Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan, Redakan Asam Urat hingga Gula Darah

Reporter : Sugiono
Rabu, 18 September 2019 19:12
Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan, Redakan Asam Urat hingga Gula Darah
Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 8 manfaat daun kersen untuk kesehatan, mulai dari diabetes, asam urat, kolesterol hingga antikanker yang jarang diketahui.

Dream - Pohon kersen biasanya tumbuh liar di persawahan, perkebunan, hingga semak belukar. Meskipun tumbuh liar, tumbuhan ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Selama ini kita hanya tahu manfaat buah kersen. Tapi jarang yang menyadari manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh, mulai dari diabetes, asam urat, kanker, tekanan darah tinggi hingga kolesterol.

Sebelum mengetahui manfaat daun kersen untuk kesehatan, kenali dulu ciri-ciri pohon dan daun kersen.

Ciri-ciri Pohon dan Daun Kersen

Kersen adalah sejenis pohon dengan buah kecil berwarna merah cerah dan rasanya manis. Di beberapa daerah di Indonesia, pohon kersen ini dikenal dengan nama pohon ceri, pohon baleci, pohon talok, dan banyak lagi.

Pohon kersen adalah sejenis perdu dengan ketinggian sampai 12 meter. Namun umumnya, pohon ceri tingginya hanya 3-6 meter saja.

Kersen termasuk jenis tanaman yang selalu berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Karena itu daun kersen selalu hijau abadi dan dijadikan tempat berteduh yang nyaman.

Daun kersen tumbuh mendatar dan berseling pada tangkainya. Helai daun kersen tidak simetris, dengan tepi bergerigi dan berujung runcing. Sisi bawah daun kersen terdapat rambut halus dan pendek.

Jarang yang mengenal manfaat daun kersen untuk kesehatan, karena orang-orang lebih fokus pada buahnya yang rasanya manis.

Meski begitu, manfaat buah kersen juga tak kalah dahsyat dari daunnya. Manfaat buah kersen adalah untuk mengatasi asam urat.

Kandungan Nutrisi Daun Kersen

Daun kersen atau daun talok ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Manfaat daun kersen ini didapatkan dari berbagai kandungan senyawa yang ada di dalamnya.

Kandungan dalam daun kersen antara lain adalah air, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, riboflavin, dan niacin. Selain itu, di dalam daun kersen juga mengandung vitamin A, vitamin C, flavonoid, saponin, tanin, juga steroid.

Dengan kandungan nutrisi yang begitu banyak, maka manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah daftar manfaat daun kersen untuk kesehatan, dari diabetes, asam urat hingga antikanker yang jarang diketahui.

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan, dari Diabetes, Asam Urat hingga Antikanker

Dengan adanya senyawa flavonioda, saponin dan tannin di dalamnya, daun kersen memiliki efek farmakologis sebagai anti tumor. Daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat daun kersen untuk kesehatan yang jarang diketahui orang.

1. Turunkan level gula darah

Salah satu manfaat daun kersen adalah untuk mengatasi diabetes. Daun kersen atau daun talok berkhasiat untuk menurunkan kadar gula. Ini karena daun daun kersen mengandung senyawa kimia saponin dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyekresi hormon insulin yang bekerja untuk metabolisme gula.

Hormon insulin adalah hormon yang mengontrol kadar gula dalam darah. Daun kersen bisa membantu mengontrol gula darah sehingga baik digunakan untuk mencegah diabetes kambuh. Selain itu, daun kersen juga bisa untuk mencegah potensi komplikasi diabetes.

Cara memanfaatkannya, ambil 100 gram daun kersen. Setelah dicuci bersih, rebus daun kersen dengan satu liter air. Setelah itu biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan daun kersen dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

1 dari 7 halaman

2. Untuk mengobati asam urat

 Waspada Makanan Pemicu Asam Urat

Manfaat daun kersen atau daun talok untuk kesehatan berikutnya adalah mengobati asam urat. Asam urat sering dijumpai pada orang lanjut usia.

Saat ini asam urat tidak hanya menyerang orang lanjut usia saja, tapi juga mereka yang berusia muda. Untuk turunkan level asam urat ini bisa menggunakan daun kersen atau daun ceri. Caranya, minum teh daun kersen. Jika nyeri sudah berkurang atau bahkan hilang, hentikan konsumsi teh daun kersen.

2 dari 7 halaman

3. Untuk mengontrol kadar kolesterol

 15 Cara Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida yang Tinggi

Manfaat daun kersen selanjutnya adalah untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, daun kersen terbukti mampu menurunkan sintesis kolesterol dan membantu menurunkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah. Manfaat daun kersen yang satu ini kemungkinan didapatkan dari kandungan saponin dan flavonoid yang ada dalam daun kersen.

3 dari 7 halaman

4. Sebagai antikanker alami

Daun kersen ternyata juga bisa berguna sebagai obat antikanker dan tumor alami. Kandungan senyawa tanin, saponin, dan flavinoid di dalam daun kersen merupakan senyawa-senyawa antoksidan yang mampu menangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu pemicu kanker.

 Peneliti Klaim Sukses Kembangkan Senyawa Pemusnah Sel Kanker

Dengan mengonsumsi teh daun kersen dapat melindungi diri dari serangan kanker. Selain rajin mengonsumsi ramuan daun kersen, menjaga pola makan dan menghindari makanan instan juga bisa menjauhkan penyakit kanker.

4 dari 7 halaman

5. Sebagai antiperadangan alami

 Redakan Peradangan Kulit dengan 5 Cara Ini

Manfaat daun kersen selanjutnya adalah sebagai antiinflamasi atau antiperadangan alami. Manfaat daun kersen yang satu ini sebenarnya masih terkait dengan sebelumnya. Daun kersen yang aktif melawan bakteri membuat daun kersen dapat bertindak sebagai agen antiinflamasi.

Karena sifatnya itu, daun kersen bisa jadi alternatif untuk mengatasi peradangan seperti radang tenggorokan atau bisa juga mengobati peradangan pada kulit. Selain meredakan peradangan, daun kersen juga dipercaya mampu untuk mengurangi nyeri pada tubuh.

5 dari 7 halaman

6. Sebagai antibakteri alami

Sifat antibakteri merupakan salah satu manfaat daun kersen. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun kersen mengandung senyawa flavonoid berupa flavonol dan flavon da auron, yang terbukti memiliki daya antibakteri terhadap beberapa bakteri.

 Si Bandit Tak Berdaya saat Handuk Bidan Melorot

Bakteri yang terbukti bereaksi pada ekstrak daun kersen antara lain seperti E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus dan B. Subtilis. Bakteri E. Coli adalah bakteri utama penyebab diare. Sementara bakteri P. Aeruginosa penyebab otitis internal. Bakteri S. Aureus bisa menginfeksi saluran pernapasan dan juga kulit. Sedangkan bakteri B. Subtilis umumnya menyebabkan keracunan makanan.

6 dari 7 halaman

7. Mengobati dan mencegah strok

Manfaat daun kersen untuk kesehatan selanjutnya adalah mengobati dan mencegah stroke. Itu karena di dalam daun kersen terdapat zat yang dapat merangsang peroksisom proliferator (PPAR) pada jaringan tubuh kita.

 Awas! Usia 25 Tahun ke Atas Rentan Alami Penuaan Dini

PPAR ini berfungsi untuk mengatur gen dalam proses metabolisme glukosa dan juga lemak dalam tubuh sehingga resiko terkena penyakit stroke lebih kecil.

Terutama, jika kamu memiliki riwayat penyakit hipertensi yang lebih mudah terkena penyakit stroke, harus mulai mengonsumsi air rebusan daun kersen agar terhindar dari penyakit berbahaya ini.

7 dari 7 halaman

8. Menghilangkan lelah

 Manfaat daun kersen hilangkan capek dan lelah sehabis olahraga

Daun kersen memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan antiinflamasi yang dapat mengurangi kerusakan otot.

Jadi Sahabat Dream tidak perlu khawatir lagi dengan rasa lelah setelah olahraga. Dengan minum air rebusan daun kersen kamu bisa mengatasi rasa lelah tersebut.

Demikian tadi 8 manfaat daun kersen untuk kesehatan, dari diabetes, asam urat, kolesterol hingga sebagai antikanker alami. Semoga bermanfaat. (mut)

Beri Komentar