6 Manfaat Omega 3 Mulai dari Mengatasi Peradangan hingga Mencegah Kanker Payudara

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 25 Mei 2022 11:36
6 Manfaat Omega 3 Mulai dari Mengatasi Peradangan hingga Mencegah Kanker Payudara
Omega 3 adalah asupan yang penting bagi tubuh, terutama untuk otak.

Dream – Sahabat Dream tentu pernah mendengar tentang omega 3 bukan? Asam lemak tak jenuh ganda ini semakin populer dan banyak ditemukan pada ikan. Kandungan omega 3 juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung kesehatan, terutama kesehatan otak.

Orang tua yang baru memiliki anak biasanya banyak yang mencari bahan makanan dengan kandungan omega 3 karena diyakini bisa membantu proses tumbuh kembang sang buah hati.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa di dalam omega 3 terdapat lemak yang baik, yakni berupa asam alfalinolenat (ALA), dekosaheksaenoat (DHA), dan eikosapentanoat (EPA). Bagi sahabat Dream yang ingin mencukupi kebutuhan omega 3 di dalam tubuh, maka bisa mengonsumsi ikan salmon. Bahkan tumbuhan seperti biji rami juga memiliki kandungan omega 3.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat omega 3 yang penting diketahui sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan

Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan© Freepik.com

Mengatasi Peradangan

Manfaat omega 3 yang pertama adalah untuk mengatasi peradangan. Peradangan adalah kondisi yang tidak bisa dianggap remeh. Di mana ini adalah bentuk respons alami pada infeksi dan kerusakan yang terjadi di tubuh seseorang. Bahkan peradangan ini bisa terjadi dalam waktu yang lama.

Jika hal tersebut terjadi, maka bisa memicu datangnya penyakit yang berbahaya, seperti penyakit kanker dan jantung. Namun, kondisi itu bisa sahabat Dream cegah dengan cara mengonsumsi asam lemak omega 3. Kandungan ini nantinya mampu meredakan produksi molekul dan zat yang berhubungan dengan peradangan.

Baik untuk Kesehatan Mata

Mata menjadi organ yang sangat penting karena membuat kita bisa melihat segala sesuatu yang ada di sekeliling. Tanpa mata, tentu dunia akan terasa gelap dan membuat kita tidak bisa melihat setiap ciptaan Tuhan yang begitu indahnya. Selama ini kita banyak mendengar bahwa untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

Tetapi ternyata tidak itu saja lho, sahabat Dream. Kamu juga perlu mengonsumsi omega 3. Di dalam omega 3 terdapat DHA yang adalah struktur lemak utama di retina. Jika sampai kita kekurangan DHA, maka akan menyebabkan terjadinya masalah pada mata dan juga berisiko terkena degenerasi makula. Oleh karena itu, pastikan sahabat Dream memenuhi kebutuhan omega 3 secara cukup.

2 dari 3 halaman

Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan

Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan© Freepik.com

Menguatkan Tulang dan Sendi

Tulang dan sendi adalah bagian tubuh yang sangat penting. Keberadaan tulang memiliki peran untuk bisa menopang tubuh agar bisa berdiri dengan tegak dan keberadaan sendi membuat kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan mudah. Jika tulang dan sendi mengalami masalah, tentunya hal ini akan menghambat aktivitas kita sehari-hari.

Nah, cara untuk menjaga kekuatan tulang dan sendi adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Kandungan tersebut juga ampuh untuk mencegah dari terjadinya tulang keropos atau osteoporosis. Hebatnya lagi, omega 3 juga memiliki sifat antiradang yang bisa mencegah sekaligus mengatasi nyeri sendi.

Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat omega 3 yang tak kalah istimewa adalah bisa menjaga kesehatan otak. Mengingat bahwa otak adalah organ yang sangat vital dan membutuhkan nutrisi yang benar-benar cukup agar bisa berfungsi dengan baik. Nah, omega 3 adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh otak.

Dengan memenuhi asupan omega 3 secara cukup, hal ini bisa menjaga fungsi otak dengan baik, meningkatkan daya ingat, dan menurunkan risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia.

3 dari 3 halaman

Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan

Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan© Unsplash.com

Meredakan Nyeri Haid

Manfaat omega 3 berikutnya adalah bisa meredakan nyeri haid. Kondisi ini kerap dialami oleh para perempuan setiap bulannya. Ada yang merasa nyeri ringan, tetapi ada juga yang parah sehingga harus benar-benar istirahat. Nyeri yang dirasakan secara umum adalah di bagian perut. Nah, cara untuk meredakan rasa nyeri tersebut adalah dengan menggunakan omega 3.

Hal ini telah dilakukan penelitian yang membuktikan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi omega 3 lebih ringan saat mengalami nyeri haid. Sahabat Dream juga perlu tahu bahwa omega 3 bahkan lebih efektif jika dibandingkan dengan ibuprofen untuk mengatasi nyeri di saat haid.

Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit kronis yang diderita oleh perempuan. Penyakit ini memang tidak bisa disepelekan begitu saja. Sudah banyak perempuan yang menjadi korban akibat geganasan dari kanker payudara. Mereka yang berjuang melawan penyakit ini pun bahkan rela menjalani serangkaian pengobatan yang cukup berat. Tetapi ada juga yang mengandalkan obat-obatan herbal.

Namun, penyakit ini bisa dicegah dengan menggunakan omega 3. Hal ini karena di dalam omega 3 terdapat asam lemak yang ampuh menurunkan kekuatan estrogen pada jaringan payudara. Asam lemak omega 3 juga menjadi elemen yang penting untuk menggantikan sel payudara yang rusak akibat inflamasi sel kanker. Bahkan, bagi para penderita kanker payudara bisa menggunakan omega 3 untuk melawan penyakit tersebut.

Beri Komentar