Manfaat Pepaya, Daun Pepaya, Sabun Pepaya, serta Masker Pepaya

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Kamis, 19 Desember 2019 07:37
Manfaat Pepaya, Daun Pepaya, Sabun Pepaya, serta Masker Pepaya
Manfaat daun pepaya, manfat pepaya, manfaat daun pepaya jepang dan manfaat pepaya untuk ibu hamil

Dream - Pepaya merupakan buah yang sangat mudah dijumpai di pasar. Buah ini juga sangat mudah dipelihara, terutama di wilayah tropis.

Selain buahnya, manfaat pepaya juga bisa didapatkan dari daunnya. Begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari sebuah pohon pepaya.

Buah pepaya nikmat dinikmati dalam keadaan apapun. Saat mentah bisa dijadikan rujak, ataupun saat matang bisa dimakan seperti biasa.

Selain itu, harga buah pepaya juga relatif terjangkau. Pepaya mengandung vitamin dan mineral seperti fosfor, kalsium, besi, magnesium dan lain sebagainya.

1 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pepaya

 © MEN

Selain manfaat pepaya, daun pepaya juga memiliki manfaat yang tak kalah dari buahnya. Daun pepaya sering diolah menjadi berbagai macam olahan yang tentunya lezat dan bergizi tinggi.

Mengobati demam berdarah

Daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Cukup mengambil beberapa lembar daun pepaya kemudian rebus menggunakan air bersih. Konsumsi air rebusan daun pepaya untuk mengobati penyakit demam berdarah.

mencegah risiko kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada pepaya dapat menangkal radikal bebas sehingga bisa menurunkan risiko kanker. Caranya untuk mendapatkan manfaat pepaya bagian daun ini, bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan atau mengkonsumsi air rebusan daun pepaya.

Menyehatkan rambut

Gunakan rebusan daun pepaya sebagai campuran sampo untuk keramas. Campuran ini berguna untuk membuat rambut berkilau dan kuat. pastinya cara ini harus kamu lakukan dengan rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Pepaya

 © MEN

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin A dan pastinya tinggi serat. Serat ini akan memperlancar proses buang air besar dan mencegah sembelit. Manfaat pepaya yang satu ini sangat sering diincar oleh orang-orang.

Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin membuat manfaat pepaya bisa digunakan untuk mencegah penyakit jantung. Sebab, peningkatan asupan kalium pada tubuh dapat mengurangi efek penyakit jantung. Konsumsi sepotong pepaya setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan pencernaan

Sudah menjadi khasiat paling ampuh bagi pepaya utnuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada pepaya mampu memeperlancar buang air besar. Mengkonsumsi pepaya setiap hari juga bisa memenuhi kebutuhan serat pada tubuh.

Menaikkan daya tahan tubuh

Pepaya ternyata memiliki kandungan vitamin C 33 persen lebih banyak dari buah jeruk. Untuk itu manfaat pepaya bisa memperbaiki daya tahan tubuh serta memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Konsumsi pepaya secara rutin agar tubuhmu semakin sehat dan terhindar dari penyakit.

3 dari 5 halaman

Manfaat Sabun Pepaya

 © MEN

Sabun pepaya merupakan olahan dari buah pepaya yang baik utnuk kulit. Untuk kamu yang ingin menggunakan sabun pepaya, kini sabun pepaya sudah tersedia di pasaran dengan harga yang bervariasi. Jika kamu ingin merasakan manfaat pepaya untuk kulit, kamu bisa mencoba sabun ini.

Mengenyalkan kulit

Sabun pepaya memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin E dan vitamin C pada pepaya ternyata dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Manfaat pepaya ini akan kamu dpatkan jika kamu rutin menggunakan sabun pepaya.

Menghilangkan flek hitam

Menggunakan sabun pepaya sebagai pembersih tubuh akan membuat noda hitam pada kultimu perlahan memudar. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya.

Mengecilkan pori-pori

Untuk kamu yang memiliki masalah kulit berupa pori-pori besar, kamu bisa menggunakan sabun pepaya secara rutin untuk mengecilkan proi-pori. Berbagai kandungan vitamin dan mineral pada pepaya menjadikan manfaat pepaya dapat mengecilkan pori-pori.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pepaya Jepang

 © MEN

Daun pepaya jepang merupakan sayuran yang tumbuh subur di Indonesia dan memiliki rasa yang relatif manis dibanding daun pepaya biasa. Selain bisa diolah menjadi berbagia macam masakan, daun pepaya jepang ini juga memiliki manfaat yang banyak.

Melancarkan ASI

Jika kamu memiliki masalah dengan kelancaran produksi ASI, kamu bisa mengkonsumsi daun pepaya untuk memperlancar produksi ASI. Gak perlu mencari jamu daun pepaya, kamu bisa mengkonsumsi daun pepaya dalam berbagai olahan.

Meredakan kram menstruasi

Rebus satu lembar daun pepaya bersama dengan sdikit garam dan asam jawa. Setelah mendidih minumlah air rebusan tersebut untuk meredakan nyeri haid.

Mengontrol tekanan darah

Air rebusan daun pepaya ternyata juga bsia digunakan untuk mengontrol tekanan darah. Caranya rebus 5 lembar daun pepaya dengan setengah liter air. Biarkan menguap hingga tersisa 3/4 saja. Minumlah dengan campuran gula merah juka terasa sangat pahit.

5 dari 5 halaman

Manfaat Masker Pepaya

 © Dream

Manfaat pepaya selanjutnya yaitu bisa dijadikan masker wajah yang sangat efektif. Kandungan antioksidan pada pepaya pastinya bisa mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Mencerahkan kulit

Menggunakan masker pepaya mampu mengurangi stres pada kulit dan bisa mengangkat sel kulit mati. Masker pepaya, akan memebrikan efek rileks, sehat dan cerah pada wajah. Cukup blender pepaya tanpa air, kemudian aplikasikan secara merata pada kulit wajah. Tungu sampai kering lalu bilas.

Mengatasi jerawat

Manfaat pepaya selanjutnya yaitu bisa mengatasi jerawat. Menggunakan masker pepaya setiap hari bisa merdakan peradangan pada kulit yang terjadi akibat jerawat. Manfaat pepaya akan kamu rasakan jika kamu menggunaknnya secara berkala.

Mencegah kerutan

Pepaya mengandung Vitamin E yang bisa menghentikan kerusakan seluler pada kulit. oleh sebab itu, masker pepaya sangat baik digunakan untuk mencegah munculnya kerutan pada kulit wajah.

Manfaat pepaya ternyata tidak hanya berada dibuahnya, tetapi juga ada di daunnya, selain itu bisa bisa juga diolah menjadi sabun pepaya.

( Jossi Andriani/ dikutip dair liputan6.com)

Beri Komentar