Manfaat Tersembunyi Yoga: Obati Kelumpuhan dan Auto-Imun

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Rabu, 14 Agustus 2019 13:31
Manfaat Tersembunyi Yoga: Obati Kelumpuhan dan Auto-Imun
Bagaimana caranya?

Dream - Yoga telah lama dikenal sebagai bentuk meditasi dan kebutuhan spiritual. Banyak juga yang menyebutnya sebagai olahraga. Padahal ada manfaat lain yang sangat luar biasa.

Yoga dapat menyatukan apa yang terdapat di tubuh kita dalam satu tempat. Mulai dari fisik, jiwa dan pikiran.

" Terkadang ketika bekerja, pikiran dan jiwa kita melayang kemana-mana. Energi pada akhirnya akan habis. Nah, yoga menjadi kesempatan untuk me-recharge badan kita agar lebih berharmoni," kata Lisa Samadikun, Yoga Instructure dan Co-Founder Jeda Wellnest di konferensi pers Wealth Wisdom, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.

 Lisa Samadikun

Kunci utama yoga terletak pada pernapasan yang mendasari kerja tubuh. Dengan melancarkan pernapasan, sel tubuh akan lebih aktif bekerja dan pikiran dapat terbebas dari hal negatif yang dapat menjadi racun apabila sudah menumpuk.

Yoga mencakup dua elemen penting olahraga, yakni stretching dan strengthening. Apabila dilakukan dengan selaras, yoga dapat mengatasi berbagai masalah yang kerap menimpa atlet seperti cidera hingga sakit punggung.

" Ada salah satu gerakan yoga yang berfungsi sebagai gerakan kardiovaskular tanpa harus melakukan cara yang rumit. Orang sakit pun juga bisa lakukan," ujar wanita yang sebelumnya berprofesi sebagai bankir.

1 dari 5 halaman

Sembuh dari Penyakit Mematikan

Gerakan itu bahkan pernah menyelamatkan Lisa dari kelumpuhan akibat penyakit autoimun yang diderita pada 2012 silam.

 Lisa Samadikun

Kala itu ia mendadak sakit hingga mengalami momen 'flatline' atau mati suri. Ketika kembali, seluruh bagian tubuhnya lumpuh dan hanya bisa menggerakan bagian tangan kiri.

Caranya, letakkan kedua telapak tangan bagian atas di bawah dagu. Angkat siku hingga menempel ke samping kepala sembari menarik napas. Kemudian hembuskan sambil menurunkannya secara perlahan.

" Saya lakukan itu berulang kali setiap hari meski hanya dengan tangan kiri. Saya kirimkan sinyal supaya energinya bisa mencapai bagian tubuh lain yang sakit," kata Lisa.

Berbekal terapi yoga dan asupan vitamin D secara rutin, wanita 50 tahun itu sembuh dari kelumpuhan dan penyakit autoimun dalam waktu 8 bulan.

2 dari 5 halaman

Bisa Dilakukan di Rumah

Selain gerakan tersebut, Lisa juga menjelaskan berbagai gerakan yoga yang dapat dilakukan sendiri di rumah.

Seperti dengan membentuk tubuh menyerupai huruf 'V' terbalik untuk melancarkan peredaran darah, atau pose mencium lantai menyerupai gerakan sujud yang memberi efek sama dengan tidur selama 8 jam.

" Bisa juga lakukan stretching dengan meletakkan tangan ke belakang kursi, lalu busungkan tubuh seperit ular kobra sambil mengatur napas," paparnya.

Fungsi gerakan yoga juga lebih optimal apabila didukung dengan asupan nutrisi yang benar. Terapkan 70 persen nutrisi dari sayur dan buah, serta 30 persen dari makanan lain.

" Tidak masalah sekali-kali makan fried chicken, asalkan 70 persennya sudah plant based," pungkas penari ballerina itu.

 Lisa Samadikun

3 dari 5 halaman

Yoga dan Pilates, Olahraga Terbaik Saat Berpuasa

Dream - Olahraga saat berpuasa? kenapa tidak. Banyak orang yang semakin malas berolahraga saat berpuasa karena merasa lemas.

Padahal, kondisi itu bisa diatasi dengan memilih jenis olahraga yang tidak membuatmu semakin merasa lemas dan lapar, seperti yoga dan pilates.

" Yoga dan pilates paling bagus untuk yang berpuasa karena pernapasannya panjang, sehingga tidak membuat gula darah langsung drop dan memicu rasa lapar," ungkap Private Instructor, Lisa Namuri ,dalam acara buka puasa bersama Wardah di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Kamis 16 Mei 2019.

Yoga dan pilates merupakan olahraga yang menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi utamanya, sehingga sangat tepat dilakukan saat berpuasa.

" Karena energinya dari cadangan lemak, jadi orang yang melakukan yoga dan pilates badannya lean. Dia enggak akan bulky. Yang diperkuat hanya otot bagian dalam, jadi enggak akan terlihat sangat berotot," kata dia.

Pilihan gaya yoga pun sangat beragam, seperti downward dog dan mountain pose (tadasana) yang sederhana namun bisa dikembangkan menjadi gerakan lebih sulit.

Namun, sebelum melakukannya kamu perlu memastikan kondisi tubuhmu. " Kalau lemas, jangan lakukan gerakan yang berdiri seperti handstand atau bakasana (crow pose)," katanya.

Jika belum terbiasa, lakukan yoga bersama instruktur agar lebih efektif dan mencegah cedera. " Kecuali kalau sudah 1-2 tahun melakukan yoga atau pilates," tutupnya.

4 dari 5 halaman

Floating Yoga, Teknik Baru Beryoga di Atas Air

Dream - Sudah beberapa tahun terakhir yoga menjadi salah satu olahraga yang cukup populer. Apalagi di kalangan para artis.

Yoga dipercaya bisa membuat seseorang lebih tenang sembari membakar lemak dan melatih otot di seluruh tubuh. Olahraga ini pun mulai melahirkan banyak variasi, salah satunya floating yoga.

Di Indonesia, floating yoga memang belum begitu terkenal. Yoga ini dilakukan di atas air dan cenderung lebih sulit karena membutuhkan keseimbangan lebih. Tapi, bisa membuat seseorang jadi lebih tenang daripada melakukan yoga di atas pijakan kuat.

  Floating Yoga Pristine

" Pertama kali dikenalkan di Amerika atau Australia. Beberapa ekspatriat mencoba membawa floating yoga ke Indonesia. Tapi, pertama kali dilakukan di Bali. Di Jakarta baru kali ini," ungkap Tio Rosaline, Instruktur Yoga di Sinarmas World Academy, Tangerang Selatan, Sabtu 1 September 2018.

Walaupun terdengar sulit, floating yoga cukup seru, mudah dan aman untuk dilakukan bersama-sama.

Kamu cukup bertumpu di atas sebuah pelampung besar berbentuk persegi atau paddle boat dan cobalah menjaga keseimbangan sambil melakukan gerakan-gerakan yoga.

" Dengan begini, orang bisa jauh lebih fokus dan rileks. Sangat baik untuk yang gampang stress. Orang bisa lebih menerima keadaan walaupun dalam tekanan. Kalau dilakukan bersama pun lebih fun, bisa ada tantangan," imbuhnya.

Bagi pemula, bisa mencoba melakukan yoga di atas pijakan secara rutin terlebih dahulu. Bisa juga dengan mencoba merasakan keseimbangan ketika berada di atas paddle boat.

" Disarankan sudah rutin yoga. Kalau untuk pemula banget, bisa mencoba berpijak dan menikmati goyangan air ketika duduk di atas paddle boat terlebih dulu. Dan yang paling penting, tidak takut air," ujarnya.

  Floating Yoga Pristine

Olahraga yang bisa melatih pernapasan, otot perut dan harmstring ini bisa kamu lakukan dengan mencoba gerakan butterfly pose, posisi malasana untuk membuka harmstring, sit chair pose serta warrior 1 maupun warrior 2 supaya kekuatan kaki terlatih.

" Kalau sudah terbiasa, bisa merasakan betapa mudahnya melakukan headstand di atas paddle boat daripada berdiri tegak dengan satu kaki" .(Sah)

5 dari 5 halaman

Face Yoga yang Bikin Wajah Kencang di Usia 30

Dream - Setiap wanita pasti khawatir kondisi kulit megalami proses penuaan, seperti kulit kendur dan muncul kerutan halus. Biasanya hal itu muncul ketika tubuh memasuki usia 30 tahun.

Menuju usia itu, kita pasti sibuk mencari-cari skin care yang tepat untuk anti-agging atau perawatan di klinik kecantikan. Filler dan botox menjadi pilihan agar wajah selalu kencang dan awet muda.

Keduanya memang butuh budget yang cukup fantastis. Jika tak ingin, kamu perlu coba alternatif lain untuk memperlambat penuaan dini, yakni face yoga.

Face yoga merupakan perawatan alami pada kulit wajah agar selalu kencang dan terlihat segar. Perawatan ini menargetkan agar di bawah lapisan kulit wajah dan lapisan lemak tetap kencang. Dengan face yoga yang rutin, otot-otot wajah akan terangkat dan memperlambat kerutan atau keriput.

  face yoga

Face yoga bisa kamu lakukan di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

Exercise ditujukan untuk meningkatkan sirkulasi dalam otot wajah, leher dan kulit kepala. Sebaiknya dilakukan saat berdiri .

Bentuk seperti huruf “ O” dengan mulut, lalu lipat bibir atas dan bawah di atas gigi. Kemudian, senyumlah dengan sudut mulut dan pipi terangkat.

Pejamkan mata, dan putar bola mata ke arah atas. Lalu, bentuk lagi mulut seperti huruf “ O” sekecil mungkin dan senyum kembali agar otot pipi lebih kencang. Miringkan kepala secara perlahan kemudian kembali ke posisi biasa.

Selanjutnya, kencangkan otot perut dan bokong, tarik napas dengan dada dan biarkan seluruh otot wajah berkontraksi.

Angkat tangan dengan perlahan ke atas kepala, lalu tersenyum dan melihat ke arah atas agar otot wajah semua terangkat. Konsentrasi dan fokus dengan menarik napas yang panjang.

Tahapan terakhir, tahan posisi tersebut selama tiga puluh detik, buang napas seiring dengan menjatuhkan tangan dan posisi kepala melihat ke arah bawah. Setelah selesai kembalikan posisi tubuh semula dengan perlahan.

Baiknya, lakukan face yoga sehari dua kali. Happy trying Sahabat Dream!

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham