang seringkali menjadi pelengkap hidangan.

Dream – Daun bawang biasanya digunakan sebagai pelengkap di akhir masakan. Warnanya yang menyegarkan semakin melengkapi sajian hidangan.

Sebelum mengonsumsi dan mengolah daun bawang, sebaiknya daun bawang dicuci bersih dan dipisahkan dari akarnya. Daun bawang dapat dikonsumsi baik secara mentah ataupun dibuat rebusan.

Bagian yang paling penting dari daun bawang adalah daun yang masih muda dan batang semu berwarna putih. Sebagai bahan sayuran daun bawang memiliki aroma yang khas. Sehingga rasa masakan menjadi lebih lezat.

Namun, tak banyak yang menyadari manfaat dari daun bawang. Terlebih untuk membantu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi daun bawang.

1 dari 6 halaman

Sumber Vitamin

Sumber vitamin© Shutterstock

Daun bawang ternyata mengandung banyak vitamin. Seperti vitamin A, K1, dan C. vitamin A sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan produksi sel darah.

Sedangkan vitamin K1 berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tulang. Sementara itu, vitamin C berfungsi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

2 dari 6 halaman

Kaya Antioksidan

Daun bawang juga kaya akan antioksidan. Antioksidan ini dapat menjaga tubuh dari radikal bebas pemicu penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Beberapa antioksidan yang membentuk manfaat daun bawang untuk kesehatan adalah polifenol, senyawa belerang, zeaxanthin, dan lutein. Senyawa zeaxanthin dan lutein sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata.  

3 dari 6 halaman

Bantu Turunkan Berat Badan

Diet© Pexels.com

Daun bawang mengandung kalori yang rendah. Sehingga aman dikonsumi saat sedang melakukan diet.

Selain itu, daun bawang juga mengandung air dan serat yang membantu mengatasi rasa lapar dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

4 dari 6 halaman

Mengobati Infeksi

Daun bawang memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus sehingga baik untuk mengobati infeksi dan luka yang ada di dalam tubuh. hal tersebut karena daun bawang mengandung senyawa kaemferol.

Senyawa kaempferol dalam daun bawang juga berpotensi mengurangi peradangan, mencegah perkembangan sel kanker, dan membunuh sel kanker.

5 dari 6 halaman

Sumber Zat Besi

Sumber zat besi© Pixabay.com

Kandungan zat besi yang ada di dalam daun bawang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan kesehatan hemoglobin, dan mampu memperkuat sel jaringan di tubuh.

6 dari 6 halaman

Bahan Terapi

Daun bawang dapat dikonsumsi sebagai bahan untuk pengobatan terapi. Daun bawang memiliki unsur aktif sebagai antibiotik serta membantu meningkatkan pertumbuhan sel,

Selain itu, daun bawanh juga dapat digunakan untuk menghilangkang lendir dalam kerongkongan. Akar daun bawang dapat digunakan untuk mengobati cacingan dan mual-mual.

(Sumber: sehatq.com dan berbagai sumber lainnya)

Beri Komentar