Manfaat Teh Hijau, Mulai dari Kesehatan Tubuh hingga Wajah

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 13 Agustus 2019 16:48
Manfaat Teh Hijau, Mulai dari Kesehatan Tubuh hingga Wajah
Siapa sih yang tidak suka dengan teh hijau? Yuk simak manfaat dari teh hijau berikut ini.

Dream Manfaat teh hijau untuk tubuh sudah tidak diragukan lagi. Oleh karena itulah beberapa tahun belakangan ini, minuman yang mendandung teh hijau begitu populer di semua kalangan, terutama para remaja. Memeiliki cita rasa yang unik dan enak membuat teh hijau mampu menarik para penggemarnya.

Teh hijau atau dengan nama latin Camellia sinensis merupakan salah sau jenis tumbuhan teh yang tumbuh di daerah beriklim tropis maupun subtropis, sebenarnya, jenis tanaman ini berasalah dari daratan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tak heran jika masyarakat di Jepang menjadikan teh hijau menjadi salah satu minuman tradisional mereka.

Tidak hanya Jepang saja, keberadaan teh hijau saat ini sudah sangat menyebar di hampir seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Hal tersebut juga membuat para petani mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Kepopuleran minuman teh hijau ini ternyata sepadan dengan manfaat yang tersimpan di dalamnya.

Mengapa demikian? Teh hijau ternyata memiliki segudang kandungan yang dimana sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Bahkan, manfaat teh hijau ini mampu untuk mengatasi berbagai macam penyakit loh. Terutama teh hijau ini juga bisa mencegah munculnya kanker di dalam tubuh. Jadi semakin penasaran kan? Yuk simak informasi mengenai manfaat teh hijau sevara lengkap berikut ini.

1 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau: Mengatasi Herpes

 Manfaat Teh Hijau, Mulai dari Kesehatan Tubuh hingga Wajah

Manfaat teh hijau yang pertama, mampu mengatasi penyakit herpes. Herpes merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit. Penyakit ini menimbulkan rasa gatal di permukaan kulit. Salah satu cara mengatasi penyakit herpes dengan menggunakan teh hijau.

Caranya cukup sederhana. Kalian hanya perlu mencampurkan daun teh hijau dengan air hangat secukupnya. Setelah itu, celupkan kain bersih ke dalam larutan teh hijau tersebut. Kompres area yang terkena penyakit herpes dengan menggunakan kain tersebut. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

2 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau: Mencegah Penyakit Diabetes

 Manfaat Teh Hijau, Mulai dari Kesehatan Tubuh hingga Wajah

Sebuah penelitian yang dilakuakn di Jepang menunjukan bahwa mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa menurunkan hingga 42% risiko terkena penyakit diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya kadar glukosa yang telah melebihi batas maksimal di dalam tubuh. Diabetes, terutama tipe 2, bisa ditangani dengan mengonsumsi obat-obatan yang mengandung teh hijau.

Tidak hanya dalam bentuk obat-obatan saja, kalian juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin mampu utnuk menetralisir kadar glukosa di dalam darah. Tidak hanya itu saja, teh hijau juga mempu untuk menyeimbangkan proses sistem metabolisme yang terjadi didiri kalian.

3 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau: Menjaga Kesehatan Otak

 Manfaat Teh Hijau, Mulai dari Kesehatan Tubuh hingga Wajah

Manfaat teh hijau selanjutnya adalah mampu untuk menjaga kesehatan otak dari berbagai macam penyakit. Teh hijau memiliki kandungan bahan aktif yang berguna untuk membantu mendukung kerja fungsi pada otak. Mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa meningkatkan kerja fungsi pada otak.

Tidak hanya itu saja, teh hijau juga mampu untuk mencegah seseorang terkena penyakit Alzheimer. Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang menyerang pada salah satu bagian otak. Penyakit ini dapat memberikan efek kesulitan mengingat dan menurunnya daya konsentrasi di penderita. Untuk bisa meminimalisir munculnya penyakit ini, kalian bisa melakukannya dengan cara mengonsumsi teh hijau yang kaya akan nutrisi dan gizi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau: Mengatasi Jerawat

 Manfaat Teh Hijau, Mulai dari Kesehatan Tubuh hingga Wajah

Teh hjau juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Investigative Dermatology pada tahun 2012 lalu, teh hijau memiliki kandungan yang mampu untuk mengobati jerawat. Kandungan yang dimaksud tersebut yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Kandungan ini mampu utnuk memodulasi molekuler intraseluler sehingga mampu untuk menghambat laju pertumbuhan bakteri jerawat di wajah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau: Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

 Manfaat Teh Hijau, Mulai dari Kesehatan Tubuh hingga Wajah

Manfaat teh hijau yang satu ini tentu saja akan membuat para wanita bergembira. Salah satu manfaat teh hijau yaitu mampu menjaga kesehatan kulit wajah. Terdapat penelitian yang dilakukan oleh Medical College of Georgia pada tahun 2003, menyatakan bahwa dengan mengonsumsi teh hijau mampu untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Penelitian tersebut juga menambahkan jika teh hijau mampu utnuk mengeluarkan racun yang bersarang di kulit, mengurangi peradangan, menyembuhkan noda hingga meningkatkan elastisitas kulit.

Tidak hanya itu saja, mengonsumsi teh hijau juga bisa menimbulkan efek berupa berkurangnya mata panda serta mata bengkak. Teh hijau juga dipercaya mampu untuk mencegah timbulnya gejala penuaan dini pada diri kalian. Untuk hasil yang maksimal, kalian bisa mengonsumsi teh hijau sebagai minuman ataupun bisa dijadikan sebagai toner kulit.
 
(Sumber: honestdocs dan liputan6)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo