Manfaat Kacang Tanah Rebus dan Goreng Serta Kulitnya untuk Ibu Hamil

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 31 Desember 2019 18:45
Manfaat Kacang Tanah Rebus dan Goreng Serta Kulitnya untuk Ibu Hamil
Kacang tanah ternyata memiliki banyak manfaat, salah stunya untuk ibu hamil

Dream - Di antara beragam jenis kacang-kacangan, pastinya kamu tak asing lagi dengan kacang tanah. Selain diolah menjadi beberapa masakan, kacang tanah juga sering direbus atau digoreng menjadi camilan. Rasa yang gurih serta lezat membuat kacang tanah banyak diminati.

Selain rasanya yang enak, kacang tanah memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Namun tahukan kamu jika manfat kacang tanah juga baik untuk kecantikan kulit. Ternyata di balik ukurannya yang sangat kecil, kacang tanah memiliki kandungan zat yang dibutuhkan untuk kulit. Yuk cari tahu manfaat kacang tanah.

1 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil

© MEN

Penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Epidemiology ini mengatakan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi kacang di trimester pertama, dapat meningkatkan perkembangat saraf pada anak.

Mencerdaskan anak

Penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi kacang tanah di trimester pertama kehamilannya, menyebabkan anak yang dilahirkannya lebih cerdas. Kecerdasan ini teerlihat dari hasil tes kognitif, kapasitas perhatian dan juga memori anak.

Asupan folat

Kacang tanah mengandung asam folat tinggi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Manfaat kacang tanah ini pastinya bisa mendukung pertumbuhan otak dan perkembangan otot. Selain itu, asam folat juga membantu pembentukan sumsum tulang belakang.

Mencegaha anemia

Penyakit anemia merupakan penyakit yang sangat rentan dimiliki oleh ibu hamil. Untuk itu, kamu harus memenuhi kandungan zat besi pada tubuh ibu hamil, konsumsi kacang tanah secara cukup. Sebab, kacang tanah kaya akan kandungan zat besi dan mampu memenuhi kebutuhan zat besi pada ibu hamil.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Tanah Rebus

kacang tanah© Liputan6.com

Olahan sederhana kacang tanah ini sangat mudah ditemukan. Biasanya pedangan kacang tanah rebus berbarengan dengan pedagang jajung rebus. Rasa kacang tanah yang direbus juga relatif manis dan teksturnya lebih lembut.

Mengurangi risiko batu empedu

Kacang tanaah alami maupun kacang tanah berbentuk selai dapat mengurangi risiko batu empedu dalam tubuh. Selain itu, kacang tanah juga bisa mencegah berbgai infeksi hati dan kantung empedu sebanyak 50%

Mencegah stroke

Manfaat kacang tanah selanjutnya yaitu dapat mencegah stroke. Sebab, kacang tanah mengandung antioksidan dan juga resvreratrol yang dapat meningkatkan produksi oksida nitrat yang baik untuk mencegah stroke.

Menurunkan kolestrol

Kacang tanah mengandung asam lemah tak jenuh yang sangat tinggi. Sehingga bisa menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh. Selain itu, asam lemak tinggi pada kacang tanah ini juga dapat mencegah penyakit jantung.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kulit Kacang Tanah

kulit kacang tanah© Liputan6.com

Tak hanya berbagai manfaat kacang tanah yang bisa kamu dapatkan, tenryata kulit kacang tanah juga memiliki manfaat. Cara mengkonsumsi kamu bisa meminum air rebusan kulit kacang tanah secara rutin.

Perawatan gigi

Kulit kacang tanah mampu membersihkan plak dan karang gigi. Caranya cukup mudah, cukup merebus 50 gram kulit kacang tanah rebus yang sudah dibersihkan, rebus hingga mendidih lalu diamkan sejenak. Celupkan sikat gigi ke dalam air rebusan tersebut, lalu gosoklah gigi seperti biasa.

Menurunkan asma urat

Tak seperti kacang tanah yang dianggap sebagai pemicu asam urat, kulit kacang tanah justru memilki manfaat untuk menurunkan asam urat. Cukup minum air rebusan kacang tanah secara rutin agar kamu mendapatkan manfaatnya

memperlancar peredaran darah

Selain bisa merawat gigi dan juga menurunkan asam urat, kulit kacang tanah juga mampu memperlancar peredaran darah. Pastikan kamu mengkonsumsi air rebusan kulit kacang tanah yang sudah kamu bersihkan terlebih dahulu agar tetap bersih dan bisa melancarkan peredaran darah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Makan Kacang Tanah

kacang tanah© Liputan6.com

Selain direbus, kacang tanah juga sering digoreng maupun dolah menjadi berbagai macam masakan. Bisa jadi sup, bumbu kacang dan juga selai kacang. Pastinya manfaat kacang juga tetap bisa kamu rasakan dengan mengkonsumsi olahan kacang.

Mencegah kanker perut

kandunga polifenolik dan antioksidan pada kacang tanah bisa mengurangi risiko kanker perut pada tubuh. Nutrisi ini dipercaya dapat mengurangi produksi karsinogenik nitroud amina yang merupakan penyebab utama tumbuhnya sel kanker di perut.

Mencegah penyakit jantung

Jika kamu mengkonsumsi kacang tanah secara teratur dengan jumlah yang secukupnya, hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung. kandungan asam oleat yang baik untuk jantung bisa menurunkan risiko kardiovaskular yang merupakan penyebab penyakit jantung koroner.

Meningkatkan memori

Manfaat kacang tanah mampu meningkatkan memori. Hal inidisebabkan oleh kandungan niacin dan juga resveratrol yang bisa melancarkan sirkulai darah ke otak, sehingga bisa menguatkan ingatan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Tanah Goreng

kacang tanah© Liputan6.com

Kacang goreng sering kali dijadikan camilan bagi beberapa orang. Camilan ini biasanya sering disuguhkan pada saat lebaran. Rasanya yang asin dan gurih membuat kacang goreng sangat diminati.

Mengurangi depresi

Kacang tanah memiliki kandungan triptofan asam amino sehingga dapat membentuk serotonin. Serotonin ini sangat membantu membentuk suasana hati yang positif.

Baik untuk tubuh

Kacang tanah mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti vitamin B6, vitamin E, magnesium, asam folat dan kandungan lain yang sangat baik untuk tubuh. Konsumsi kacang tanah yang cukup bisa membantu memenuhi nutrisi kebutuhan tubuh.

Mencegah penuaan dini

Manfaat kacang tanah selanjutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Sebab, kacang tanah mengandung vitamin E yang baik untuk mencegah riisko penuaan dini, seperti keriput dan kulit kusam.

Manfaat kacang tanah bisa kamu dapatkan dari kulitnya maupun kacangnya. Konsumsi secara rutin agar kamu dapat merasakan manfaatnya dengan cepat.

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar