Manfaat Daun Pegagan, Centella Asiatica yang Bikin Kulit Glowing

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 27 Agustus 2019 09:02
Manfaat Daun Pegagan, Centella Asiatica yang Bikin Kulit Glowing
Daun ini sedang sangat populer, digunakan di banyak produk skincare.

Dream – Centella Asiatica kini sedang jadi buah bibir di kalangan beauty enthusiast. Daun satu ini banyak terdapat pada produk skincare ternama dan terbukti ampuh membuat kulit jadi lebih bersinar atau glowing.

Untuk di Indonesia, Centella Asiatica dikenal dengan nama daun pegagan. Merupakan  tanaman liar yang tumbuh dan berkembang perkebunan, ladang, persawahan hingga pinggir jalan.

Daun ini masuk ke dalam family mackinlayaceae dan banyak tumbuh di kawasan Asia. Seperti Indonesia, Asia Tenggara, Jepang, China, India dan beberapa kawasan di  Australia.

Sederet penelitian sudah dilakukan untuk mengetahui manfaat daun liar ini. Salah satu yang memanfaatkannya secara komprehensif adalah produsen produk kecantikan. Sahabat Dream penasaran apa saja manfaat Centella Asiatica?

1 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pegagan: Sebagai Antipenuaan

 Manfaat Daun Pegagan, Centella Asiatica yang Populer!

Salah satu manfaat daun pegagan adalah mampu menghambat enuaan pada kulit terutama wajah dan leher. Gejala penuaan dini merupakan salah satu masalah kecantikan dan kesehatan yang paling dihindari oleh hampir sebagian besar wanita

Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambahnya usia maka produksi kolagen alami di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Padahal, kolagen merupakan protein yang memiliki peranan penting dalam elastisitas kulit terutama wajah dan leher.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyatakan bahwa daun pegagan secara efektif mampu membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pegagan: Melancarkan Peredaran Darah

 Manfaat Daun Pegagan, Centella Asiatica yang Populer!

Manfaat daun pegangan atau Centella Asiatica tidak selalu berkaitan dengan kecantikan wajah saja, Sahabat Dream. Manfaat lainnya adalah mampu untuk membantu melancarkan peredaran darah yang ada di tubuh.

Daun pegagan juga mampu utnuk mengatasi masalah pembengkakan seperti varises dan insufisiensi vena.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Angiology bahkan menyatakan jika daun pegagan juga mampu untuk membantu pengobatan hipertensi pada vena. Hal ini dikarenakan kandungan triterpenes yang bersifat anti-peradangan dalam daun pegagan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pegagan: Mengatasi Luka

 Manfaat Daun Pegagan, Centella Asiatica yang Populer!

Selanjutnya, manfaat daun pegagan atau Centella Asiatica adalah mampu untuk mengatasi luka yang terdapat di tubuh. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian terbaru pada April 2018 yang mengkaji daun pegagan untuk membantu mengurangi jaringan parut setelah melakukan operasi.

Hasil yang didapatkan adalah terjadinya penyembuhan yang lebih cepat pada pasien yang mengonsumsi ekstrak daun pegagan secraa rutin pasca operasi. Bahkan, dengan mengonsumsinya juga mampu membuat memudarnya jaringan parut bekas sayatan operasi

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Medicine menyatakan bahwa daun pegagan atau Centella Asiatica mampu digunakan sebagai salah satu salep untuk luka bakar.

Proses penyembuhan yang lebih cepat serta mampu menurunkan risiko terjadi infeksi membuat obat salep dari daun pegagan telah dikenal sejak berabad-abad lalu. Orang zaman dahulu menjadikan obat salep dari daun pegagan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi luka ringan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pegagan: Mengatasi Stretch Marks

 Manfaat Daun Pegagan, Centella Asiatica yang Populer!

Selanjutnya, manfaat daun pegagan adalah mampu untuk mengatasi stretch marks. Terdapat sebuah penelitian pada tahun 2013 yang mengatakan jika daun pegagan secara efektif mampu untuk menghilangkan stretch marks pada kulit. Bagi para wanita yang memiliki stretch marks terutama setelah melahirkan sangat dianjurkan unutk mengonsumsi daun pegagan atau Centella Asiatica ini.

Pasalnya, daun pegagan memiliki kandungan senyawa bernama terpenoid yang memang dikenal sebagai salah satu bahan dalam pembentukan kolagen alami. Selain bisa menghilangkan stretch marks, daun pegagan ini juga bisa mencegah timbulnya stretch marks di kemudian hari.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pegagan: Meningkatkan Fungsi Otak

 Manfaat Daun Pegagan, Centella Asiatica yang Populer!

Manfaat daun pegagan atau Centella Asiatica yang berikutnya adalah mampu meningkatkan fungsi kinerja otak terutama pada fungsi kognitif otak.

Hal tersebut juga diperkuat dengan adanya sebuah penelitian kecil pada tahun 2016 yang membandingkan efek dari ekstrak daun pegagan dengan asam folat dalam meningkatkan fungsi otak setelah mengalami stroke.

Hasil yang didapatkan adalah kedua bahan tersebut memang mampu untuk meningkatkan funsi otak, namun ekstrak daun pegaganlah yang bekerja lebih cepat dan lebih efektif. Untuk itu, para ahli percaya jika ekstrak daun pegagan mampu lebih efektif untuk membantu meningkatkan fungsi otak daripada asam folat. (mut)



(Sumber: hellosehat dan doktersehat)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting