10 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Reporter : Sugiono
Rabu, 18 September 2019 12:13
10 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol
Berikut ini 10 manfaat jamur kuping untuk kesehatan, mulai dari obati hipertensi dan turunkan kolesterol hingga menurunkan berat badan.

Dream - Jamur adalah salah satu bahan masakan dan obat populer yang dikenal memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang banyak.

Salah satu jenis jamur yang sering dijadikan masakan adalah jamur kuping merah. Selain jamur kuping merah, ada jenis jamur kuping yang juga memiliki manfaat kesehatan yang disebut jamur kuping hitam.

Kedua jenis jamur tersebut banyak ditemui di wilayah Asia dan beberapa pulau Pasifik dengan iklim lembab.

Selain untuk bahan masakan, manfaat jamur kuping lainnya adalah untuk kesehatan. Jamur kuping tidak hanya rendah lemak dan kalori, tapi juga kaya protein dan nutrisi lainnya.

Masyarakat Jepang, jamur kuping dikenal dengan sebutan kikurage. Sementara orang-orang China menyebutnya Mu Er.

Ciri ciri Jamur Kuping

Jamur ini disebut jamur kuping karena bentuknya dianggap menyerupai daun telinga manusia. Jika dalam kondisi segar, jamur kuping memiliki tekstur yang kenyal. Namun bila dalam keadaan kering, jamur kuping akan mengeras seperti tulang.

 Ciri ciri Jamur Kuping

Jamur kuping memiliki diameter dua hingga 15 cm dengan daging yang tipis dan kenyal. Seperti siklus hidup jamur tiram dan shitake, jamur kuping akan menghasilkan spora berukuran kecil dengan jumlah yang sangat banyak.

Jamur kuping sudah banyak dikembangkan di Indonesia. Sahabat Dream pasti dengan mudah menemukan jamur kuping dijual di pasar atau supermarket. Di alam liar, jamur kuping biasanya tumbuh di tempat lembab. Seringkali di atas batang pohon yang lapuk atau sisa sisa tanaman.

Dalam Bahasa Inggris, jamur kuping dikenal dengan nama wood ear, tree ear, cloud ear, atau jew’s ear fungi.

Kandungan Nutrisi Jamur Kuping

Kandungan nutrisi jamur kuping sangat banyak. Tidak heran manfaat jamur kuping merah serta hitam untuk kesehatan juga sangat besar.

Dalam 99 gram jamur kuping merah atau jamur kuping hitam, terdapat 21 macam nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Beberapa kandungan nutrisi jamur kuping tersebut adalah protein, vitamin C, Thiamin, Riboflavin, vitamin B6, asam folat, kalsium, dan zat besi.

Selain itu jamur kuping juga mengandung zat magnesium, fosfor, potasium, sodium, seng, mangaan, dan selenium. Kandungan vitamin jamur kuping di antaranya vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B12.

Melihat kandungan nutrisinya, maka manfaat jamur kuping merah serta hitam untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 manfaat jamur kuping untuk kesehatan, obati hipertensi dan turunkan kolesterol

10 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan, Obati Hipertensi dan Turunkan Kolesterol

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture, jamur kuping memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral.

Karena itu, manfaat jamur kuping untuk kesehatan telah diakui oleh dunia kedokteran. Berikut ini manfaat jamur kuping untuk kesehatan yang jarang diketahui.

1. Obati Hipertensi

Salah satu manfaat jamur kuping untuk kesehatan adalah mengobati hipertensi. Mengonsumsi jamur kuping menimbulkan efek hiperkolesterolemia. Karena efek inilah jamur kuping mampu mengatasi penyumbatan di pembuluh darah, sklerosis pembuluh darah dan hipertensi.

Salah satu penyebab hipertensi adalah penyempitan arteri ginjal. Dengan mengurangi kolesterol, maka kemungkinan penyempitan akan berkurang. Jamur kuping bisa mengurangi risiko hipertensi, pembekuan darah, dan trombosis. Jamur kuping juga dapat mencegah pembekuan darah.

1 dari 9 halaman

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan berikutnya adalah bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Manfaat yang satu ini masih dalam tahap penelitian, sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

 15 Cara Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida yang Tinggi

Mengingat khasiat jamur kuping yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, berarti jamur ini memiliki efek positif terhadap kadar kolesterol dalam darah. Polisakarida yang ditemukan pada jamur jenis ini dapat menurunkan kolesterol darah dan trigliserida.

