Manfaat Tape Singkong dan Efek Samping Jika Berlebihan Mengonsumsinya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 20 Mei 2022 17:47
Manfaat Tape Singkong dan Efek Samping Jika Berlebihan Mengonsumsinya
Tape singkong mengandung banyak manfaat asalkan dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

Dream - Singkong adalah jenis umbi-umbian yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Melalui proses fermentasi, singkong bisa diolah menjadi tape yang sangat nikmat. Olahan tape singkong menghasilkan ciri khas rasa yang manis.

Tape singkong kerap dijadikan camilan. Selain cara membuatnya yang sangat mudah, tape singkong juga mengandung banyak manfaat asalkan dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

Manfaat tape singkong rupanya baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Meski tape singkong mengandung alkohol karena proses fermentasinya, namun tidak membahayakan tubuh. Manfaat tape singkong juga cocok untuk campuran makanan dan minuman.

Dalam artikel kali ini, Dream akan membahas tentang manfaat tape singkong untuk kesehatan yang baik mengatasi berbagai penyakit.

1 dari 4 halaman

Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan

Manfaat tape singkong untuk kesehatan bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Asalkan jika dikonsumsi dalam porsi yang pas. Di antara manfaat tape singkong untuk kesehatan akan dibahas di bawah ini:

1. Penghangat Tubuh

Manfaat tape singkong sangat baik untuk menghangatkan tubuh. Saat cuaca dingin, mengonsumsi tape singkong adalah pilihan tepat. Sebab tape akan menghangatkan tubuh kamu. Selain itu, mengonsumsi tape singkong juga baik bagi kamu yang sedang demam atau merasa lesu. Sebab tape singkong bisa menstimulasi tubuh untuk terasa lebih hangat.

2. Menambah Energi

Manfaat tape singkong selanjutnya bisa dijadikan makanan untuk menambah energi. Karbohidrat pada tape singkong menjadi sumber energi. Fungsi ini sama ketika kamu mengonsumsi nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Mengonsumsi tape singkong bisa membuat tubuhmu bernergi sehingga mampu mengolah protein dan membuat tubuh lebih bugar.

 

2 dari 4 halaman

3. Mengurangi Jerawat

Tak hanya itu, manfaat tape singkong rupanya juga dapat membantu mengurangi jerawat. Kandungan pada tape mampu menetralisir racun yang biasanya menyumbat pori-pori. Namun demikian, kamu wajib memerhatikan porsi saat mengonsumsinya.

4. Sebagai Sumber Probiotik

Selain mengatasi masalah jerawat, manfaat tape singkong juga dijadikan sebagai makanan sumber probiotik. Setelah melalui fermentasi, banyak mikroorganisme yang membentuk sari pati probiotik baik. Air dari tape singkong mengadung probiotik berkhasiat menangkal bakteri dan virus yang menyerang sistem pencernaan.

3 dari 4 halaman

5. Menjaga Kesehatan Otot dan Saraf

Manfaat tape singkong yang selanjutnya adalah menyehatkan otot dan saraf. Tape singkong mengandung thiamin yang dapat meningkatkan kualitas sistem saraf dan otot pada tubuh manusia. Setelah mengonsumsi tape, tubuh akan terasa lebih bugar dan berenergi.

6. Superfood Bagi Sistem Pencernaan

Telah disinggung sebelumnya, manfaat tape singkong untuk kesehatan salah satunya sebagai superfood bagi sistem pencernaan.

Berkat kandungan probiotik dan asam laktat di dalamnya, makanan hasil fermentasi yang satu ini mampu menghalang bakteri dan virus pada pencernaan.

Selain itu juga aka meningkatkan performa bakteri baik di dalam sistem pencernaan. Sebab mengonsumsi tape singkong secara berkala bisa membantu proses sekresi. Akibatnya konstipasi atau sembelit pun dapat dihindari.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Jika Berlebihan Mengonsumsinya

Manfaat tape singkong memang sangat banyak untuk kesehatan. Akan tetapi Sahabat Dream perlu memerhatikan batas mengonsumsinya, yaitu tidak boleh lebih dari 50 gram dalam satu hari.

Setiap orang memiliki reaksi beda-beda jika berlebihan mengonsumsi tape singkong. Berikut beberapa efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak:

  1. Perut terasa sakit karena kandungan alkohol pada tape.
  2. Meningkatkan risiko masalah pada darah seperti keracunan hingga stroke.
  3. Terkena virus atau bakteri apabila proses fermentasinya kurang bersih.

Perlu diingat juga, bahwa tape singkong sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak atau remaja yang memiliki gangguan kekebalan tubuh. Namun jika tidak memiliki masalah dengan tape singkong, maka tidak apa-apa untuk mengonsumsinya.

Beri Komentar