Puasa Mampu Stabilkan Detak Jantung

Reporter : Kusmiyati
Rabu, 18 Juni 2014 06:03
Puasa Mampu Stabilkan Detak Jantung
Para peneliti mengatakan selain dapat membantu menurunkan berat badan, puasa juga bermanfaat untuk kesehatan jantumh serta menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Dream - Puasa tidak hanya semata-mata untuk menjalankan perintah Allah SWT. Puasa juga banyak manfaat. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, puasa juga berguna untuk kesehatan jantung. 
 
" Puasa sama seperti menjalani diet. Ini telah dilakukan sekitar 20 tahun lalu," kata Assistant Professor of Kinesiology and Nutrition di University of Illinois at Chicago, Krista Varady dikutip Health, Selasa (17/6/2014). 
 
Para penulis penelitian melaporkan temuan mereka ini pada American Journal of Clinical Nutrition. Para peneliti melacak 16 orang gemuk diantaranya 12 perempuan dan empat laki-laki dalam 10 minggu dengan usia 35-65 tahun.
 
Penelitian ini membuktikan adanya penurunan berat badan rata-rata hingga 10 kilogram serta dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol dan menstabilkan detak jantung.
 
" Dibutuhkan sekitar dua minggu untuk menyesuaikan diri dengan diet atau puasa menahan haus dan lapar. Saat sudah terbiasa dapat bermanfaat bagi kesehatan," kata Varady.
 
Varady menambahkan puasa sebaiknya dilakukan tidak hanya dalam satu bulan saja. " Kebiasaan saat puasa harus tetap dilakukan setelah bukan lagi di bulan puasa. Jika tidak maka badan akan kembali mengalami penaikan berat badan," tambahnya. (Ism)

Beri Komentar