Manfaat Jahe untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 26 Mei 2020 07:47
Manfaat Jahe untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat
Penggunaan jahe sebagai bahan untuk menurunkan berat badan, juga dapat diolah dengan mencampurkan bahan lainnya yang memilik fungsi serupa.

Dream – Jahe merupakan salah satu tanaman berbunga yang akarnya banyak dimanfaatkan. Jahe memiliki banyak manfaat seperti bahan untuk memasak, membuat kue, mengurangi peradangan, merangsang penceranaan dan mengurangi nafsu makan. Banyak pula orang yang mengonsumsi jahe karena dipercaya dapat digunakan sebagai bahan alami penurun berat badan.

Dilansir dari healthline.com, literatur medis menunjukkan bahwa jahe dapat dikonsumsi bersamaan saat seseorang sedang menurunkan berat badan. Tentu saja metode ini tetap harus diimbangi dengan olahraga yang teratur serta pola makan yang sehat. 

Lebih lanjut, penggunaan jahe sendiri sebagai bahan untuk membantu menurunkan berat badan, dapat dilihat dari beberapa faktor berikut yang dirangkum dari healthline.com.

1 dari 4 halaman

Kandungan dalam jahe

Jahe© Pexels.com

Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaol. Senyawa inilah yang dipercaya dapat membantu merangsang aktifitas bilogis dalam tubuh saat mengkonsumsi jahe. Menurut yaitu Pub Med Central Database mengatakan bahwa, obesitas dapat menyebabkan stres oksidatif dan peradangan.

Stres oksidatif disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh. Peneliti lebih lanjut mengungkapkan bahwa “ Sifat antioksidan jahe membantu mengendalikan radikal bebas ini, dan sifat anti-inflamasinya dapat mengatasi peradangan.”

Jahe tidak secara langsung dapat menurunkan berat badan. Namun, jahe merupakan pilihan yang tepat jika ingin menurunkan berat badan secara sehat. Karena kandungan dalam jahe dapat mengurangi efek samping dari upaya penurunan berat badan. Selain itu kandungan didalam jahe juga dapat mencegah kerusakan kardiosvaskuler. Atau lebih dikenal dengan komplikasi pada jantung.  

Para peneliti di Institute for Human Nutrition di Columbia University, menemukan bahwa menambahkan minuman jahe panas untuk diet, akan membuat rasa kenyang lebih lama.

Lebih lanjut para peneliti menambahkan bahwa, jahe juga dapat meningkatkan efek thermal dalam tubuh. Efek thermal inilah yang dimiliki oleh tubuh untuk membakar lemak dan mengolahnya menjadi energi.

Dan menurut sebuah penelitian meta-analysist mengatakan bahwa, jahe memiliki efek yang signifikan untuk menghilangkan berat badan dan lemak perut (rasio pinggang-pinggul).

Selain itu, gingerol dapat mendorong aktifitas tertentu didalam tubuh. Seperti efek anti-obesitas. Lebih lanjut dikatakan bahwa, gingerol yang terkandung didalam jahe, dapat membantu mempercepat pencernaan. Ditambah gingerol juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

2 dari 4 halaman

Cara mengolah jahe untuk menurunkan berat badan

Jahe© Pexels.com

Jahe dan Lemon

Kamu dapat mencampurkan perasan air lemon kedalam teh jahe atau minuman jahe. Kedua campuran ini, akan dapat membantu mengurangi dehidrasi dan membuat anda kenyang lebih lama.Lemon memiliki sifat diuretik alami yang bisa membantu membersihkan usus dari tumpukan sisa makanan. Cara ini akan sangat membantu kamu untuk mengurangi berat badan secara sehat.  

Siapkan bahan:

150 ml air

1/2 buah lemon, peras airnya

2 cm jahe, parut

Cara Membuat:

Masukkan air lemon dalam gelas dan tuangkan air.

Aduk rata, masukkan jahe parut dan aduk rata.

3 dari 4 halaman

Cara mengolah jahe dan cuka sari apel

Cuka Sari Apel dan Jahe

Cuka dari apel dan jahe juga dapat menjadi kombinasi yang baik untuk menurunkan berat badan. Cuka sari apel dapat membantu menurunkan berat badan, menggunakan cuka sari apel bersamaan dengan jahe dapat meningkatkan efek antiglikemik dan antioksidan.

Cuka sari apel juga membawa probiotik yang kuat kedalam campuran jahe. Hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan usus saat sedang berusaha menurunkan berat badan.

Siapkan bahan:

Teh jahe 1 cangkir

Cuka sari apel 2 sdm

Madu secukupnya. 

Cara membuat:

Seduh teh jahe dan biarkan agak hangat.

Kemudian masukkan cuak sari apel. Lalu tambahkan sedikit madu.

4 dari 4 halaman

Cara mengolah jahe dan teh hijau

Penggunaan teh hijau untuk menurunkan berat badan, sudah tidak asing lagi. Kandungan didalam teh hijau dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh.

Cara membuat campuran teh hijau dan jahe sangat mudah. Kamu dapat merendam kantong teh hijau dan kantong teh jahe secara bersamaan. Tambahkan sedikit air hangat untuk menyatukan kedua rasa.

Kamu juga dapat mencampurkan bubuk teh hijau kedalam seduhan air jahe yang hangat.

Jahe© Pixabay.com

Jus Jahe

Salah satu cara yang efektif untuk mengolah jahe adalah dengan membuat jus jahe. Jus jahe dapat dicampurkan dengan bahan lain seperti madu, lemon atau air untuk mengurangi rasa pedas pada jahe.

Semua bahan campuran jahe tersebut mengandung sifat menghidrasi, antioksidan, dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Beri Komentar