8 Manfaat Daun Belimbing Wuluh yang Direbus, Ampuh Atasi Diabetes hingga Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 28 Januari 2022 06:45
8 Manfaat Daun Belimbing Wuluh yang Direbus, Ampuh Atasi Diabetes hingga Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Daun belimbing wuluh memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan fisik dan juga kecantikan.

Dream – Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan belimbing wuluh. Ya, belimbing ini memiliki bentuk yang berbeda dengan belimbing pada umumnya yang menyerupai bintang. Belimbing wuluh berwarna hijau, berbentuk lonjong dan tumbuh di batang pohonnya secara bergerombol.

Ada beberapa orang yang menyebut belimbing wuluh sebagai belimbing sayur. Hal ini karena kerap dijadikan sebagai bahan tambahan dalam masakan yang membuat hidangan tersebut terasa asam menyegarkan. Hal ini karena belimbing wuluh kaya vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya dalam mengobati dan menyembuhkan sariawan.

Namun di samping buahnya yang memiliki sejuta manfaat, daunnya pun tidak kalah bermanfaat. Manfaat daun belimbing wuluh bisa didapatkan karena adanya kandungan berupa saponin, tannin, steroid, flavonoid, dan alkaloid. Bahkan manfaat daun belimbing wuluh ini sudah digunakan dalam pengobatan kuno pada zaman dinasti Tiongkok dan masih digunakan sampai sekarang.

Biasanya daun belimbing wuluh tersebut diolah dengan cara direbus untuk mendapatkan khasiat melalui air rebusannya. Baik itu untuk mengobati penyakit fisik sampai kecantikan.

Nah, bagi sahabat Dream yang penasaran apa saja manfaat daun belimbing wuluh, berikut sebagaimana telah dikutip dari Merdeka.com.

1 dari 2 halaman

Manfaat Daun Belimbing Wuluh

Manfaat Daun Belimbing Wuluh© Freepik.com

Mengatasi Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit berbahaya yang bisa diderita oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Selain menjalani pengobatan medis serta mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter, sahabat Dream juga bisa memanfaat daun belimbing wuluh.

Manfaat daun belimbing wuluh ini bisa kamu dapatkan dengan cara merebusnya terlebih dahulu sampai mendidih. Kemudian air rebusannya dikonsumsi dan usahakan agar meminumnya secara rutin. Dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun belimbing wuluh, mudah-mudahan penyakit tersebut bisa segera pulih.

Mencegah Kanker

Selain diabetes, penyakit lainnya yang juga tidak kalah membahayakan adalah kanker. Ada berbagai jenis kanker yang bisa menyerang manusia dan penyakit ini telah banyak merenggut nyawa manusia. Oleh karena itu, sebelum penyakit ini datang, maka sebaiknya dicegah yang salah satunya dengan mengonsumsi daun belimbing wuluh.

Manfaat daun belimbing wuluh untuk mencegah kanker dikarenakan adanya kandungan berupa vitamin C, protein, serta zat besi yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh serta melindungi dari kerusakan sel.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu teratur dalam mengonsumsi daun belimbing wuluh demi terhindar dari penyakit kanker yang berbahaya.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun belimbing wuluh lainnya yang tak kalah hebat adalah bisa mencegah dari penyakit jantung. Penyakit jantung juga menjadi penyakit yang banyak merenggung nyawa manusia. Bahkan datangnya penyakit ini kerap kali secara tidak terduga. Dengan begitu, alangkah lebih baik jika hal ini dicegah secara dini dengan menggunakan daun belimbing wuluh.

Manfaat daun belimbing wuluh untuk mencegah penyakit jantung dikarenakan adanya kandungan zat besi, kalsium, dan efek antioksidan di dalamnya. Cara mengonsumsinya adalah dengan direbus terlebih dahulu dan meminum airnya secara teratur.

Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang menjadi salah satu bagian tubuh yang memiliki peran sangat penting. Tulang menjadi penopang tubuh agar tetap kuat dan bisa melakukan berbagai aktivitas. Jika tulang mengalami gangguan, hal ini tentu saja akan menjadi penghambat setiap aktivitasmu.

Selain bisa dengan mengonsumsi susu, menjaga kesehatan tulang juga bisa dengan mengonsumsi daun belimbing wuluh. Selain murah, daun ini juga mudah untuk ditemukan. Manfaat daun belimbing wuluh untuk tulang dikarenakan adanya kandungan berupa steroid yang ampuh melindungi dari tulang keropos. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus daun belimbing wuluh dan meminum airnya secara rutin.

2 dari 2 halaman

Manfaat Daun Belimbing Wuluh

Manfaat Daun Belimbing Wuluh© Freepik.com

Mencegah Peradangan

Munculnya peradangan ditandai dengan adanya cidera, misalnya saja terkena infeksi virus dan bakteri maupun luka bakar. Jika penyakit peradangan ini muncul, maka harus segera diberikan tindakan agar tidak semakin parah.

Nah, untuk mencegah dari terjadinya peradangan, sahabat Dream bisa memanfaatkan daun belimbing wuluh. Manfaat daun belimbing wuluh hadir karena adanya efek anti inflamasi yang ampuh dalam meredakan peradangan. Demi menjaga kesehatan tubuh, usahakan untuk selalu mengonsumsi ekstrak dari daun belimbing wuluh.

Mengatasi Flu dan Batuk

Flu dan batuk bisa menyerang kapan saja. Apalagi saat terjadi pergantian musim, biasanya banyak orang yang mengalami sakit flu dan batik. Bagi sahabat Dream yang ingin mencoba obat-obatan herbal, maka daun belimbing wuluh bisa menjadi pilihan yang tepat. Di mana dalam daun belimbing wuluh terkandung etanol untuk mengatasi batuk dan pilek.

Saat sahabat Dream hendak mengonsumsi daun belimbing wuluh sebagai obat flu dan batuk, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dan jangan lupa tetap menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi, istirahat cukup, dan banyak mengonsumsi air putih.

Mengatasi Jerawat

Dari sisi kecantikan, manfaat daun belimbing wuluh juga bisa untuk mengatasi jerawat. Menyadari bahwa keberadaan jerawat sangatlah merusak penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, daun belimbing wuluh yang mengandung vitamin C sebagai anti oksidan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, keberadaan vitamin C juga mampu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Bahkan mencegah dari penyakit kanker kulit yang sangat membahayakan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh sangat lah penting agar tidak mudah terserang penyakit. Dalam upaya meningkatkan kekebalan tubuh, sahabat Dream bisa mengonsumsi daun belimbing wuluh.

Manfaat daun belimbing wuluh untuk kekebalan tubuh didapatkan karena adanya kandungan asam amino yang ampuh dalam menjaga sistem pencernaan. Selain itu, nutrisi pada daun belimbing wuluh juga sangat baik dalam proses pertumbuhan tubuh.

Itulah beberapa manfaat daun belimbing wuluh yang bisa dirasakan oleh sahabat Dream. Usahakan untuk mengonsumsinya secara teratur agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Beri Komentar