Jika tidak diobati, kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak menumpuk di arteri. Seiring waktu, plak ini dapat mempersempit pembuluh darah.

2 dari 9 halaman

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat jamur kuping adalah melancarkan sirkulasi darah. Itu karena di dalam jamur kuping mengandung zat antikoagulan yang bertindak seperti pengencer darah, mirip dengan aspirin. Lancarnya aliran darah sangat penting untuk mencegah terjadinya berbagai komplikasi dan penyakit.

 Tes Darah Haid Bisa Prediksi Kondisi Kesuburan

Selain itu, jamur kuping dikenal mengandung zat besi yang sangat tinggi dan merupakan obat yang populer untuk menghilangkan gejala anemia. Jamur kuping kaya akan zat besi, protein, vitamin, dan polisakarida. Terpenoid dalam jamur ini dianggap membantu penderita alergi dengan mencegah aktivitas antigen.

3 dari 9 halaman

4. Mencegah Anemia

 Manfaat jamur kuping mencegah anemia

Manfaat jamur kuping selanjutnya adalah untuk mencegah anemia. Salah satu penyebab anemia adalah karena kurangnya asupan zat besi, yang merupakan mineral yang sangat penting dalam pembentukan sel darah. Satu porsi jamur kuping dapat memenuhi kebutuhan zat besi sekitar 9-21% dari kebutuhan harian.

4 dari 9 halaman

5. Mengobati Wasir

Kemampuan jamur kuping yang bisa memperlancar sirkulasi darah, bermanfaat dalam mengobati wasir. Jamur kuping memiliki efek pendinginan pada darah, meningkatkan sirkulasi dan mengobati memar. Itulah mengapa jamur kuping digunakan untuk mengobati wasir.

 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Perut

Pembuluh darah bengkak yang terletak di sekitar anus atau di dubur bawah disebut wasir. Sekitar 50 persen orang dewasa mengalami gejala wasir pada usia 50 tahun. Jamur kuping juga kaya serat yang dapat meringankan sembelit akibat wasir.

5 dari 9 halaman

6. Mencegah Gangguan Alzheimer

Orang-orang berusia lanjut dianjurkan untuk makan jamur kuping. Ekstrak polisakarida yang terdapat dalam jamur kuping mampu menunjukkan aktivitas penghambatan terhadap salah satu enzim kunci yang terlibat dalam penyakit Alzheimer.

6 dari 9 halaman

7. Menurunkan Berat Badan

 Tips Turunkan Berat Badan di Bulan Ramadan

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan berikutnya adalah mampu menurunkan berat badan. Pektin dan serat dalam jamur kuping dianggap membantu mencegah obesitas dan mendorong penurunan berat badan dengan mencegah penyerapan lemak.

Kandungan serat tinggi di jamur kuping membantu membuat perut terasa kenyang lebih cepat. Protein yang tinggi di dalam jamur kuping memberikan energi dan zat untuk bahan bakar tubuh.

7 dari 9 halaman

8. Sebagai Antioksidan dan Anti-Inflamasi

Kandungan vitamin B2 atau riboflavin dalam jamur kuping bertindak sebagai antioksidan kuat. Riboflavin melindungi sel dari radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

 6 Tips Mencukur Agar Lebih Aman dan Nyaman

Sementara ekstrak polarisakarida yang terdapat dalam jamur kuping memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini berguna untuk mengatasi atau mengobati iritasi dan peradangan yang terjadi pada selaput lendir.

8 dari 9 halaman

9. Menurunkan Risiko Stres

 Email Pekerjaan Beresiko Tingkatkan Stres

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan risiko stres. Vitamin B2 atau Riboflavin yang ada di dalam jamur kuping memiliki efek mengurangi stres fisik dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

9 dari 9 halaman

10. Sebagai Anti-Virus yang Handal

 9 Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal Secara Alami Dengan Cepat

Jamur kuping mengandung trace mineral germanium, yang memiliki efek anti-virus dan anti-tumor. Germanium juga dikenal memberi energi pada tubuh, oleh karena itu bermanfaat sebagai ramuan yang memerangi virus.

Demikian tadi 10 manfaat jamur kuping untuk kesehatan, mulai dari obati hipertensi dan turunkan kolesterol hingga menurunkan berat badan. (mut)

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie