Manfaat Menyusui Bagi Wanita, Ampuh Menurunkan Berat Badan

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 8 Juli 2019 11:47
Manfaat Menyusui Bagi Wanita, Ampuh Menurunkan Berat Badan
Meyusui merupakan salah satu tindakan yang sangat disarankan untuk dilakukan. Selain sangat bermanfaat bagi si kecil, ternyata menyusui juga bermanfaat bagi sang ibu. Yuk simak informasinya berikut in

Dream ASI telah dikenal mengandung banyak sekali nutrisi dan gizi yang bagus dan baik bagi buah hati. Memberikan ASI secara eksklusif kepada buah hati juga akan membuatnya menjadi lebih sehat dan kuat.

Para dokter sangat menyarankan bagi para ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati hingga berusia enam bulan.

Hal ini dikarenakan ASI memiliki komposisi yang lebih mudah untuk dicerna daripada komposisi di susu formula.

Tak jarang para ibu akan rela memberikan ASI eksklusif hingga sang buah hati berumur dua tahun bahkan ada yang lebih dari dua tahun loh Sahabat Dream. Hampir setiap wanita mengerti akan pentingnya dan manfaat dari pemberian ASI itu sendiri.

Tidak hanya bermanfaat untuk sang buah hati, permberian ASI secara eksklusif juga bermanfaat bagi si ibu. Berikut merupakan manfaat menyusui bagi wanita yang harus kalian ketahui:

1 dari 6 halaman

Menurunkan Berat Badan

Pada saat kehamilan, mengalami kenaikan berat badan merupakan hal yang sangat wajar dialami oleh para ibu hamil. Berat badan yang cenderung menambah ini bahkan bisa terjadi hingga sang ibu telah menjalani proses persalinan.

Tahukah kalian kalau menyusui bisa menurunkan berat badan? Dengan menyusui tubuh akan lebih banyak membakar energi untuk memasukkan nutrisi ke dalam air susu nya dan hormon-hormon akan mulai menyeimbangkan diri mereka sendiri.

 Ibu menyusui



Para ibu akan bisa melihat bentuk badannya setelah menyusui hingga 3-4 bulan. Namun, hal ini juga harus didukung oleh pola makan yang sehat dan olahraga. Dengan melakukan kegiataun tersebut nantinya akan membantu menghilangkan lapisan lemak yang ada di dalam tubuh para ibu.

2 dari 6 halaman

Membantu Kontraksi Rahim

Rahim setiap wanita pada dasarnya memiliki ukuran seperti sekitar buah pir. Berbeda halnya dengan ibu hamil, rahim para wanita yang sedang berada pada fase kehamilan akan mengalami pelebaran hingga memiliki ukuran sebesar perut.

Pembesaran rahim terjadi seiring dengan pertumbuhan janin yang sedang dikandung oleh para ibu hamil. Namun, setelah melalui proses persalinan, rahim akan mengalami penyusutan atau terjadi proses retraksi hingga rahim kembali keukuran normal.

 Ini Camilan Penting Buat Ibu Menyusui

 

Proses retraksi ini didorong oleh hormon oksitosin yang dimana hormone ini merupakan hormone utama untuk bisa menyebabkan proses retraksi ini.

Hormone oksitosin akan dilepaskan pada saat proses persalanin yang dimana bertujuan untuk memudahkan kelahiran pada bayi serta mengurangi resiko pendarahan bagi ibu.

Selain dilepaskan selama proses persalinan, hormon oksitosin juga kan dikeluarkan selama para ibu menyusui. Hal ini nantinya akan membantu para ibu menyusui untuk memperlancar kontraksi rahim.

3 dari 6 halaman

Mengurangi Depresi

Hampir 15% wanita di seluruh dunia mengalami depresi setelah mereka melahirkan. Terdapat beberapa alasan yang membuat para wanita pasca melahirkan mengalami depresi.  Para wanita ini akan cenderung mengabaikan sang buah hati dan menghindari menyusui sang anak.

Namun, tahukah kalian dengan menyusui bisa mengurangi depresi pada wanita? Wanita yang memilih untuk menyusui langsung akan memiliki tingkat resiko mengalami depresi lebih rendah dari pada para wanita yang tidak menyusui anaknya.

 Ibu Menyusui Dibolehkan Tidak Puasa, Syaratnya...

Dengan menyusui langsung anaknya membuat sang ibu memiliki ikatan emosional dan perasaan keibuan yang sangat kuat. Para wanita menyusui akan lebih sering merasakan kebahagiaan pada saat melakukan kontak fisik dengan sang anak seperti menyusui.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, zat oksitosin diproduksi pada saat menyusui juga. Zat inilah yang membantu para wanita untuk mengurangi rasa kecemasan dan mampu menjaga agar si ibu tetap rileks.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Resiko Penyakit

Menyusui dapat melindungi para ibu terhadap beberapa penyakit loh Sahabat Dream. Bahkan penyakit keras seperti kanker pun bisa dicegah dengan melakukan pemberian ASI atau menyusui sang buah hati. 

Selain kanker, menyusui juga bisa mencegah sang ibu terkena penyakit bisul, gangguan pencernaan, gangguan usus, tekanan darah, diabetes, kolesterol tinggi, osteoporosis dan masih banyak lainnya.

 Pastikan Ibu Menyusui Tetap Fit Saat Puasa

Sebuah studi menunjukkan bahwa menyusui dapat menurunkan resiko kanker sebesar 4,3% setiap tahunnya.

Selain itu, para ibu yang memberikan ASI eksklusif selama 1-2 tahun akan mengalami pengurangan resiko terkena penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

5 dari 6 halaman

Mencegah Menstruasi

Mencegah menstruasi disini bertujuan untuk memberikan para wanita relaksasi waktu untuk hamil kembali. Konsisten dalam menyusui akan membantu menyebabkan siklus ovulasi dan mentruasi menjadi berhenti untuk sementara.

Menyusui merupakan salah satu metode yang paling efisien untuk mengendalikan jarak kelahiran bagi para wanita setelah beberapa bulan melahirkan buah

 Catat, Durasi Ideal Ibu Menyusui Si Kecil

hati. Meskipun begitu, jangan terlalu mengandalkan unutk bisa mengendalikan jarak kehamilan dengan cara menyusui. Konsultasikan selalu kepada dokter bagi kalian yang ingin mengendalikan jarak kehamilan secara akurat dan tepat.

6 dari 6 halaman

Menghemat Keuangan

Siapa sih yang tidak tahu harga dari susu formula? Susu formula memiliki harga yang terbilang cukup mahal untuk dikonsumsi setiap harinya. Bagi kalian yang tidak menginginkan memberikan ASI eksklusif, itu berarti kalian juga harus menyiapkan dana yang cukup banyak.

Selain untuk membeli susu formula setiap saat, kalian juga harus bisa meluangkan waktu dengan rajin untuk selalu membersihkan botol susu yang dipakai buah hati kalian hingga steril.

 Makanan bagi Ibu Menyusui, Dijamin Asi Lancar

Dengan menyusui, selain bisa mencegah segala penyakit yang bisa menyerang tubuh ternyata juga bisa membuat kalian berhemat. Sahabat Dream bisa menghemat uang, menghemat waktu dan juga menghemat tenaga dengan melakukan pemberian ASI eksklusif.

(ism, Sumber: boldsky.com)

Beri Komentar
Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir